jasa backlink ac.id Edukasi Android Belajar Trading Buzzer Cekresi Coworking cyber duniagames forex inspirasi investasi kerja komputer kredit kursus marketing motivasi pajak redaksi reksadana saham server service software sosial media umkm update vlog Website yandex nusa penida Contoh Kalimat Simple Present Tense Positif Negatif&Tanya

Contoh Kalimat Simple Present Tense Positif Negatif dan Tanya – Jika ditanya apakah hal tersulit dalam mempelajari bahasa Inggris? Sebagian besar pasti akan menjawab grammar khususnya tenses.

Nah, kali ini kita akan belajar tenses paling mudah, yakni Simple Present Tense. Akan kami berikan contoh kalimat present tense positif, negatif, dan tanya.

Tenses dalam Bahasa Inggris

Grammar memang terkenal sebagai momok dalam ujian bahasa Inggris. Namun, sebetulnya yang membuat grammar terkesan sulit adalah adanya tenses. Apa itu tenses? Tenses merupakan pola penyusunan kalimat dalam bahasa Inggris berdasarkan perubahan kata kerja (verb).

Kata kerja dalam suatu kalimat akan berubah mengikuti keterangan waktu yang digunakan. Jadi, tergantung pada kapan aktivitas itu dilakukan, maka kata kerja akan berubah mengikutinya.

Aturan yang seperti ini tidak ada dalam bahasa Indonesia, sehingga cukup sulit bagi kita untuk dapat menguasainya. Sekalipun kita paham konsepnya, seringkali kita tetap kesulitan saat harus menerapkannya, baik dalam menulis atau saat berbicara.

Terdapat 16 tenses dalam bahasa Inggris yang penggunaannya disesuaikan dengan keterangan waktu. 16 tenses tersebut diklasifikasikan dalam 4 kategori, Present Tenses, Past Tenses, Future Tenses, dan Past Future Tenses yang masing-masing memiliki 4 tenses di dalamnya.

Bagi kamu yang masih dalam tahap awal belajar tenses bahasa Inggris, Simple Present Tense merupakan tenses yang paling sederhana dan mudah untuk dipahami. Berikut ini akan kami jelaskan pola kalimat Simple Present Tense beserta contohnya.

Simple Present Tense: Pengertian dan Fungsinya

Simple Present Tense termasuk dalam kategori Present Tenses yang berfungsi untuk menjelaskan kegiatan yang berlangsung saat ini. Tenses lain yang termasuk dalam kategori ini adalah Present Continuous Tense, Present Perfect Tense, dan Present Perfect Continuous Tense.

Diantara 4 tenses yang ada dalam kategori Present Tenses, Simple Present Tense adalah yang paling sederhana dan mudah untuk dipelajari. Dari namanya saja kita sudah bisa tahu itu, kata simple yang berarti sederhana.

Simple Present Tense digunakan untuk menjelaskan kegiatan yang terjadi secara berulang, yaitu hobi, kebiasaan, dan kegiatan sehari-hari. Simple Present Tense juga dapat digunakan untuk menjelaskan fakta. 

Google Translate Inggris Indonesia dan Sebaliknya Disebut Dalam bahasa apapun, baik Indonesia maupun Inggris, kalimat terdiri atas 3 sifat, yaitu positif, negatif, dan interogatif atau kalimat tanya. Nah, berikut ini akan kami berikan contoh kalimat simple present tense positif, negatif, dan tanya.

Sebelum masuk ke contoh kalimat, perhatikan terlebih dahulu rumus atau pola kalimat yang digunakan dalam simple present tense.

Sebagai informasi tambahan bahwa terdapat 2 jenis pola kalimat dalam simple present tense. Pertama, pola kalimat dengan menggunakan kata kerja. Kedua, pola kalimat yang menggunakan to be karena tidak terdapat kata kerja di dalamnya.

  1. Perhatikan pola kalimat positif, negatif, dan interogatif yang menggunakan kata kerja (verb) di dalamnya:

(+) Subject + V1 (s/es) + Object/Adv

(-) Subject + do/does + NOT + Object/Adv

(?) Do/Does + Subject + V1 + Object/Adv ?

  1. Berikutnya merupakan pola kalimat positif, negatif, dan interogatif yang tidak memiliki kata kerja dan digantikan oleh to be:

(+) Subject + to be (is, am, are) + Adjective/Adv

(-) Subject + to be (is, am, are) + NOT + Adjective/Adv

(?) To be (is, am, are) + Subject + Adjective/Adv ?

Jika diperhatikan, terdapat perbedaan antara pola 1 dan 2 dimana to be diikuti dengan adjective atau kata sifat tidak dengan objek. Namun, keduanya tetap bisa diikuti dengan adverb atau kata keterangan, baik itu waktu maupun tempat.

Contoh Kalimat Simple Present Tense

Contoh Kalimat Simple Present Tense

Berikut ini terdapat 10 contoh kalimat simple present tense positif, negatif, interogatif, dan artinya dengan subjek dan kata kerja yang berbeda – beda.

Contoh 1

(+) My father eats banana every morning → Ayahku makan pisang setiap pagi

(-) My father doesn’t eat banana every morning → Ayahku tidak makan pisang setiap pagi

(?) Does my father eat banana every morning? → Apakah ayahku makan pisang setiap pagi?

Contoh 2

(+) They play football every sunday → Mereka bermain bola setiap hari Minggu

(-) They don’t play football every sunday → Mereka tidak bermain bola setiap hari Minggu

(?) Do they play football every sunday → Apakah mereka bermain bola setiap hari Minggu?

Contoh 3

(+) I write a song for my parents → Aku menulis lagu untuk orang tuaku

(-) I don’t write a song for my parents → Aku tidak menulis lagu untuk orang tuaku

(?) Do I write a song for my parents? → Apakah aku menulis lagu untuk orang tuaku?

Contoh 4

(+) My little sister sleep in her room → Adikku tidur di kamarnya

(-) My little sister sleep in her room → Adikku tidak tidur di kamarnya

(?) Does my little sister sleep in her room? → Apakah adikku tidur di kamarnya?

Contoh 5

(+) We go home at 17.00 → Kami pulang pukul 17.00

(-) We don’t go home at 17.00 → Kami tidak pulang pukul 17.00

(?) Do we go home at 17.00? → Apakah kami pulang pukul 17.00?

Contoh 6

(+) My friend is sick → Temanku sakit

(-) My friend is not sick → Temanku tidak sakit

(?) Is my friend sick? → Apakah temanku sakit?

Contoh 7

(+) It is my dictionary → Itu kamusku

(-) It is not my dictionary → Itu bukan kamusku

(?) Is it my dictionary? → Apakah itu kamusku?

Contoh 8

(+) They are at school → Mereka berada di sekolah

(-) They are not at school → Mereka tidak berada di sekolah

(?) Are they at school? → Apakah mereka berada di sekolah?

Contoh 9

(+) She is the laziest person at home → Dia orang paling malas di rumah

(-) She is not the laziest person at home → Dia bukan orang paling malas di rumah

(?) Is she the laziest person at home → Apakah dia orang paling malas di rumah?

Contoh 10

(+) The train is very long → Kereta itu sangat panjang

(-) The train is not long → Kereta itu tidak panjang

(?) Is the train very long → Apakah kereta itu sangat panjang?

Itulah 10 contoh kalimat simple present tense positif, negatif, dan tanya beserta artinya. Kamu tidak perlu kesulitan mencari verb 2 atau verb 3 karena yang dibutuhkan dalam menyusun kalimat simple present tense hanyalah verb 1 atau kata kerja dasar.

Satu hal yang perlu kamu perhatikan adalah subjeknya. Jika subjek yang digunakan adalah I/You/We/They maka kamu tidak perlu mengubah atau menambahkan apapun pada verb. Tetapi, jika subjek yang digunakan adalah He/She/It, kamu harus menambahkan huruf s/es pada verb.

Mudah bukan? Jika kamu ingin lebih mahir berbahasa Inggris, ikutilah kursus bahasa Inggris di Avana Education. Kamu bisa melakukan pendaftaran dengan mengunjungi website Avanaeducation.com atau dengan mengisi form di atas ini.

×

Choose One Of Our Team Members

Avana Would Like To Understand How We Could Help You As Best We Could

×