jasa backlink ac.id Edukasi Android Belajar Trading Buzzer Cekresi Coworking cyber duniagames forex inspirasi investasi kerja komputer kredit kursus marketing motivasi pajak redaksi reksadana saham server service software sosial media umkm update vlog Website yandex nusa penida 8 Cara Lulus CPNS, Agar Semakin Siap Ketika Seleksi CPNS

Banyak orang yang berbondong-bondong ingin menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari tahun ke tahun. Bahkan peserta tesnya dari tahun 2019 hingga 2021 terus membludak mencapai 5 juta orang lebih. 

Sehingga persaingan menjadi semakin ketat dan peluang untuk lolos pun semakin kecil. Selain itu, berkaca pada seleksi CPNS tahun-tahun lalu banyak sekali peserta tes yang tidak lulus karena tidak memenuhi persyaratan. Padahal segara macam cara lulus CPNS sudah dilakukan.

Beberapa penyebab banyak peserta tidak lulus dalam seleksi CPNS karena tidak memenuhi persyaratan administrasi yang telah ditetapkan dan gagal dalam tes SKD (Seleksi Kemampuan Dasar). Oleh karena itu, teman-teman perlu mulai menata strategi persiapan agar dapat lulus tes CAT CPNS nantinya.

Eits, jangan khawatir karena kami punya beberapa tips belajar cara lulus CPNS bagi untuk membantu kamu dalam mempersiapkan tes seleksi CPNS dan PPPK tahun 2022. Penasaran, kan? Simak baik-baik, yuk!

1. Sering berlatih soal-soal tes CPNS

Sering berlatih soal-soal tes CPNS

Tips yang pertama agar dapat lulus tes adalah dengan sering berlatih soal-soal tes CPNS tahun sebelumnya. Kamu dapat mempelajari soal-soal tes CPNS mulai dari 3 sampai 5 tahun sebelumnya.

Sebab biasanya pola soal tidak berbeda jauh dari soal-soal yang diujikan di tahun sebelumnya. Dalam tes CPNS terdapat dua jenis tes yang akan kamu kerjakan yaitu tes SKD (Seleksi Kemampuan Dasar) dan SKB (Seleksi Kemampuan Bidang).

Tes SKD mencakup beberapa materi yang terdiri dari 3 materi. Diantaranya yaitu Tes Intelegensia Umum (TIU), Tes Karakteristik Pribadi (TKP), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Kamu tidak perlu khawatir karena saat ini kamu dapat berlatih soal-soal dengan cara mencari contoh soal CPNS melalui internet, buku soal, serta aplikasi yang tersedia di telepon genggam maupun gadget kesayanganmu.

Jangan malas untuk berlatih soal-soal, ya. Karena kalau kata pepatah “practice makes perfect” artinya jika kamu banyak berlatih niscaya akan mendapatkan hasil yang sempurna.

Dengan sering berlatih soal-soal dari jauh-jauh hari maka dapat mengasah keterampilan dalam memecahkan soal-soal tes CPNS. Sehingga kamu sudah lebih terbiasa dan lebih siap menghadapi seleksi tes CPNS.

 

2. Mengikuti simulasi atau try out online

Mengikuti simulasi atau try out online

Setelah banyak berlatih dalam mengerjakan soal-soal langkah selanjutnya yaitu mengikuti simulasi atau try out online. Agar kamu dapat mempersiapkan diri dengan lebih matang dalam menghadapi seleksi tes CPNS.

Sehingga kamu dapat lolos seleksi tidak hanya coba-coba ikut tes tanpa kesiapan dan kemampuan yang mumpuni. Oleh karena itu, agar dapat lolos kamu harus mulai mempersiapkan diri salah satunya dengan cara mengikuti try out atau simulasi tes CPNS.

Saat ini sudah menjamur berbagai media atau lembaga yang menyelenggarakan try out CPNS mulai dari yang berbayar hingga tak berbayar. Salah satunya lembaga milik pemerintah yaitu BKN (Badan Kepegawaian Negara) yang menyediakan simulasi tes CPNS.

Namun tes ini hanya bisa diikuti oleh 2.500 pendaftar saja per harinya. Tapi jika kamu belum berhasil bisa mencobanya lagi tanpa perlu khawatir akan biaya sebab tes ini gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Selain itu, tes yang diadakan oleh BKN sudah menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Yang dapat diakses melalui laman cat.bkn.go.id.

 

3. Persiapkan berkas atau dokumen yang menjadi persyaratan

Persiapkan berkas atau dokumen yang menjadi persyaratan

Cara yang ketiga yaitu adalah persiapkan berkas atau dokumen yang menjadi persyaratan untuk pendaftaran dengan teliti. Sebab hal ini menjadi salah satu penyebab banyak peserta gagal lulus dalam tes CPNS.

Hal ini tidak boleh kamu lupakan karena kelengkapan berkas atau dokumen merupakan cara agar lulus CPNS. Maka dari itu, kamu perlu menyiapkan dari jauh-jauh hari sehingga tidak ada beras yang tertinggal ataupun terlupa.

Ketika pendaftaran, pastikan kembali bahwa semua berkas dan persyaratan sudah sesuai dan lengkap. Sehingga kamu tidak terburu-buru dalam mengumpulkan berkas atau dokumen persyaratan secara online

 

4. Kerjakan soal secara cepat dan tepat

Kerjakan soal secara cepat dan tepat

Ketika hari ujian tiba, pastinya waktu ujian kita sangat terbatas. Maka kamu perlu lebih teliti dalam mengerjakan dan menjawab soal dengan cepat. 

Sebab dalam tes SKD dan SKB terdapat banyak soal-soal yang mengecoh. Oleh karena itu, kamu harus mengerjakan dengan teliti karena dengan begitu kamu dapat menjawab soal secara tepat dan cepat.

 

5. Kerjakan soal yang mudah dahulu

Kerjakan soal yang mudah dahulu

Perlu diketahui bahwa tes CPNS ini hanya diberi waktu pengerjaan selama 90 menit saja. untuk mengerjakan 100 soal yang terdiri dari 35 soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dan 30 soal Tes Intelegensia Umum (TIU), serta 35 soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Dengan singkatnya waktu dan banyaknya soal yang harus dikerjakan maka sebaiknya kamu mengerjakan soal yang mudah terlebih dahulu. Karena soal yang mudah tidak akan memakan banyak waktu dibanding soal yang sulit.

Jadi, kalau bisa kerjakan yang mudah dahulu ya. Jangan sampai menghabiskan banyak waktu nomor yang jawabannya sulit.

 

6. Jangan tidak menjawab soal

Jangan tidak menjawab soal

Dari sekian banyak soal SKB dan SKD banyak terdapat soal-soal yang sulit dan mengecoh. Namun jangan sampai kamu tidak mengisi atau menjawab soal pertanyaan yang diajukan.

Sebab dalam tes CPNS terdapat bobot nilai masing-masing dalam tiap materinya. Adapun bobot nilai tertinggi untuk soal TWK dan TIU yang akan mendapat poin 5 jika jawaban benar, dan poin 0 jika jawaban salah. 

Jadi dalam tes CPNS ini akan mencapai maksimal poin jika TWK mencapai 150 poin dan TIU mencapai 175 poin. Oleh karena itu, usahakan lembar jawabanmu terisi semua dan kerjakan semua soalnya dengan baik serta tetap berusaha semaksimal mungkin, ya.

 

7. Memperhatikan passing grade

Memperhatikan passing grade

Kemudian penting untuk kamu mengetahui passing grade dari masing-masing soal tes yang diujikan. Karena kamu bisa memperkirakan berapa minimal soal yang harus terjawab benar ataupun salah. 

Menurut Permenpan RB No 27 Tahun 2021, passing grade mengalami penaikan daripada tahun lalu. Passing grade SKD untuk TWK sebanyak 65 poin, TIU sebanyak 80 poin, dan TKP sebanyak 166 poin. Jadi, total passing grade yaitu sebanyak 311 poin.

Sedangkan passing grade untuk kategori soal TKP dan TWK ditiadakan untuk peserta khusus seperti disabilitas, cumlaude hingga diaspora.

 

8. Ikut bimbel atau kursus

Cara Lulus CPNS, Ikut bimbel atau kursus

Avana Education jadi jalan keluar untuk kamu karena kami akan membantu dan membimbing bagaimana cara lulus CPNS. Maka, Avana Education adalah solusi yang tepat untuk kamu yang sedang mencari bimbel atau kursus CPNS, nih.

Sudah banyak murid Avana Education yang berhasil lolos tes CPNS. Bagaimana menarik bukan? Jadi tunggu apalagi?

Jangan sampai ketinggalan dengan mereka yang telah mempelajari materi CPNS di Avana Education sehingga terbukti berhasil lolos tes CPNS di tahun-tahun sebelumnya! Ayo bergabung bersama Avana Education untuk kesempatan kamu lolos CPNS tahun ini, informasi lebih lanjut isi form dibawah ini

 

×

Choose One Of Our Team Members

Avana Would Like To Understand How We Could Help You As Best We Could

×