jasa backlink ac.id Edukasi Android Belajar Trading Buzzer Cekresi Coworking cyber duniagames forex inspirasi investasi kerja komputer kredit kursus marketing motivasi pajak redaksi reksadana saham server service software sosial media umkm update vlog Website yandex nusa penida Belajar Bahasa Jepang Sehari-Hari Untuk Pemula

Belajar Bahasa Jepang Sehari-Hari Untuk Pemula – Jepang merupakan negara yang terletak di Benua Asia bagian timur. Negara Jepang adalah negara dengan bentuk kepulauan yang letaknya tepat di ujung barat Samudra Pasifik, di sebelah timur Laut Jepang, dan bertetangga dengan negara China dan Korea Selatan. 

Jepang memiliki ribuan pulau dan memiliki empat pulau utama yakni Pulau Hokkaido, Pulau Honshu, Pulau Shikoku, dan Pulau Kyushu. Tak hanya menjadi negara kepulauan, Jepang juga memiliki banyak gunung yang sebagian besar diantaranya masih aktif. 

Penduduk Jepang hingga kini berjumlah lebih dari 120 juta jiwa dan menempati urutan sebagai negara dengan populasi terbanyak di dunia. Ibukota negara Jepang adalah Tokyo yang diakui secara de facto

Jepang tergolong dalam negara maju di bidang ekonomi karena memiliki PDB (Produk Domestik Bruto) terbesar kedua di dunia. Dalam hal militer, Jepang mempunyai kekuatan militer yang lengkap. 

Menjadi negara maju membuat Jepang mempunyai standar kebutuhan hidup dan angka harapan hidup tertinggi di dunia. Dalam hal pendidikan pun negeri sakura ini terbilang sangat baik dengan segala elemen yang memadai. 

Hingga saat ini banyak sekali pelajar maupun pekerja dari luar negara Jepang bermigrasi. Jepang telah terbuka pada banyak hal, namun dengan syarat harus menguasai Bahasa Jepang sebagai syarat utama. 

Hal dasar yang perlu kamu kuasai adalah salam sapaan atau yang lebih dikenal dengan aisatsu dalam Bahasa Jepang. Dasar ini perlu kamu kuasai karena kamu akan sering menggunakan Bahasa Jepang saat berinteraksi dengan warga lokal. 

Menyapa merupakan budaya penting di Jepang. Aisatsu sendiri memiliki arti sebagai bentuk penghormatan dan kesopanan. Dalam dunia professional, aisatsu akan memberikan kesan yang baik antar sesama karyawan.

Terdapat beragam jenis sapaan dalam Bahasa Jepang yang dapat kamu pelajari. Setiap dari sapaan tersebut memiliki makna tersendiri. 

Kosakata Sapaan dalam Bahasa Jepang

Kosakata Sapaan

Ucapan sapaan terdiri dari 11 kosakata yang dapat dengan mudah kamu praktekkan untuk belajar Bahasa Jepang pemula sehari-hari, diantaranya:

Bahasa Jepang Bahasa Indonesia
Ohayo Gozaimasu Selamat pagi
Konnichiwa Selamat siang
Konbanwa  Selamat malam
Irasshaimase Selamat datang
Sayonara  Selamat tinggal
Ja mata Sampai berjumpa
Oyasuminasai  Selamat tidur
Tadaima  Salam saat pulang ke rumah
Okaerinasai  Selamat datang (balasan untuk tadaima)
Ittekimasu  Saya pergi
Itterasshai  Hati-hati (balasan untuk ittekimasu)

Kosakata Tentang Ekspresi

Pada kegiatan sehari-hari setiap manusia pasti memiliki ekspresinya tersendiri. Kamu harus menguasai kosakata ini agar dapat menyampaikan ekspresimu secara tepat. 

Bahasa Jepang Bahasa Indonesia
Ikaru  Marah 
Hyougen  Ekspresi 
Ureshii  Senang 
Kanashii  Sedih 
Gakkari  Kecewa 
Warau  Tertawa 
Tanoshii  Gembira 
Shiawase  Bahagia 
Naku  Menangis 
Fuan  Gelisah 
Tsumaranai  membosankan
Tsukareru  Lelah 

Kosakata Tentang Aktivitas Sehari-Hari 

Kosakata yang harus kamu tahu dan hapalkan selanjutnya adalah tentang aktivitas sehari-hari. Berikut ini daftar kosakata untuk kamu supaya semakin lancar berbahasa Jepang. 

Bahasa Jepang Bahasa Indonesia
Okiru  Bangun 
Nemuru  Tidur 
Abiru  Mandi 
Arau Mencuci 
Naku  Menangis 
Warau Tertawa 
Shinu Mati 
Iku Pergi 
Kuru Datang 
Kaeru  Pulang 
Taberu Makan 
Nomu Minum 
Kau Membeli 
Uru Menjual 
Harau Membayar 

Kosakata Kata Ganti Orang

Kosakata berikutnya yang harus kamu pahami adalah kata ganti orang. Pada bagian ini bertujuan agar kamu dapat mengetahui penggunaan kata yang tepat saat ingin memanggil orang lain. 

Bahasa Jepang Bahasa Indonesia
Watashi  Saya 
Watashitachi  Kita atau kami
Anata  Anda 
Anatatachi  Anda semua
Kare  Dia (laki-laki)
Kanojo  Dia (perempuan)
Karera  Mereka (laki-laki)
Kanojora  Mereka (perempuan)
Karera kanojora  Mereka 
Min’na  Semuanya 
Minasan  Semuanya (formal)
Anatagata Anda semua (formal) 
Jibun Saya
Watakushi Saya (konteks formal)
Kono hito Orang ini 
Sono hito Orang itu

Kosakata Kata Tanya 

Dalam percakapan sehari-hari kamu pastinya sering bertanya dengan teman atau kelurga, kan? Nah, begitu pada masyarakat Jepang. Untuk itu kamu perlu mengetahui kata tanya yang akan kamu gunakan untuk mengawali kalimat tanya. 

Bahasa Jepang Bahasa Indonesia
Itsu  Kapan 
Dare  Siapa 
Nani  Apa 
Naze  Kenapa 
dooyatte Bagaimana cara
dore Yang mana
Donna  Seperti apa 
Doko  Di mana
dochira Yang mana (formal)
Dotchi Yang mana (non formal)
Doo  Bagaimana 
Ikutsu  Berapa 
Dooshite  Mengapa 
Donohen  Sekitar mana
Donata  Siapa (konteks formal)

Setelah kamu memahami ragam kosakata dalam Bahasa Jepang, kamu harus mempraktekkan secara rutin dan tentunya harus konsisten. Hal itu diperlukan agar bisa cepat menguasai Bahasa Jepang. 

Supaya lebih mudah, kamu harus mengumpulkan ragam kosakata di dalam satu catatan. Bisa di buku atau gadget kamu. Dengan adanya catatan, kamu bisa terus menghafal kosakata. Tak hanya dicatat, kamu juga harus berlatih mengucapkan kosakata agar terbiasa. 

Agar kamu semakin fasih, kamu juga bisa membaca buku bacaan berbahasa Jepang, menonton film dengan subtitle Bahasa Jepang, serta menonton video di youtube tentang pembelajaran Bahasa Jepang. 

Pada intinya, kamu dapat menyesuaikan metode belajar sesuai dirimu sendiri. Baik itu dengan membaca, mendengar audio, atau menonton video bebas kamu praktekkan karena yang terpenting adalah kamu dapat memahami ilmunya. 

Apabila kamu merasa belajar Bahasa Jepang sendiri dirasa masih belum cukup maksimal untuk perkembanganmu, kamu bisa mencari alternatif lain seperti kursus. 

Nah, kalau kamu ingin mendaftar kursus Bahasa Jepang dengan beragam fasilitas yang mumpuni, pengajar yang berkualitas, hingga aspek lainnya yang mendukung pilihannya hanya di Avana Education. 

Kursus Bahasa Jepang bersama Avana Education akan membuat skill Bahasa Jepangmu meningkat drastis. Hal ini karena disediakan modul pembelajaran yang membantu mengarahkan proses belajarmu setiap hari. 

Pengajar yang berkualitas akan membantumu dari dasar Bahasa Jepang hingga level tertinggi. Kamu juga untuk melakukan konsultasi terkait kendala atau hal lain dengan konsultan pendidikan professional. 

Menariknya lagi, setelah lulus kamu akan mendapat sertifikat bahwa kamu telah lulus kursus Bahasa Jepang di Avana Education. Tentu itu akan menjadi nilai plus saat kamu ingin melanjutkan kuliah atau melamar kerja. 

Kamu hanya perlu rajin untuk datang kursus dan mengulang materi. Dengan begitu impianmu untuk bisa mahir berbahasa Jepang akan terwujud. 

Jadi, tunggu apalagi? Daftarkan dirimu untuk bergabung kursus Bahasa Jepang bersama Avana Education sekarang. 

Kamu dapat mengisi form yang tersedia sesuai dengan kebutuhanmu. Tim admin Avana Education akan segera menghubungimu. 

×

Choose One Of Our Team Members

Avana Would Like To Understand How We Could Help You As Best We Could

×