jasa backlink ac.id Edukasi Android Belajar Trading Buzzer Cekresi Coworking cyber duniagames forex inspirasi investasi kerja komputer kredit kursus marketing motivasi pajak redaksi reksadana saham server service software sosial media umkm update vlog Website yandex nusa penida Apa itu GMAT dan Seperti Apakah Tesnya? Ini Ulasannya

Bagi kalian yang berencana ingin melanjutkan studi ke luar negeri, kalian harus tahu dulu apa itu GMAT.

Karena salah satu persyaratan untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi luar negeri, terutama Amerika Serikat adalah GMAT.

GMAT atau Graduate Management Admission Test merupakan tes berstandar internasional yang digunakan untuk menilai kemampuan calon mahasiswa pascasarjana yang ingin mendaftar program Master of Business Administration (MBA) atau Business School dengan sistem komputer. 

4 Tes GMAT yang Perlu Anda Ketahui

tesnya

Tes GMAT menilai keahlian dalam menganalisa, penulisan , kuantitatif, verbal dan membaca dengan waktu pengerjaan 3,5 jam. GMAT terdiri dari beberapa tes, diantaranya :

1. Analytical Writing Assessment (penulisan analitis)

Pada tes ini kalian diharuskan menuliskan 1 essay dalam waktu 30 menit. Tes ini ditujukan untuk mengetahui kemampuan berargumentasi kalian.

2. Integrated Reasoning (penalaran terpadu)

Tes yang diberikan ini berupa pilihan ganda sebanyak 12 soal, dengan waktu yang diberikan 30 menit. Tes ini ditujukan untuk mengukur kemampuan kalian dalam memahami dan mengevaluasi informasi data dari berbagai sumber yang diberikan dalam format yang berbeda.

3. Verbal Reasoning

Dalam tes verbal ini, kemampuan grammar kalian akan diuji. Tes yang berbentuk pilihan ganda ini berjumlah 41 yang harus dikerjakan dalam waktu 75 menit. 

4. Quantitative Reasoning

Nah, dalam tes kuantitatif ini kalian akan diberikan soal matematika sebanyak 37 soal dengan bentuk pilihan ganda. Waktu yang diberikan untuk mengerjakan tes kuantitatif ini 75 menit.

Tes GMAT Menggunakan Komputer

tenses

Tes GMAT berbeda dengan tes – tes lain, karena GMAT merupakan tes adaptif komputer. Jadi, tes ini menyesuaikan soal – soal dengan tingkat kemampuan orang yang mengerjakan. Pada bagian awal tes ini, kalian akan diberikan soal dengan tingkat kesulitan sedang. 

Jika kalian bisa menjawab dengan benar, maka kalian secara otomatis akan diberikan soal yang lebih sulit. Tetapi, jika jawaban kalian salah, maka kalian akan diberikan soal yang lebih gampang sampai komputer dapat menentukan nilai kalian secara akurat.

Tes GMAT ini memiliki skala nilai 200 – 800. Skor GMAT hanya didasarkan pada bagian pilihan ganda verbal dan kuantitatif. Sedangkan bagian penulisan analitis dan bagian penalaran terpadu dinilai secara terpisah. 

Skor GMAT berlaku untuk 5 tahun dengan biaya tes sebesar 250 USD atau sekitar 3,7 juta rupiah. Tes ini lebih mahal dibanding tes TOEFL dan tes GRE. 

Kalau kalian ingin mengikuti tes GMAT, sebaiknya kalian mempersiapkan diri semaksimal mungkin.

Kalian bisa mengikuti kursus GMAT preparation, kursus ini akan membantu kalian dengan memberikan informasi – informasi yang penting mengenai GMAT.

Selain itu, kalian juga akan mendapatkan tips – tips dari pengajar dan juga bisa bertukar pikiran dengan peserta kursus lainnya. Lembaga kursus Avana Education juga akan membantu kalian menaikkan skor GMAT kalian.

×

Choose One Of Our Team Members

Avana Would Like To Understand How We Could Help You As Best We Could

×