jasa backlink ac.id Edukasi Android Belajar Trading Buzzer Cekresi Coworking cyber duniagames forex inspirasi investasi kerja komputer kredit kursus marketing motivasi pajak redaksi reksadana saham server service software sosial media umkm update vlog Website yandex nusa penida Biaya Kuliah Di Turki Yang Perlu Kamu Ketahui, Murah Banget!

Kalau sebelumnya kalian sudah mengetahui apa saja manfaat hingga tata cara mendaftar kuliah di Turki. Tahap selanjutnya adalah dengan mulai mencari tahu rincian biaya kuliah disana. Nah, disini kami akan membagikan seperti apa sih rincian biaya kuliah di Turki.

Turki memang merupakan salah satu negara yang paling terkenal oleh wisatawan karena pesona alamnya yang mempesona dan kaya akan situs bersejarah. Bahkan diperkirakan hampir sebanyak 50 juta wisatawan asing berbagai negara berkunjung setiap tahunnya.

Selain menjadi destinasi wisata terkenal, Turki juga sering menjadi incaran destinasi belajar oleh mahasiswa internasional dari mancanegara untuk menuntut ilmu. Sebab biaya pendidikannya yang relatif terjangkau menjadi salah satu daya tarik untuk kuliah disana.

Sehingga banyak mahasiswa asing dari berbagai negara, tak terkecuali Indonesia yang memilih untuk menuntut ilmu di negara yang terletak strategis di antara Benua Eropa dan Asia ini. 

Bagi teman-teman yang sudah penasaran ingin tahu berapa banyak biaya yang diperlukan untuk kuliah di Turki, simak informasi mengenai biaya kuliah di Turki dibawah ini sampai habis, ya.

 

Biaya kuliah di Turki

Biaya kuliah di Turki

Kuliah di Turki adalah pilihan yang menarik bagi kamu yang ingin melanjutkan studi di luar negeri. Selain karena sistem pendidikannya yang berkualitas hampir 100% sama dengan negara Eropa lainnya juga karena biaya kuliah di negara ini relatif murah alias cukup terjangkau.

Biaya kuliah di Turki bisa dikatakan cukup terjangkau dikarenakan adanya dukungan subsidi yang besar yaitu hingga 90% dari pemerintah Turki. Maka dari itu, biaya kuliah disana tidaklah begitu mahal dibandingkan dengan negara-negara lain seperti di Eropa atau Asia lainnya.

Bahkan, kuliah di Turki tidak dikenakan uang pangkal bagi para pelajar atau mahasiswa asing di berbagai negara, salah satunya yaitu Indonesia. Selain itu, juga biaya kuliah atau uang SPP banyak yang mulai dari 800 ribu hingga kurang dari 3 juta rupiah per semester.

Sehingga biaya kuliah di Turki sangat meringankan bagi para pelajar atau mahasiswa. Namun, biaya kuliah di universitas universitas negeri Turki jauh lebih murah daripada universitas swasta di Turki.

Kisaran biaya kuliah per semester yang dikeluarkan untuk kuliah di Universitas Negeri Turki mulai dari sekitar 1.700 TL sampai 10.700 TL. Sedangkan biaya kuliah di Universitas Swasta Turki mulai dari sekitar 3.500 TL sampai 14.000 TL per semester. 

Selain itu, biaya kuliah dengan pengantar bahasa Inggris jauh lebih mahal dibandingkan dengan kelas dengan pengantar yang menggunakan bahasa Turki. Jika kamu mengambil kelas dengan pengantar bahasa Turki akan dikenakan sekitar 4,5 – 9 juta per semesternya.

Sedangkan, jika kamu mengambil kelas dengan pengantar bahasa Inggris biasanya dikenakan sekitar 9 – 20 juta. Eits, tenang saja karena kini sudah ada berbagai beasiswa bagi mahasiswa asing yang ingin melanjutkan studi di Turki, baik dari pemerintah maupun perusahaan.

Bukankah sangat menguntungkan bisa kuliah di luar negeri mendapatkan sistem pendidikan dan akreditas yang berkualitas namun dengan biaya yang terjangkau?

 

Biaya hidup di Turki

Biaya hidup di Turki

Disamping itu, ada yang perlu teman-teman pertimbangkan ketika kuliah di Turki, yaitu biaya hidupnya. Untuk biaya hidup di Turki juga tergolong cukup murah bahkan hampir sama dengan biaya hidup di Indonesia.

Sebagai referensi, berikut ini menurut pengalaman seseorang mahasiswa yang tinggal selama empat tahun di Istanbul. Biaya yang paling banyak dikeluarkan yaitu akomodasi atau tempat tinggal sebab belum termasuk deposit. 

Biaya yang digunakan untuk menyewa rumah dengan tipe 1+0  tanpa ruang tamu menghabiskan sekitar 500 TL – 800 TL atau sekitar 1,75 juta – 2,8 juta rupiah. Untuk keperluan lainnya seperti tagihan listrik, gas alam, internet, dan kebutuhan sehari-hari lainnya berkisar 3 sampai 6 juta rupiah per bulan. 

Biaya hidup di Turki tergolong relatif terjangkau bahkan hampir sama dengan biaya hidup di Indonesia. Namun, biaya hidup tentunya tergantung dari bagaimana gaya hidup teman-teman ketika tinggal disana. 

Biaya hidup juga jauh lebih tinggi jika teman-teman tinggal berada di tengah kota, terutama di pusat kota, dekat dengan transportasi, dan tidak jauh dari fasilitas publik. Karena ada beberapa kota yang biaya hidupnya lebih besar dibanding kota-kota lainnya.

Selain itu, kamu tidak perlu khawatir karena biaya transportasi khusus mahasiswa akan dapat menggunakan sarana transportasi secara gratis di beberapa kota seperti Istanbul dan Kayseri. Atau hanya dengan cara menunjukkan kartu pelajar bisa mendapatkan potongan harga.

Namun, jika teman-teman ingin biaya yang lebih murah lagi kami menyarankan untuk mendaftar beasiswa kuliah di Turki baik melalui pemerintah Turki, pemerintah Indonesia, maupun perusahaan. Sehingga dapat lebih meringankan biaya pengeluaran teman-teman.

 

Keuntungan kuliah di Turki

Keuntungan kuliah di Turki

Nah, jika tadi kita telah membahas tentang biaya kuliah dan biaya hidup di Turki. Sekarang kita akan membahas tentang apa saja keuntungan kuliah di Turki. Simak dan pahami baik-baik, ya.

Beberapa manfaat yang akan kalian dapatkan jika kuliah di Turki diantaranya yaitu, biaya kuliah dan hidup yang terjangkau, mendapatkan pendidikan yang berkualitas, belajar bahasa asing, hingga mendapat akomodasi serta beasiswa penuh.

Pertama teman-teman akan berkesempatan untuk kuliah di negara lain di Eropa dengan sistem pendidikan dan akreditasi yang bagus. Dengan dibiayai oleh pemerintah Turki dan beberapa program seperti, program Erasmus, pertukaran pelajar, dsb.

Dapat mengenal kebudayaan Turki yang mempesona dan menarik. Dengan belajar di Turki maka kalian akan merasa lebih dekat dengan kebudayaannya. Mulai dari apa kebiasaan orang Turki, bagaimana gaya hidupnya, bagaimana cara mereka berbahasa, beretika hingga bertutur katanya, dsb.

Negara Jerman merupakan salah satu negara yang kualitas pendidikannya terbaik di dunia sehingga berhasil mencetak lulusan dengan kualitas yang mampu bersaing. Dengan kemampuan yang mumpuni setelah lulus nanti bisa jadi peluang kamu untuk bisa meniti karir di Turki terbuka lebar.

Selain itu, akan memberikan kesempatan bagi kalian untuk membangun relasi atau jaringan networking antar negara dan bertemu teman-teman baru di dunia perkuliahan. Sebab saat ini ada banyak mahasiswa asing yang berkuliah di Turki, yaitu sekitar 130 ribu mahasiswa asing.

 

Bimbingan Kuliah di Turki di Avana Education

Avana Education adalah lembaga konsultan kursus belajar Bahasa Asing yang akan membantu dan membimbing kamu dalam belajar beberapa bahasa asing, bahasa Turki misalnya. Maka, Avana Education adalah solusi yang tepat untuk teman-teman yang sedang ingin kuliah ke Turki.

Eduversity akan membantu kamu membimbing kuliah ke universitas di Turki dengan sepenuh hati. Kalau begitu, tunggu apalagi? Segera daftarkan diri teman-teman di Avana Education dengan cara mengunjungi website resmi kami yaitu avanaeducation.com atau dengan mengisi form dibawah ini.

×

Choose One Of Our Team Members

Avana Would Like To Understand How We Could Help You As Best We Could

×