jasa backlink ac.id Edukasi Android Belajar Trading Buzzer Cekresi Coworking cyber duniagames forex inspirasi investasi kerja komputer kredit kursus marketing motivasi pajak redaksi reksadana saham server service software sosial media umkm update vlog Website yandex nusa penida 5 Tips Sebelum Ikut Bimbel Masuk PTN Yang Perlu Kamu Ketahui

Sebentar lagi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) akan segera dilaksanakan pada 17 Mei hingga 3 Juni 2022. Biasanya banyak siswa yang duduk di bangku SMA tahun terakhir yang berlomba-lomba mendapatkan pelajaran tambahan di luar dari sekolah, seperti bimbel misalnya. 

Bimbingan Belajar (Bimbel) merupakan salah satu langkah yang ditempuh oleh banyak siswa agar mendapatkan nilai yang bagus dalam melaksanakan berbagai macam ujian, salah satunya yaitu ujian atau tes seleksi masuk PTN.

Banyak siswa yang berjuang untuk mendapatkan kursi di Perguruan Tinggi impiannya maka tak heran banyak juga orang tua yang rela memasukkan anak-anaknya ke dalam bimbingan belajar (bimbel) PTN terdekat agar mendapat hasil yang optimal. 

Bimbel menjadi banyak pilihan bagi para siswa dan orang tua yang ingin menghadapi ujian-ujian masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Dengan tujuan agar dapat membantu kamu dalam belajar dan mengulang kembali materi yang sudah didapatkan di sekolah sehingga lebih matang dalam memahami materinya.

Dengan mengikuti bimbel masuk PTN banyak orang tua berharap dapat membantu anak-anaknya yang merasa kesulitan dalam mempersiapkan ujian masuk PTN agar mendapatkan hasil nilai yang bagus. 

Namun sayangnya agar dapat memberikan bimbel terbaik kepada anaknya, orang tua jadi harus mengeluarkan biaya yang cukup banyak. 

Maka dari itu kamu perlu tahu beberapa tips sebelum memilih bimbel masuk PTN terbaik sehingga tidak asal pilih bimbel yang abal-abal. Berikut 5 tips yang perlu kamu ketahui sebelum memilih bimbel masuk PTN.

Tips Memilih Tempat Bimbingan Belajar Masuk PTN

Nah, kami punya beberapa tips untuk teman-teman dalam memilih bimbingan belajar (bimbel) masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tahun 2022. Penasaran, kan? Yuk, simak informasi di bawah ini baik-baik, ya!

 

1. Pilih Yang Memiliki Banyak Opsi Program atau Paket Belajar

 

Pilih Yang Memiliki Banyak Opsi Program atau Paket Belajar

 

Tips yang pertama dalam memilih bimbel masuk PTN yang terbaik adalah memastikan bahwa bimbel tersebut memiliki banyak opsi dalam program atau paket belajar yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Kamu siswa kelas 12 atau gap year sudah belajar materi SBMPTN namun masih merasa belum memiliki persiapan yang cukup untuk menghadapi ujian masuk PTN?

Apalagi jika kamu seorang gap year pastinya sudah lupa banyak materi yang pernah diajarkan di sekolah. Maka dari itu, sangat penting bagi kamu para gap year mengikuti program bimbel yang bisa memperdalam pemahaman materi yang akan diujikan untuk masuk PTN tersebut.

 

2. Pilih Yang Memiliki Program Pendalaman Kemampuan Dasar (Fundamental Skills)

 

Pilih Yang Memiliki Program Pendalaman Kemampuan Dasar (Fundamental Skills)

 

Kemudian yang kedua yang perlu kamu perhatikan sebelum memilih bimbel masuk PTN yaitu pastikan bimbel tersebut memiliki program untuk meningkatkan atau mengembangkan kemampuan dasar (fundamental skills).

Perlu kamu ketahui bahwa fundamental skill adalah hal yang sangat penting untuk kamu miliki. Sebab kemampuan dasar (fundamental skills) merupakan skill dasar yang berhubungan dengan cara berpikir yang akan sangat berperan penting bagi kamu untuk bisa menjalani kehidupan sehari-hari.

Sebab dalam mengerjakan ujian masuk PTN seperti UTBK misalnya umumnya membutuhkan kemampuan dalam berlogika dan berpikir kritis. Sehingga akan memudahkan kamu dalam mengerjakan ujian karena kamu sudah memiliki kemampuan dasar yang mumpuni. 

Nah maka dari itu, penting bagi kamu untuk memilih bimbel yang memiliki program dalam mengembangkan dan meningkatkan kemampuan dasar kamu. 

 

3. Pilih Yang Memiliki Banyak Video Pembelajaran dan Soal Latihan 

 

Pilih Yang Memiliki Banyak Video Pembelajaran dan Soal Latihan

 

Tips ketiga yang perlu kamu perhatikan dalam memilih bimbel masuk PTN yaitu dengan memastikan bimbel tersebut menyediakan banyak video pembelajaran serta soal-soal latihan.

Sekarang ini sudah ada banyak bimbel-bimbel yang sudah menyediakan bermacam-macam video yang menjelaskan materi-materi secara online. Jadi kamu tidak perlu khawatir akan terlewatkan materi karena masih bisa melihatnya dimanapun dan kapanpun.

Di era modern seperti saat ini kamu sudah bisa belajar apapun dan dimanapun dengan menggunakan berbagai macam sarana yang terus berkembang semakin modern dan fleksibel. 

Jadi, pastikan memilih bimbel PTN yang memiliki banyak video materi pembelajaran yang menarik dan interaktif agar belajarmu semakin menyenangkan. 

Selanjutnya setelah banyak menonton banyak video materi pembelajaran tentunya yang kamu butuhkan adalah melatih kemampuanmu dengan mengerjakan soal-soal latihan. 

“Practice makes perfect”. Artinya dengan kamu sering berlatih latihan soal-soal UTBK dari  bimbel PTN tersebut maka bisa mengasah keterampilan kamu dalam memecahkan soal-soal tes UTBK. 

Selain itu, dengan kamu banyak berlatih dengan mengerjakan soal-soal latihan kamu jadi tahu sejauh mana pemahaman dan kemampuan kamu dalam mengerjakan soal. 

Sehingga dapat memudahkan kamu dalam mengerjakan ujian karena sudah sering dan terbiasa menghadapi soal ujian masuk PTN.

Jadi jika mengikuti bimbel PTN pastinya kamu akan mendapatkan soal atau materi terbaru yang kemungkinan tidak didapatkan dari tempat lain. Sehingga kamu bisa lebih unggul daripada peserta tes seleksi SBMPTN yang tidak ikut dalam bimbingan belajar masuk PTN.

Jadi, pastikan kamu memilih bimbel PTN yang memiliki banyak video materi pembelajaran dan soal-soal latihan yang akan membantumu dalam belajar, ya!

 

4. Memiliki Tutor atau Pengajar Yang Kompeten Di Bidangnya

 

Memiliki Tutor atau Pengajar Yang Kompeten Di Bidangnya

 

Selain ketiga tips diatas, kamu juga perlu memperhatikan apakah bimbel PTN yang akan kamu ikuti memiliki tutor yang ahli dan kompeten di bidangnya atau tidak. Sebab tentunya kamu tidak ingin diajar oleh yang tidak berpengalaman, bukan?

Makanya kamu perlu mencari bimbel yang memang sudah terbukti memiliki banyak pengajar yang handal dan profesional. Agar kamu bisa mendapatkan bimbingan belajar langsung dari para ahli di bidangnya.

Karena biasanya kamu akan diberikan beberapa tips dan trik hingga strategi dalam mengerjakan ujian masuk perguruan tinggi . Sehingga kamu dapat lulus tes seleksi masuk PTN impianmu.

5. Yang Menyediakan Try Out Secara Rutin

 

Yang Menyediakan Try Out Secara Rutin

 

Tips kelima dalam memilih bimbel masuk PTN yang terbaik adalah memastikan bahwa bimbel tersebut menyediakan banyak try out yang dilakukan secara rutin, ya.

Karena dengan mengikuti banyak try out, kamu jadi bisa lebih terbiasa dalam menghadapi soal UTBK. Selain itu kamu juga bisa merasakan bagaimana rasanya simulasi ketika ujian betulan.

Sehingga kamu dapat mengatur strategi agar bisa menjawab semua soal ujian dengan tepat waktu. Jadi kamu bisa menghadapi SBMPTN dengan lebih matang, deh!

Nah, itu dia beberapa tips yang perlu kamu ketahui ketika memilih bimbel masuk PTN terbaik. Jangan sampai salah pilih bimbel ya!

Bimbel Masuk PTN Terbaik? Avana Education Aja!

Kamu masih bingung milih bimbel masuk PTN? Jangan khawatir karena kami punya solusi untuk teman-teman semua. Avana Education menjadi solusi yang tepat untuk kamu yang sedang mencari bimbel PTN terbaik.

Avana Education dapat membantu kamu dalam mempersiapkan dalam seleksi masuk universitas favoritmu tanpa mengeluarkan banyak biaya. Sebab kunci keberhasilan agar dapat lolos adalah persiapan yang matang.

Jadi tunggu apalagi? Yuk, gabung bersama Avana Education untuk lebih siap dalam seleksi masuk PTN! Untuk informasi lebih lanjut bisa mengunjungi website resmi kami atau isi form dibawah ini.

×

Choose One Of Our Team Members

Avana Would Like To Understand How We Could Help You As Best We Could

×