jasa backlink ac.id Edukasi Android Belajar Trading Buzzer Cekresi Coworking cyber duniagames forex inspirasi investasi kerja komputer kredit kursus marketing motivasi pajak redaksi reksadana saham server service software sosial media umkm update vlog Website yandex nusa penida Alasan Kamu Harus Memilih Ausbildung Perawat di Jerman

Apa itu ausbildung perawat? Apa bedanya dengan kuliah jurusan keperawatan? Sebelum menjawab tentang ausbildung perawat secara spesifik. Akan kami jelaskan terlebih dahulu mengenai ausbildung.

Di Jerman, sekolah kejuruan atau sekolah profesi disebut dengan ausbildung. Program pendidikan ini akan ditempuh selama tiga tahun. Sesuai dengan definisi tersebut, ausbildung akan lebih fokus pada ilmu praktis bukan teori.

Akan tetapi, bukan berarti tidak ada kelas teori sama sekali. Hanya saja perbandingan kelas praktik lebih banyak dibandingkan kelas teori, sekitar 2:3. Maksudnya, kelas teori umumnya dilaksanakan selama 2 hari dalam satu minggu, sedangkan praktik 3 hari dalam seminggu.

Ausbildung menawarkan ratusan jurusan. Mengapa begitu banyak? Karena negara Jerman selalu mengedepankan kualitas. Artinya, setiap pekerjaan harus dilaksanakan oleh tenaga ahli.

Salah satu jurusan yang banyak diminati, baik oleh pelajar Jerman, non-Jerman, bahkan non-Eropa seperti Indonesia adalah perawat. Ausbildung perawat setiap tahunnya menerima pendaftar paling banyak dibandingkan jurusan lainnya.

Apa yang membuat ausbildung perawat mendapat banyak pendaftar? Apa yang spesial dari jurusan lain yang ada di bidang medis? Berikut akan kami jelaskan faktor penyebabnya.

 

Faktor Penyebab Bidang Ini Tinggi Peminat

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan ausbildung perawat begitu digemari oleh pelajar lokal maupun internasional.

1. Peluang tinggi

Ausbildung keperawatan diketahui menampung banyak kuota setiap tahunnya. Hal ini sesuai dengan tenaga ahli perawat di rumah sakit ataupun klinik yang selalu membutuhkan banyak sumber daya.

Dengan banyaknya kuota yang ditampung, maka akan semakin meningkatkan peluang untuk masuk ausbildung perawat dengan mudah.

2. Gaji yang besar

Bidang medis atau kesehatan di ausbildung Jerman dikenal akan gajinya yang lebih tinggi dari bidang lainnya.

Ausbildung perawat juga memberikan gaji yang terbilang lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup selama di Jerman, mengingat ausbildung sepenuhnya telah ditanggung termasuk tempat tinggal atau asrama.

Gaji yang akan kamu terima jika terdaftar sebagai azubi (peserta ausbildung) perawat adalah sebesar 1100 EUR hingga 1150 EUR di tahun pertama pelatihan.

Tahun kedua akan naik menjadi 1150 EUR hingga 1200 EUR. Memasuki tahun ketiga, pendapatan akan lebih tinggi lagi mencapai 1200 EUR hingga 1300 EUR setiap bulan.

Setelah menyelesaikan pendidikan ausbildung, gaji yang akan didapatkan akan jauh lebih besar. Minimal kamu akan mendapatkan 1900 EUR setiap bulan di tahun pertama bekerja hingga 3500 EUR setelah bekerja profesional dengan pendidikan yang lebih tinggi.

3. Biaya administrasi gratis

Dari mulai tahap pendaftaran hingga kelulusan, ausbildung tidak pernah memungut biaya apapun dari para azubi. Biaya sepenuhnya telah ditanggung oleh pihak perusahaan yang bekerja sama dengan ausbildung.

Sudah bebas biaya administrasi, lalu mendapat gaji untuk memenuhi biaya hidup. Belum lagi disediakan tempat tinggal atau asrama. Rasanya ausbildung ini seperti rejeki nomplok. 

4. Pekerjaan mulia

Bekerja di bidang kesehatan dinilai sebagai pekerjaan mulia karena telah menyelamatkan nyawa manusia.

Pertolongan pertama yang diberikan oleh perawat merupakan hal krusial yang sangat dibutuhkan oleh para pasien.

Untuk itu, selain belajar dan bekerja, dengan memilih jurusan perawat kamu juga telah menjadi pahlawan pasien serta keluarganya.

Nah, setelah memahami alasan orang banyak memilih jurusan perawat. Kini, muncul pertanyaan tentang apa yang akan dipelajari selama masa pendidikan?

Pelajaran yang Didapatkan dalam Bidang Ini.

Menjadi tenaga ahli dalam bidang medis memerlukan ilmu yang pasti karena berhubungan langsung dengan nyawa pasien. Tidak sembarang orang dapat bekerja di bidang medis, kecuali mereka yang telah melewati masa pendidikan dan pelatihan yang teruji.

Sebagai perawat, kamu akan memposisikan sebagai orang yang selalu berhadapan dengan pasien. Perawat merupakan perantara pasien dengan dokter. Perawat bertugas menyampaikan pesan dari dokter kepada pasien, begitu pula sebaliknya.

Untuk itu, syarat utama menjadi perawat adalah kesabaran karena banyak hal yang harus dipelajari selama masa pendidikan dan pelatihan.

Ausbildung perawat akan ditempuh selama 3 tahun, maka kami telah rangkum pelajaran dari setiap tahunnya untuk memudahkan pemahamanmu.

1. Tahun pertama

Di tahun pertama, kamu akan mempelajari teori-teori dasar. Selain teori yang diajarkan di kelas, kamu juga akan langsung ditempatkan di rumah sakit maupun klinik untuk melakukan pelatihan.

Pelajaran dasar yang akan didapatkan kurang lebih tentang membantu pasien untuk mandi, merawat luka ringan hingga kronis, memberi pertolongan pertama pada pasien yang mengalami shock akibat alergi atau alasan lain.

2. Tahun kedua

Pada tahun kedua, kamu akan mulai ikut serta melakukan diagnosis terhadap pasien. Selain itu, juga akan diajarkan ilmu pendampingan pasien hingga sembuh.

Materi tentang pelayanan juga akan dimulai di tahun ini. Kamu akan rutin melakukan kunjungan ke ruangan pasien, memberi informasi yang dibutuhkan oleh pasien, juga menerima pertanyaan yang kurang dipahami oleh pasien atau walinya.

Intinya, di tahun kedua ini kamu akan mulai berhadapan langsung dengan pasien dan menangani penyakit yang dialami pasien serta menjaga mental pasien agar dapat segera pulih.

3. Tahun ketiga 

Memasuki tahun terakhir di ausbildung perawat, pelajaran yang didapatkan akan semakin kompleks. Kamu akan belajar banyak penyakit yang umumnya akan ditemui di rumah sakit ataupun klinik.

Tidak cukup sampai disitu, kamu akan diminta untuk belajar mengikuti prosedur tahapan pengobatan. Mulai dari menanyakan kronologis kepada wali, memberikan diagnosa sementara, menjelaskan faktor penyebab, hingga proses penyembuhan.

Di tahun ketiga ini kamu juga akan dibekali ilmu mengenai kode etik perawat dan sederet Standar Operasional Prosedur (SOP) sebagai perawat.

Yang akan kamu pelajari adalah cara kerja rumah sakit di Jerman, hukum medis di Jerman, hak dan kewajiban perawat, hingga hal-hal tabu yang tidak patut dilakukan atau diucapkan oleh seorang perawat.

Melalui pembelajaran di kelas dan praktik di lapangan, para azubi kedepannya akan lebih siap untuk menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya.

Materi dan pelatihan yang diberikan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh pemerintah Jerman demi menjaga kualitas kesehatan masyarakatnya. Didukung dengan pengajar yang profesional di bidangnya dan kecanggihan fasilitas medis.

Tapi, apa saja sih persyaratan yang dibutuhkan untuk bisa mendaftar ausbildung? Persyaratan tidak terlalu rumit, hampir sama dengan program pendidikan luar negeri pada umumnya.

Yang terpenting kamu telah memenuhi batasan usia 18 hingga 35 tahun, telah lulus SMA sederajat/Diploma/Sarjana, dan memiliki sertifikat kemampuan berbahasa Jerman minimal level B2, dan beberapa dokumen pendukung lainnya.

Dokumen yang diperlukan antara lain surat lamaran, motivation letter, curriculum vitae (CV) yang semuanya harus ditulis dalam bahasa Jerman.

Kamu juga harus menyiapkan ijazah beserta transkrip nilai yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Jerman oleh penerjemah tersumpah.

Jika kendala untuk mendaftar ada di bahasa Jerman yang belum kamu kuasai. Jangan khawatir, segera gabung dengan Avana Education. Kelas intensif bahasa Jerman telah dibuka dan akan menjadikanmu fasih berbahasa Jerman setingkat level B2.

Kunjungi website kami di www.avanaeducation.com atau dengan mengisi form berikut untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

 

 

×

Choose One Of Our Team Members

Avana Would Like To Understand How We Could Help You As Best We Could

×