jasa backlink ac.id Edukasi Android Belajar Trading Buzzer Cekresi Coworking cyber duniagames forex inspirasi investasi kerja komputer kredit kursus marketing motivasi pajak redaksi reksadana saham server service software sosial media umkm update vlog Website yandex nusa penida Belajar IELTS ? Cara Belajar Otodidak Mandiri & Bisa Dicoba

Belajar IELTS ? Cara Belajar Otodidak Mandiri & Bisa Dicoba – IELTS atau International English Language Testing System adalah tes kemampuan berbahasa Inggris dengan standar test berskala internasional. Test IELTS mencakup mendengarkan, membaca, menulis, dan berbicara. 

IELTS merupakan syarat penting untuk kamu melanjutkan pendidikan di luar negeri. Tak hanya pendidikan, kamu bisa berkarir di perusahaan internasional apabila telah memiliki sertifikat IELTS

Dengan memiliki sertifikasi IELTS akan menambah nilai plus pada dirimu untuk berkuliah atau berkarier di mancanegara. 

Bagaimana Cara Belajar IELTS ? 

Belajar IELTS

Bagi kamu para pemula yang ingin mengetahui hal apa saja yang perlu dipersiapkan jika ingin belajar IELTS. Nah, berikut terdapat berbagai cara belajar IELTS otodidak.  

Pelajari Pengetahuan Dasar Belajar IELTS

Pengetahuan dasar pada Belajar IELTS terbagi lagi menjadi kategori test, jenis test yang diuji, dan sistematis penilaian tes. Ketiga hal tersebut sudah harus kamu pahami betul sebelum melangkah ke tahap selanjutnya. 

Kategori Test

IELTS memiliki 2 kategori yakni khusus akademik dan general training. IELTS akademik adalah tes yang dikhususkan oleh pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri, baik jenjang sarjana maupun pascasarjana. 

Kategori kedua yakni general training yang dikhususkan bagi para pekerja yang ingin berkarir di negara berbahasa Inggris. Test ini juga dapat digunakan bagi kamu yang ingin bermigrasi. Test general training cenderung menguji kemampuan berbahasa Inggris kamu dalam hal non-akademik. 

Jenis Tes yang Diuji 

Pada awal sesi kamu akan melalui tahap listening section di mana membutuhkan waktu 40 menit. Kamu harus ditugaskan mendengarkan audio berbahasa Inggris dan harus menjawab 10 pertanyaan berdasarkan topik percakapan. 

Selanjutnya yakni reading section yang mengharuskan untuk menjawab 40 pertanyaan yang bertujuan untuk menguji kemampuan membaca. Kamu ditugaskan mencari gagasan utama, ide pokok, argumentasi, dan membaca secara cepat. Durasi mengerjakan bagian selama 60 menit. 

Tahap ketiga yaitu speaking section pada tahap ini bertujuan untuk menilai kemampuan kamu dalam berbicara menggunakan Bahasa Inggris. Bagian pertama berbicara mengenai individu, bagian kedua berbicara topik acak, dan bagian ketiga berbicara topik umum. Total pada sesi selama 15 menit. 

Tahap terakhir yaitu writing section yang terdiri dari dua tugas mencakup topik minat dan umum. Essay pertama harus dikerjakan selama 20 menit minimal sebanyak 150 kata. Essay kedua berdurasi 40 menit dan dikerjakan sebanyak 250 kata. 

Sistematis Penilaian Test

Pada setiap section akan ada penilaian yang berbeda. Untuk listening dan reading jawaban yang benar akan dikonversi menjadi band score sesuai dengan ketentuan. 

Bagi writing, penilaiannya akan memiliki bobot sebesar 37,5% bagi penulisan essay tahap 1. Sebesar 62,5% penilaian pada penulisan essay tahap 2.

Sementara pada speaking, yang dinilai adalah kelancaran dan kesesuaian dalam berbicara, penggunaan grammar, serta pronunciation. 

Baik pada writing maupun speaking, masing-masing aspek nantinya diberi band score dan rata-ratanya akan menjadi skor dari sesi masing-masing. 

Belajar IELTS Melalui Berbagai Sumber

Langkah yang tidak kalah penting yaitu belajar secara mandiri. Ada banyak cara untuk belajar yakni dapat melalui buku, video, maupun audio. Kamu dapat membeli buku cara beli IELTS yang banyak tersedia pilihannya. Mulai dari buku bacaan hingga buku latihan soal.

Agar semakin paham akan materi IELTS, kamu dapat menonton video dan mendegarkan audio yang banyak tersedia di internet. Kamu hanya perlu rajin berlatih supaya dapat menguasai materi. 

Kamu juga bisa belajar bersama temanmu yang juga sedang mengikuti test IELTS. Dengan begitu, kamu akan saling mengoreksi jika ada yang kurang tepat. 

Apa Saja yang Dibutuhkan untuk Tes IELTS?

tes ielts

Setelah kamu mengetahui informasi dasar di atas tadi mengenai cara belajar IELTS otodidak, sekarang saatnya untuk dirimu bersiap melakukan test IELTS yang sesungguhnya. Kamu hanya perlu percaya diri akan kemampuan dirimu karena telah rutin berlatih. 

Berikut ini keperluaan dan cara melakukan tes IELTS.

Siapkan Keperluan untuk Test

Hal yang perlu kamu persiapkan untuk mengikuti test IELTS adalah kamu harus mengikuti kelas kursus IELTS di lembaga penyelenggara tes IELTS yang biasanya diadakan oleh lembaga kursus bahasa asing. Untuk hal ini kamu bisa cek di website avanaeducation.com. 

Setelah itu kamu mendaftar secara online atau bisa juga bisa mendaftar secara langsung. Setelah kamu mendaftar dan melakukan pembayaran dapat transfer ataupun bayar langsung, kamu akan diminta untuk melengkapi dokumen sebagai syarat pendaftar diantaranya mengisi formulir pendaftaran, fotokopi KTP, dan pas foto 4×6. 

Tak hanya itu, kamu juga diperlukan untuk memilih apakah akan mengambil tes IELTS untuk kategori akademik atau umum. Perlu kamu ketahui, bahwa di Indonesia mayoritas mengambil tes IELTS kategori akademik dengan alasan dapat mengambil beasiswa ke luar negeri. 

Kondisi saat Test Berlangsung 

Pada saat hari test IELTS, ada beberapa peraturan yang harus ditaati semua peserta test. Kamu harus datang sebelum tes dimulai jika memilih test secara offline. Apabila memilih test online kamu pun juga harus prepare sebelum test mulai dan pastikan laptopmu aman. 

Sebelum memulai test ada baiknya untuk kamu makan dan minum terlebih dahulu karena saat test tidak diperbolehkan membawa makan dan minum ke dalam ruangan. Test akan berlangsung selama 2 jam 40 menit. Jadi, pastikan kamu tidak kelaparan. 

Saat memasuki ruang test, kamu perlu membawa KTP ataupun dokumen identitas lain yang nantikan akan diperiksa oleh staff pengajar. Kamu tidak diperbolehkan menggunakan smartphone atau alat elektronik lainnya. 

Pada sesi di mana kamu harus mendengarkan audio, fokuslah dan simak dengan baik karena tidak akan ada pengulangan. Kerjakan test dengan tepat dan pastikan kamu tidak membuang-buang waktu yang tersedia. 

Saat tes tengah berlangsung dan kamu membutuhkan bantuan, silakan mengangkat tangan sebagai isyarat memanggil staff yang bertugas mengawasi test. 

Setelah semua sesi berakhir, tetap di tempat duduk hingga pengawas mengizinkan untuk meninggalkan ruangan. 

Test IELTS Terbaik di Jakarta

Bagi kamu yang sedang mencari tempat Belajar IELTS di daerah Jakarta, pilihan terbaiknya adalah Avana Education. Tenang saja, untuk kamu yang berada di luar Jakarta tak perlu khawatir. Avana Education mengadakan tes IELTS baik secara offline dan online.

Telah banyak pelajar dan pekerja yang melakukan tes IELTS di Avana Education. Terbukti bahwa Avana Education tidak diragukan lagi kualitasnya. 

Avana Education mendukung mimpimu untuk berkuliah dan bekerja di luar negeri. Yuk, langsung saja konsultasi dan segera daftar tes IELTS di sini dengan mengisi formulir yang tersedia. 

Good Luck! 

×

Choose One Of Our Team Members

Avana Would Like To Understand How We Could Help You As Best We Could

×