jasa backlink ac.id Edukasi Android Belajar Trading Buzzer Cekresi Coworking cyber duniagames forex inspirasi investasi kerja komputer kredit kursus marketing motivasi pajak redaksi reksadana saham server service software sosial media umkm update vlog Website yandex nusa penida Mau Daftar Bimbel SIMAK UI? Bisa Daftar Disini!

Siapa yang tidak tahu Universitas Indonesia? Salah satu universitas terbaik nomor satu di Indonesia. UI termasuk 300 universitas terbaik di dunia hingga saat ini. Lantas, siapa yang tidak tertarik untuk menjadi mahasiswa UI?

Sesuai dengan jargonnya, yakni Kampus Perjuangan. UI menjadi kampus yang setiap tahunnya diperjuangkan oleh siswa/i SMA Indonesia.

Mengapa UI begitu populer dan didambakan? Apakah memang sesulit itu untuk berhasil masuk UI? Berikut akan kami uraikan jawaban atas pertanyaan tersebut.

Alasan Universitas Indonesia menjadi pilihan utama 

UI merupakan universitas negeri tertua di Indonesia yang telah berdiri sejak 1849 dengan namanya yang terus berubah dan lokasi yang terpisah. Hingga akhirnya pada tahun 1987 Kampus UI Depok dibangun dan memiliki 13 fakultas sampai saat ini. 

Nama yang telah dibangun selama lebih dari seratus tahun itulah yang menjadikan UI semakin dikenal. Kualitas juga tidak perlu diragukan lagi.

Selama bertahun-tahun, UI menempati posisi tertinggi di antara PTN negeri lainnya di Indonesia menurut lembaga ranking dunia. Dalam skala nasional, UI terus bersaing dengan PTN lainnya untuk meningkatkan prestasi mahasiswa maupun tenaga pengajar.

Dengan menjadi mahasiswa UI juga akan memudahkan akses mencari pekerjaan karena banyak perusahaan maupun kantor pemerintahan telah menaruh kepercayaan yang besar terhadap Universitas Indonesia.

Terbukti UI telah melahirkan sejumlah tokoh-tokoh besar di Indonesia. Bidang politik, ekonomi, jurnalisme, bahkan dunia hiburan sekalipun dipenuhi oleh alumni UI. 

Mengenai fasilitas tidak seharusnya dipertanyakan. UI menyediakan fasilitas terbaik untuk mendukung proses pembelajaran. Dalam bidang akademik maupun non-akademik, UI selalu siap untuk memfasilitasi.

Tanpa memberatkan mahasiswa, UI terus melakukan pembangunan untuk menyediakan gedung-gedung dan sejumlah fasilitas guna menunjang potensi mahasiswanya.

Seperti halnya saat ini, UI telah memiliki rumah sakit sendiri yang berguna sebagai tempat rujukan para mahasiswa lulusan Rumpun Ilmu Kesehatan untuk bekerja. Sarana olahraga juga terbuka lebar bagi mahasiswa yang berpotensi dalam bidang non-akademik.

Sebagai PTN terbaik di Indonesia, biaya perkuliahan yang dibebankan kepada mahasiswa ternyata tidak semahal yang diasumsikan. Dengan subsidi pemerintah dan beasiswa yang ditawarkan, mahasiswa tidak perlu merasa terbebani dengan biaya operasional atau UKT.

 

Tingkat kesulitan masuk UI

 

Tingkat kesulitan masuk UI

 

Berdasarkan alasan tersebut, maka tidak heran lagi jika siswa/i SMA se-Indonesia berlomba-lomba untuk dapat menggunakan jas kuning atau yang lebih dikenal dengan istilah jakun, sebagai jas almamater kebanggan mahasiswa UI.

Mereka belajar dengan keras, bahkan rela untuk tidak tidur demi lolos UI. Berbagai jalur seleksi diikuti, mulai dari SNMPTN (jika mendapat kuota), SBMPTN, bahkan jalur mandiri UI, yaitu SIMAK UI mereka siap hadapi untuk melawan ratusan ribu pendaftar.

Tidak cukup dalam satu tahun, beberapa testimoni menyebutkan bahwa mereka telah berulang kali gagal dan kembali mengikuti seleksi masuk UI pada tahun berikutnya demi memperjuangkan mimpinya untuk menjadi mahasiswa UI.

Seleksi Masuk UI atau SIMAK UI merupakan jalur mandiri yang dibuka oleh Universitas Indonesia untuk mereka yang gagal pada dua jalur utama yang diselenggarakan oleh pemerintah.

SIMAK UI terkenal akan tingkat kesulitannya yang tinggi hingga melebihi SBMPTN maupun jalur mandiri dari perguruan tinggi lainnya.

SIstem penilaian yang ditentukan dalam SIMAK UI juga berbeda dengan UTBK-SBMPTN karena masih menggunakan sistem -1 untuk soal yang salah.

Oleh karena itu, banyak calon mahasiswa yang tumbang dan menyerah di jalur ini. Namun, tidak sedikit pula yang lolos berkat usaha mereka yang bersungguh-sungguh untuk menyelesaikan soal-soal dengan maksimal. 

Kalian tentunya tidak ingin gagal, bukan? Ingat! Jangan pernah nekat untuk belajar dengan sistem kebut semalam jika ingin masuk UI. 

Tidak ada usaha instan yang membuahkan keberhasilan. Semuanya butuh proses dan progres. Pastikan dirimu telah siap sepenuhnya sebelum menghadapi SIMAK UI.

Kini, Avana telah membuka program intensif bimbel SIMAK UI khusus untuk teman-teman sekalian yang ingin mewujudkan mimpinya masuk UI. Mari kita simak seperti apa program intensif yang ditawarkan oleh Avana Education.

 

1. Proses belajar lebih terstruktur

Bimbel menyediakan modul yang dibagikan kepada setiap siswa yang telah mendaftar. Modul tersebut menjadi panduan siswa dalam belajar selama mengikuti program intensif di bimbel.

Modul telah disesuaikan dengan materi yang diujikan dalam SIMAK UI dan diberikan sesuai dengan rumpun yang siswa pilih.

Bimbel menyusun modul secara komprehensif untuk memudahkan siswa memahami keterkaitan materi. Sehingga siswa tidak lagi belajar secara acak atau lompat dari satu materi ke materi lainnya yang tidak jarang menyesatkan pemahaman siswa. 

Modul juga berisi latihan-latihan soal yang berasal dari ujian SIMAK UI di tahun-tahun sebelumnya. Makin nyaman bukan belajar dengan bimbel SIMAK UI? 

 

2. Program yang padat dan jelas

Avana Education memasang target belajar bagi setiap siswanya agar dapat memaksimalkan waktu belajarnya. Tentu saja target tersebut disusun bersama dengan siswa demi kenyamanan bersama.

Target tersebut berupa penguasaan materi oleh siswa termasuk dengan durasi yang dibutuhkan untuk memahami keseluruhan materi.

Bimbel juga akan memasang target peningkatan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal dengan cepat dan tepat. Target tersebut akan disesuaikan berdasar hasil tryout yang dilakukan secara berkala.

Dengan target yang telah ditetapkan, baik siswa, orang tua, maupun pihak bimbel sendiri dapat memprediksi capaian siswa. Target belajar juga bertujuan membuat proses belajar lebih terarah. Didukung dengan modul yang telah disediakan.

Jika ada target yang telah ditetapkan sejak awal pendaftaran, maka siswa akan terpacu untuk meraih target tersebut.

Dalam hal ini, target juga berfungsi memacu semangat kompetisi siswa. Ditambah dengan lingkungan bimbel yang berisi sesama pejuang masuk UI.      

3. Konsultasi persiapan mental

Hal paling dasar yang harus dipersiapkan dalam memperjuangkan mimpi adalah mental. Melihat keketatan persaingan dan tingkat kesulitan soal yang begitu tinggi, siswa harus mempersiapkan diri secara mental untuk siap dengan segala kepahitan.

Untuk itu, dalam program intensif SIMAK UI ini Avana menyediakan pula layanan konsultasi. Dengan tutor dan konsultan yang berpengalaman dan profesional dalam bidangnya.

Para tutor dan terutama para konsultan siap untuk mendengarkan keluh kesah siswa seputar proses pembelajaran maupun menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait Universitas Indonesia.

Mental harus disiapkan untuk nantinya siswa juga akan siap setelah diterima di Kampus kuning. Mengapa? Karena UI berisi mahasiswa/i pilihan yang telah berhasil melewati tahap seleksi yang begitu ketat.

Kehidupan perkuliahan di UI juga tidak jauh berbeda dengan perjuangan siswa dalam mempersiapkan ujian SIMAK UI.

Maka, mental benar-benar harus diutamakan. Manfaatkanlah layanan konsultasi yang disediakan oleh Avana Education.

Untuk mengetahui langkah efektif agar bisa menyerap materi dengan baik, dapat menangani soal yang sulit dengan tepat, bahkan tips dan trik untuk dapat bertahan di Universitas Indonesia. 

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, gabung bersama Avana Education agar lebih siap dalam menghadapi SIMAK UI sehingga dapat meminimalisir kegagalan. Untuk informasi selengkapnya dapat mengunjungi website resmi kami di www.avanaeducation.com atau dengan mengisi form di bawah ini.

×

Choose One Of Our Team Members

Avana Would Like To Understand How We Could Help You As Best We Could

×