jasa backlink ac.id Edukasi Android Belajar Trading Buzzer Cekresi Coworking cyber duniagames forex inspirasi investasi kerja komputer kredit kursus marketing motivasi pajak redaksi reksadana saham server service software sosial media umkm update vlog Website yandex nusa penida 5 Cara Mudah Belajar Untuk UTBK Tanpa Bimbel SBMPTN

Sebentar lagi pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 akan segera dimulai. Para pejuang SBMPTN sudah siap belum? Ada baiknya kalian simak cara mudah belajar untuk UTBK dibawah ini ya!

Ujian tulis berbasis komputer yang diadakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT ini akan dilaksanakan secara bertahap yang terbagi menjadi 2 (dua) sesi yaitu, gelombang I dan gelombang II. Gelombang I akan dilaksanakan pada 17 Mei sampai 23 Mei 2022. Sedangkan gelombang II akan dilaksanakan pada 28 Mei sampai 3 Juni 2022. 

Akan ada 3 (tiga) kelompok materi yang diujikan dalam UTBK-SBMPTN 2022 diantaranya, yaitu Saintek, Soshum dan Campuran. Kemudian pengumuman hasil ujian akan diumumkan pada 23 Juni 2021. 

 

 

Cara Mudah Belajar untuk UTBK Tanpa Bimbel SBMPTN

Nah, kami punya beberapa tips untuk kamu bagaimana cara belajar agar lulus dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2022. Penasaran, kan? Simak informasi di bawah ini baik-baik, yuk!

 

 

Perbanyak Membaca Tentang Materi Yang Akan Diujikan

 

Perbanyak Membaca Tentang Materi Yang Akan Diujikan

 

Cara pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan memperbanyak membaca tentang materi-materi UTBK SBMPTN. Terutama kamu dapat menemukannya di buku-buku yang berisi materi yang terkait dengan materi yang akan diujikan.

Nah, kamu bisa dengan mulai membaca buku yang berisi kumpulan materi SBMPTN dari beberapa tahun sebelumnya. Karena dengan kamu membaca kumpulan materi dari tahun-tahun sebelumnya bisa menjadi acuan atau gambaran materi apa saja yang akan keluar di ujian nantinya.

 

Memiliki Target atau Rencana Belajar

 

Memiliki Target atau Rencana Belajar

 

Kemudian cara belajar kedua yang bisa kamu ikuti adalah memiliki target atau rencana belajar. Mungkin terkesan sepele tapi langkah ini penting agar kamu punya semangat dan keseriusan dalam belajar SBMPTN.

Selain itu kamu juga menjadi lebih fokus dalam belajar untuk SBMPTN. Kamu bisa memiliki target seperti lolos ujian dengan skor yang tinggi atau bisa menguasai materi yang diuji, dsb.

Namun kiranya usahakan untuk membuat target yang wajar agar seimbang dengan kemampuan dan kapasitas kamu. Sehingga kamu tidak akan merasa kesusahan dalam mencapai target tersebut.

Kemudian kamu dapat mengatur rencana belajar kamu menjadi lebih terorganisir untuk mencapai target mu. Kamu bisa memulainya dengan cara memprioritaskan terlebih dahulu mana mata pelajaran yang yang sekiranya belum dikuasai.

Setelah itu kamu dapat mempelajari mata pelajaran atau materi mana yang belum kamu pahami atau sulit dimengerti secara mendalam. Misalnya, jika kamu masih belum terlalu bisa menguasai mata pelajaran Fisika maka kamu perlu menyusun rencana belajar yang intensif. 

Jadi, pastikan kamu memiliki target dan rencana belajar yang baik agar persiapan sebelum ujian SBMPTN-mu semakin matang!

 

Nonton Video Tentang Pembahasan Materi Yang Sedang Dipelajari

 

Nonton Video Tentang Pembahasan Materi Yang Sedang Dipelajari

 

Selanjutnya, metode atau cara belajar SBMPTN agar menjadi lebih mudah yaitu dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Adalah dengan menonton video yang membahas tentang pembahasan materi yang sedang kamu pelajari. 

Dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat segala sesuatu aktivitas kita menjadi lebih cepat dan mudah. Pun begitu membantu aktivitasmu dalam belajar SBMPTN.

Sekarang kamu sudah bisa menonton video-video yang terkait dengan pembahasan materi SBMPTN yang tersebar luas di internet. Karena di era modern ini, kamu sudah dapat belajar apapun dimanapun dengan menggunakan bermacam-macam sarana yang sudah semakin canggih dan fleksibel.

Misalnya seperti YouTube, atau di berbagai platform sosial media lain yang tersedia di telepon genggam maupun gadget kesayanganmu.

Jadi, sekarang menonton video tentang pembahasan materi yang sedang dipelajari membuat belajar SBMPTN tanpa bimbel menjadi lebih cepat dan mudah. 

 

 

Banyak Latihan Soal-Soal UTBK

 

Banyak Latihan Soal-Soal UTBK

 

Ketatnya persaingan seleksi SBMPTN membuat sebagian besar siswa tidak lulus sehingga kamu perlu berusaha semaksimal mungkin. Banyak cara yang bisa kamu lakukan salah satunya yaitu dengan perbanyak mengerjakan latihan soal-soal.

Kalau kata pepatah “practice makes perfect”. Artinya dengan kamu sering berlatih soal-soal UTBK dari jauh-jauh hari maka bisa mengasah keterampilan dalam memecahkan soal-soal tes UTBK. 

Sehingga kamu sudah lebih terbiasa dan lebih siap menghadapi SBMPTN. Selain itu, dengan sering latihan soal kamu jadi tahu sudah sejauh mana dalam memahami atau belum memahami soal-soal SBMPTN tersebut.

Kamu bisa mempelajari soal-soal UTBK mulai dari beberapa tahun sebelumnya. Karena biasanya pola-pola soal UTBK tidak berbeda jauh dari soal-soal yang diujikan di tahun-tahun sebelumnya.

 

 

Sering Mengikuti Try Out Online

 

Sering Mengikuti Try Out Online

 

Langkah selanjutnya yaitu kamu bisa dengan sering mengikuti try out online. Agar ketika menghadapi SBMPTN kamu dapat mempersiapkan diri dengan lebih matang.

Oleh karena itu, agar dapat lolos SBMPTN kamu bisa mulai mempersiapkan diri dengan cara mengikuti simulasi atau try out online. Jangan khawatir, karena saat ini sudah banyak try out UTBK mulai dari yang  gratis hingga berbayar.

Dengan sering mengikuti Try Out secara progresif akan membuat kamu terbiasa dalam menghadapi soal UTBK 2022. Karena semakin banyak pengalaman kamu dalam menghadapi soal-soal UTBK maka semakin tinggi pula peluang kamu mendapatkan PTN impian.

Nah itu tadi informasi tentang beberapa cara mudah belajar untuk UTBK tanpa ikut bimbel SBMPTN. Bagi teman-teman yang sedang belajar UTBK untuk masuk seleksi perguruan tinggi (PTN) terus semangat, ya!

 

 

Belajar SBMPTN Tanpa Bimbel, Bisa Gak Sih?

 

Belajar apapun sebenarnya juga bisa dilakukan secara otodidak, namun belajar secara otodidak memerlukan niat dan tekad yang kuat untuk melakukannya. Terlebih lagi dengan ketatnya persaingan.

Sehingga tak heran jika banyak siswa yang dalam stress karena kesulitan dalam menghadapi ujian SBMPTN. Oleh karena itu, kami sarankan untuk kamu mengikuti kelas atau bimbel SBMPTN terdekat di kotamu.

Karena dengan mengikuti bimbingan belajar SBMPTN dapat membuat kegiatan belajar kamu menjadi lebih efektif dan terarah. Bimbel SBMPTN bisa banyak mengubah konsep belajar kamu yang monoton menjadi lebih efisien dan menarik.

Nah, jika kamu merasa sudah melalui semua cara di atas tetapi masih merasa kurang mahir. Mungkin saatnya kamu perlu mempertimbangkan untuk belajar SBMPTN di lembaga yang profesional, seperti Avana Education misalnya.

Memilih bimbingan belajar dengan Avana Education bisa menjadi jawaban paling tepat bagi  kamu yang sedang mencari kursus atau bimbel SBMPTN. Sebab Avana Education merupakan lembaga profesional yang sudah terintegrasi dalam memotivasi dan membimbing kamu agar bisa tembus PTN impianmu.

Ikuti bimbel persiapan SBMPTN untuk mendukung kesiapan untuk masuk PTN impian. Jangan sampai tertinggal dengan mereka yang telah belajar materi SBMPTN bersama di Avana Education

Sudah banyak yang terbukti berhasil lolos SBMPTN di tahun-tahun sebelumnya, sekarang giliranmu untuk lolos SBMPTN tahun ini! Tunggu apalagi? Ayo segera daftarkan dirimu dan bergabung bersama avanaeducation.com untuk kesempatan kamu lolos yang lebih maksimal.

Untuk informasi lebih lanjut bisa mengunjungi website resmi atau isi form dibawah ini.

×

Choose One Of Our Team Members

Avana Would Like To Understand How We Could Help You As Best We Could

×