Mengapa Kamu Perlu Belajar Bahasa Jerman ?

Mungkin tersirat dibenak masyarakat mengapa tidak sedikit publik yang ingin mempelajari bahasa Jerman? Bahkan tidak sedikit murid yang ingin melanjutkan pendidikannya ke negara Jerman. Kita sering kali mendengar ungkapan bahwa ilmu adalah jendela dunia. Dengan mempelajari bahasa asing dapat membantu kita dalam mendapatkan ilmu lebih luas. Bukan hanya dalam cakupan nasional tapi juga dalam skala internasional. Tidak hanya mengetahui bahasanya saja, dalam mempelajari bahasa asing terkadang kita dapat mengetahui juga karakteristik budaya asing.

Bahasa asing yang populer selain bahasa asing adalah bahasa Jerman. Ketika kita mendengar kata Jerman, yang tersirat pada benak adalah teknologi. Dikarenakan Jerman merupakan negara dengan basis teknologi yang cukup baik. Maka dari itu tidak sedikit anak murid yang ingin melanjutkan pendidikannya ke negara Jerman. Banyak sekali manfaat kita dalam mempelajari bahasa Jerman. Diantaranya :

Menambah pengetahuan tentang Eropa

Ketika kita mempelajari bahasa Jerman, kita mengetahui bahwa kita bukan hanya mempelajari bahasanya saja namun juga budayanya. Tidak hanya bahasa dan budaya, namun eropa memiliki sejarah yang menarik untuk dipelajari. Dikarenakan negara Jerman dapat mengalami kejayaan setelah melewati kesulitan yang mendalam.

Banyak beasiswa kuliah di Jerman

Hal ini merupakan salah satu faktor banyaknya murid yang ingin melanjutkan pendidikan ke negara Jerman. Dikarenakan Jerman mengadakan beasiswa yang cukup banyak dan besar. Bahkan ada yang ada yang gratis untuk menempuh kuliah di Jerman. Menarik bukan?

Mempermudah akses travelling ke Eropa

Untuk kamu yang suka akan travelling, kurang lengkap rasanya jika tidak ikut mempelajari bahasa Jerman. Ditambah lagi Eropa memiliki kekayaan akan sejarah yang luar biasa. Sangat cocok untuk kamu penggemar travelling dengan mengunjungi tempat-tempat bersejarah. Tentu saja tidak lengkap rasanya jika tidak memahami bahasa yang mayoritas dipakai di Eropa, yaitu Jerman™

Negara pencetak seniman dan sastrawan terbanyak

Dengan mempelajari bahasa Jerman, kesempatan kamu untuk mengetahui banyaknya seniman dan sastrawan dunia menjadi sangat besar. Penngetahuan tentu saja akan bertambah dikarenakan kamu bisa membaca buku sejarah dengan bahasa Jerman.

Budaya yang mengaggumkan

Negara Jerman memiliki budaya yang cukup unik untuk negaranya. Salah satunya adalah terkenal dengan negara tepat waktu. Sama seperti Jepang, Jerman juga memiliki budaya tepat waktu. Semisal dalam pengucapan ulang tahun, jika diucapkan sebelum harinya maka itu dinilai tidak sopan. Karena belum tepat pada waktunya.

Belajar bahasa Jerman yang efektif

Untuk kamu yang memiliki keingingan besar untuk belajar bahasa Jerman, perlu mengetahui bagaimana mempelajari bahasa Jerman yang efektif dan tentu saja harus efisien. Dikarenakan dengan begitu diharapkan secara kapasitas akan bertambah lebih cepat. Lalu bagaimana agar bahasa Jerman ini dapat dipelajari dengan efektif?

Yang pertama adalah dengan membiasakan diri untuk membaca dan menulis dengan menggunakan bahasa Jerman. Cara yang kedua adalah kamu bisa mencari dan mendengar bahasa Jerman dari internet. Yang ketiga kamu bisa belajar melalui cara grammatik dan menganalisa teks. Yang keempat cara yang efektif yaitu jangan perah malu untuk berbicara. Dikarenakan sehebat apapun kita dalam memiliki kosa kata baru, tidak ada gunanya jika tidak mempraktikannya. Maka dari itu berlatihlah untuk bicara menggunakan bahasa asing tersebut. Dan yang terakhir adalah faktor yang mempengaruhi semua cara, yaitu tetap termotivasi dan semangat. Konsistensi sangat penting dalam mempelajari apapun.

Apakah bisa belajar bahasa Jerman secara otodidak? Jawabannya adalah bisa. Asal kamu memiliki kemauan yang sangat kuat dan komitmen tinggi untuk terus belajar. Ada beberapa tips untuk kamu yang ingin mempelajari bahasa Jerman secara mandiri.

Kenali bakat dan minat diri

Mengenali diri adalah langkah awal untuk memulai belajar apapun itu. Dengan mengenali diri sendiri kamu akan lebih mudah untuk menentukan cara belajar seperti apa yang efektif untuk diri sendiri. Dengan begitu materi apapun akan lebih mudah untuk terserap dan dipahami.

Investasikan waktu dan tenaga

Belajar secara mandiri memiliki tantangan yang sangat besar. Maka dari itu memang perlu adanya keinginan yang sangat kuat dari dalam diri masing-masing. Salah satunya adalah dengan menginvestasikan waktu dan tenaga. Dengan komitmen untuk selalu mempaelajari bahasa Jerman tentunya kamu perlu untuk meluangkan waktu dan tenaga yang lebih bahkan diantara yang lain. Tidak adanya mentor dalam membimbing merupakan sebuah tantangan agar kamu tetap konsisten dalam meluangkan waktu dan tenaga yang lebih.

Selalu ingin tahu dan aplikasikan

Dikarenakan kamu tidak memiliki mentor yang terus menerus memberikan materi setiap harinya, maka dari itu perlu adanya rasa ingin tahu yang tinggi untuk mempelajari bahasa Jerman. Bukan hanya keinginan untuk mencari tahu saja, namun kamu perlu untuk mengaplikasikannya dalam kegiatan sehari-hari agar terbiasa.

Pelajari kata benda sekaligus gendernya

Seperti yang telah kita ketahui bahwa kosa kata benda dalam bahasa Jerman memiliki kaktegori sesuai dengan gendernya. Terbagi menjadi tiga yaitu feminim, maskulin dan netral. Maka dari itu agar tidak menghafal dua kali, lebih baik menghafal sekaligus dengan gender yang dimilikinya.

Fokus

Cara yang terakhir dapat dikatakan merangkum dari cara-cara diatas untuk mempelajari bahasa Jerman secara otodidak. Sudah dibahas juga pada pembahasan sebelumnya bahwa mempelajari bahasa Jerman dengan mandiri artinya kamu memiliki tanggung jawab yang besar untuk konsisten menjaga motivasi diri. Jika teman-teman yang lain diarahkan oleh mentor, kamu harus bisa fokus untuk mengarahkan diri sendiri.

Mulai belajar bahasa Jerman dari sekarang

Mempelajari bahasa Jerman memang dapat dilakukan secara mandiri, namun lebih baik kalian memiliki mentor atau lembaga untuk mengarahkan proses dalam belajar tersebut. Faktor konsisten dan fokus menjadi salah satu penentu keberhasilan untuk proses belajar bahasa Jerman. Dengan adanya mentor, proses kegiatan belajar pun menjadi terarah dan konsisten. Belajar pun menjadi lebih efektif.

Mempelajari bahasa Jerman menjadi lebih mudah bersama Avana Education. Sistem belajar khusus yang diperuntukan untuk kamu yang ingin mempersiapkan kuliah di Jerman program S1, S2 dan S3 tanpa agen. Bukan hanya itu Avana Education juga mempersiapkan program lainnya seperti program Aupair, Ausbuilding, FSJ dan magang. Avana Education merupakan pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke negara Jerman. Avana Education memberikan fasilitas berupa pembimbingan terhadap siswa. Bukan hanya membantu namun Avana Education membimbing para siswa agar dapat melakukan administratif secara mandiri. Dengan begitu selanjutnya siswa akan dapat menangani setiap hal secara mandiri dan tidak hanya bergantung pada mentor.

Mengapa harus dimulai dari sekarang? Bahasa Jerman merupakan bahasa kedua terpenting setelah bahasa Inggris. Peluang karier global pada negara Jerman menjadikan sebuah kesempatan emas yang tidak boleh disia-siakan oleh masyarakat. Dengan banyaknya potensi yang terdapat pada negara Jerman tidak menjadi alasan untuk menghambat kamu dalam menunda belajar mengenai negara Jerman. Salah satunya adalah dalam mempelajari bahasa Jerman. Maka dari itu mulai lah dari sekarang untuk mempelajari bahasa Jerman untuk mendapatkan manfaat-manfaat berikutnya pada negara Jerman.

Setelah itu tentukan mentor yang akan membantu! Belajar bahasa Jerman memang dapat dilakukan secara mandiri. Namun agar lebih terarah, lebih baik mencari mentor untuk membantu proses belajar. Dalam membangun fokus dan memicu rasa ingin tahu secara konsisten tidak mudah. Maka dari itu tentu saja kamu membutuhkan mentor untuk membantu. Carilah mentor yang tepat. Dan kamu bisa dapatkan mentor tersebut pada Avana Education. Kamu dapat mengunjungi website Avanaeducation.org untuk mendapatkan proses belajar bahasa Jerman dengan tepat.

× How can I help you?