jasa backlink ac.id Edukasi Android Belajar Trading Buzzer Cekresi Coworking cyber duniagames forex inspirasi investasi kerja komputer kredit kursus marketing motivasi pajak redaksi reksadana saham server service software sosial media umkm update vlog Website yandex nusa penida Rekomendasi dan Tips Memilih Buku TOEFL Berkualitas

TOEFL semakin populer sejak beberapa tahun ke belakang ini karena meningkatnya minat masyarakat Indonesia yang ingin melanjutkan studi atau bekerja di luar negeri. Tidak hanya tempat kursus, buku TOEFL juga kini menjamur di berbagai platform online maupun offline.

Bagi sebagian orang yang memiliki waktu luang akan memilih untuk datang ke tempat kursus atau mengikuti les privat bahasa Inggris untuk memperdalam skill mereka.

Tapi, sebagian lain yang terkendala waktu, finansial, dan faktor lainnya, akan lebih memilih untuk membeli buku TOEFL yang telah banyak tersedia di toko-toko buku, baik online maupun offline.

Eits, tapi jangan sampai kamu salah pilih buku TOEFL ya. Jadi, meskipun banyak jenis buku TOEFL yang disediakan, kamu harus tetap berhati-hati dalam memilih agar mendapatkan buku TOEFL yang mampu menunjang belajarmu. Banyak juga loh buku TOEFL yang abal-abal di luar sana.

 

 

 

Tips Memilih Buku TOEFL Berkualitas

Ikuti tips di bawah ini untuk mendapatkan buku TOEFL berkualitas yang bisa meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris kamu.

1. Pastikan Penerbit Terpercaya

Kepopuleran TOEFL membuat banyak penerbit buku mencoba menerbitkan buku panduan TOEFL. Tidak jarang, mereka menerbitkan buku TOEFL tanpa bekerja sama dengan penulis atau editor profesional yang memang bergerak dalam bidang tersebut.

Banyak juga di antaranya yang hanya menjiplak atau copy paste dari buku-buku TOEFL lainnya. Jadi, buku TOEFL terbitannya bukanlah buku asli melainkan tiruan dari yang sudah ada.

Hal yang seperti ini harus kamu hindari dengan cara memilih buku TOEFL yang penerbitnya memang sudah dikenal banyak menerbitkan buku atau modul belajar bahasa Inggris dan tes sejenisnya.

Cara lain mengetahui penerbit telah terpercaya adalah melalui judul buku dimana biasanya dituliskan edisi buku tersebut. Penulisan edisi buku menunjukkan jumlah ke sekian kali buku tersebut dicetak.

Misal dalam judul tertulis, “Buku TOEFL edisi keempat” berarti bahwa buku tersebut sudah banyak dicetak dan laku di pasaran hingga berhasil naik cetak untuk keempat kalinya. Edisi terakhir merupakan buku paling mutakhir yang isinya telah disesuaikan dengan perkembangan zaman.

Beberapa penerbit yang terkenal menghasilkan buku TOEFL berkualitas dan banyak tersebar di Indonesia, antara lain Cambridge, Barron’s, Erlangga, Kaplan, dan ETS. 

 

2. Ada Materi Pendukung selain Buku

Buku TOEFL tentu saja berisi materi pembelajaran bahasa Inggris sesuai dengan standar tes TOEFL. Materi merupakan poin utama yang harus diperhatikan dalam memilih buku TOEFL.

Di zaman yang semakin modern seperti sekarang, materi tidak hanya tersedia di dalam buku. Para penerbit telah melakukan upgrade dengan menyesuaikan perkembangan zaman ini agar tidak tertinggal dengan saingannya.

Oleh sebab itu, kini banyak kamu temukan pada sampul atau bagian depan buku TOEFL tertulis, “Bonus CD” atau “Scan Barcode untuk akses materi”.

Hal tersebut merupakan bentuk pembaharuan dengan menyediakan materi pembelajaran dalam bentuk CD. Jadi, di dalam CD tersebut kamu akan mendapat penjelasan materi dari tutor. Sehingga kamu tidak merasa belajar sendiri deh.

Sementara itu, untuk barcode yang tersedia akan mengarahkan kamu ke materi dalam bentuk pdf yang bisa kamu akses kapan dan dimana saja. Memudahkan sekali bukan?

Nah, maka dari itu, kamu harus cermat dalam memilih buku TOEFL di era sekarang. Jangan mau rugi dengan membeli buku yang hanya menyediakan materi di buku itu saja.

 

3. Latihan Soal 

Salah satu tujuan membeli buku TOEFL selain untuk memperdalam pemahaman materi bahasa Inggris adalah untuk melatih kemampuan berbahasa Inggris. Caranya adalah dengan memperbanyak berlatih mengerjakan soal.

Maka dari itu, penting bagimu untuk memilih buku TOEFL yang banyak menyediakan latihan soal. Akan lebih baik jika latihan soal diberikan pada akhir setiap bab.

Hal yang demikian akan membantu kamu mengasah pemahaman dari bab tersebut, sebelum melangkah ke bab selanjutnya.

Latihan soal juga dapat berfungsi sebagai bahan evaluasi diri agar semakin berkembang setelah mengetahui kekurangan atau alasan mengapa jawaban kamu salah.

Nah, itulah tips untuk memilih buku TOEFL yang berkualitas. Tidak cukup sampai disitu. Untuk kamu yang masih bingung menentukan buku mana yang tepat, Avana Education memiliki rekomendasi beberapa buku TOEFL yang bisa mendukung proses belajar secara mandiri.

 

 

Rekomendasi Buku TOEFL Berkualitas

Sesuai dengan yang sudah disinggung sebelumnya bahwa di antara banyaknya buku TOEFL yang dijual di pasaran, pasti ada yang isinya tidak valid atau tiruan dari buku TOEFL lainnya.

Kami juga sudah menyebutkan beberapa penerbit yang memang sudah terkenal akan kualitasnya dalam menerbitkan buku panduan yang bermanfaat bagi pelajar Indonesia yang ingin kuliah di luar negeri.

Rekomendasi 5 buku TOEFL di bawah ini merupakan buku-buku yang berasal dari 5 penerbit profesional dalam bidang pengajaran bahasa Inggris. 

 

1. Cambridge Preparation for the TOEFL iBT Test

Siapa yang tidak tahu Cambridge? Buku TOEFL yang diterbitkan langsung oleh kampus bergengsi ini sudah pasti teruji kualitasnya. Edisi terbaru buku TOEFL terbitan Cambridge sudah memasuki edisi keempat.

Materi yang diberikan sangat lengkap, meliputi semua bagian tes, baik itu listening, speaking, reading, hingga writing. Selain itu, materi grammar, pronunciation, dan vocabulary juga tersedia.

 

2. Barron’s Practice Exercise for the TOEFL

Buku TOEFL terbitan Barron’s berjudul  Barron’s Practice Exercise for the TOEFL merupakan salah satu dari sekian buku TOEFL Barron yang paling banyak direkomendasikan karena banyak menyediakan latihan soal.

Soal-soal yang tersedia bukan hanya untuk salah satu jenis tes TOEFL saja, melainkan ada untuk TOEFL iBt dan PBT.

 

3. Kaplan’s TOEFL iBT Prep Plus

Buku TOEFL ini cocok untuk kamu yang akan mengambil TOEFL iBT. Materi yang diberikan selalu update setiap tahunnya. Kamu bisa memilih buku terbitan paling akhir agar mendapat materi dan soal yang telah direvisi.

Selain berbentuk buku, tersedia juga materi pembelajaran dalam bentuk online berupa pdf dan website. Ada juga audio untuk materi listening. 

 

4. Erlangga TOEFL ITP Assessment Series

Jika tiga buku sebelumnya fokus pada TOEFL iBT atau PBT. Buku TOEFL terbitan Erlangga ini merupakan pilihan tepat bagi kamu yang sedang mempersiapkan diri untuk mendaftar kerja di luar negeri dengan mengikuti TOEFL ITP. 

TOEFL ITP lebih menekankan pada penggunaan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam lingkup pekerjaan. Materi dan latihan soal yang diberikan tentunya berbeda dengan iBt ataupun PBT. 

Untuk itu, buku ini banyak diincar oleh masyarakat Indonesia yang akan melamar pekerjaan di luar negeri.

 

5. The Official Guide to the TOEFL Test

Buku TOEFL yang satu ini diterbitkan oleh ETS atau Educational Testing Service, sebuah lembaga penyelenggara tes TOEFL pertama kali di wilayah Amerika. Jadi, sudah terbukti kualitasnya ya.

Dengan membeli buku ini, kamu juga akan mendapatkan DVD yang berisikan materi yang akan diujikan dalam tes TOEFL, yaitu listening, reading, writing, dan speaking. Juga terdapat latihan soal dan pembahasannya.

Bagi kamu yang merasa dengan belajar sendiri masih kurang efektif, bergabunglah dengan kursus bahasa Inggris. Bersama Avana Education, kamu akan merasakan sensasi belajar yang menyenangkan.

Bergabunglah dengan Avana Education untuk mendapat banyak tips agar mencapai skor maksimal saat TOEFL. Dapatkan informasi lebih lengkapnya di website www.avanaeducation.com atau dengan mengisi form berikut.

 

 

×

Choose One Of Our Team Members

Avana Would Like To Understand How We Could Help You As Best We Could

×