jasa backlink ac.id Edukasi Android Belajar Trading Buzzer Cekresi Coworking cyber duniagames forex inspirasi investasi kerja komputer kredit kursus marketing motivasi pajak redaksi reksadana saham server service software sosial media umkm update vlog Website yandex nusa penida Contoh Soal TOEFL Listening, Grammar, dan Reading

Tahukah kamu apa itu tes TOEFL? Yup, TOEFL adalah tes yang dilakukan untuk menguji kemampuan berbahasa Inggris. Biasanya tes ini diikuti oleh individu yang berniat kuliah atau bekerja di luar negeri. Untuk mengetahui bentuk soalnya, kamu bisa mencari contoh soal TOEFL yang kini banyak tersedia di internet.

Selain untuk mengetahui bentuk soal, kamu juga bisa mengukur kemampuan bahasa Inggris kamu untuk sementara dengan mengerjakan contoh soal yang kamu dapatkan dari internet.

Eits, untuk kamu yang masih bingung tentang apa itu TOEFL, jangan panik. Baca dulu uraian di bawah ini untuk memahami mengenai tes TOEFL, sebelum membahas lebih lanjut mengenai contoh soal TOEFL.

 

Semua Tentang TOEFL

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa TOEFL merupakan sebuah tes untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris seseorang. Seperti halnya tes bahasa Inggris lainnya, TOEFL secara umum memiliki 4 bagian tes, yaitu listening, reading, speaking, dan writing.

Tapi, tidak semua jenis tes TOEFL mengharuskan pesertanya untuk menyelesaikan keempat bagian tes tersebut. Misalnya dalam TOEFL PBT tidak ada tes speaking atau TOEFL ITP yang tidak ada tes writing. 

Sementra itu, untuk skor yang ditetapkan juga berbeda tergantung jenis tes TOEFL yang diambil. Skor maksimal TOEFL ITP adalah 677, sedangkan TOEFL IBT adalah 120.

Pemilihan jenis tes TOEFL menyesuaikan dengan kemampuan dan tujuanmu. Jika sertifikat TOEFL nantinya digunakan untuk melamar pekerjaan di luar negeri, maka kamu bisa memilih TOEFL ITP.

Akan tetapi, jika kamu akan menggunakan sertifikat TOEFL untuk kuliah di luar negeri, kamu bisa memilih tes TOEFL IBT atau PBT yang kini bisa diikuti di berbagai lembaga bahasa yang tersedia di Indonesia.

Untuk harganya sendiri sangat bervariasi. TOEFL ITP menawarkan harga paling murah dan TOEFL IBT merupakan jenis tes dengan biaya yang paling mahal karena menggunakan media yang lebih modern dan dapat diterima secara global oleh institusi di luar negeri.

Nah, sudah paham kan apa itu TOEFL, jenis dan bagian tes yang diujikan, skor, fungsi sertifikat, hingga perbedaan biaya dari masing-masing jenis tes TOEFL. Sekarang pembahasan akan beralih ke contoh soal tes TOEFL. 

Contoh Tes TOEFL

Sebelumnya telah disinggung sedikit mengenai manfaat dari adanya contoh soal ini, yaitu untuk mengetahui bentuk soal tes TOEFL yang diujikan serta dapat mengukur kemampuan bahasa Inggris untuk sementara.

Contoh soal yang banyak diberikan oleh lembaga kursus online, offline, maupun yang tersedia di internet juga berguna sebagai bahan evaluasi diri.

Dengan mencoba mengerjakan contoh soal TOEFL, maka kamu bisa mengetahui batas kemampuan kamu serta kelebihan dan kekurangan. Nah, kekurangan yang kamu temukan itu bisa kamu jadikan bahan evaluasi agar hasil TOEFL nantinya bisa maksimal.

Misal, kamu memiliki kekurangan dalam hal grammar, kamu bisa mengasah lagi materi grammar dengan memperbanyak mengerjakan latihan-latihan soal atau dengan mengikuti kursus bahasa Inggris bersama Avana Education.

Berikut ini beberapa contoh soal TOEFL secara umum yang terdiri atas listening comprehension, structure and written expression, dan reading comprehension. 

1. Contoh Soal Listening Comprehension

Sesi listening atau mendengarkan akan berlangsung sekitar 40-60 menit. Pemahaman kamu dalam memahami isi audio merupakan hal yang akan diuji dalam kurun waktu tersebut. 

Pada sesi ini, kamu akan dihadapkan dengan soal-soal dalam bentuk pilihan ganda. Jadi, kamu hanya perlu memilih satu jawaban yang menurutmu tepat berdasarkan audio yang telah diputar.

Berikut merupakan contoh dialog singkat dan soal yang ada dalam listening section atau listening comprehension.

(Dialog dalam audio)

Girl: I am trying to find a book by author JK Rowling. Do you know where I should look?

Boy: She’s a fiction writer, isn’t she? Log on to this computer. Click on fiction, and then type her name on the search bar. See? There are so many books written by her from the very popular one until the lesser known.

Girl: Oh this one! The complete version of Harry Potter which I’ve been looking for. 

(Soal berdasarkan audio)

What does the girl try to look for?

  1. One of the Harry Potter books.
  2. The lesser known JK Rowling book.
  3. The complete version of Harry Potter..
  4. Harry Potter latest version.

Itulah contoh soal TOEFL untuk bagian listening. Dari keempat pilihan yang diberikan, pilihlah satu yang menurutmu tepat. Pastikan kamu memahami isi audio karena ada batasan waktu untuk memutar audio tersebut.

2. Contoh Soal Structure and Written Expression

Soal dengan fokus grammar berupa structure and written expression akan kamu temukan dalam jenis tes TOEFL PBT. Dalam TOEFL IBT soal grammar tidak terlalu menjadi fokus utama.

Pertama, akan dibahas mengenai contoh soal tes TOEFL structure. Soal disajikan dalam bentuk pilihan ganda seperti berikut ini.

In 2010 a band from Sydney consisting of 4 boys made their first appearance when they … as opening act at Take Me Home Concert in Manchester.

  1. Perform
  2. Performed
  3. Had been performing
  4. Having performed

Kamu harus memilih satu di antara 4 pilihan yang menurutmu sesuai untuk ditempatkan pada titik-titik yang ada dalam soal. Penting untuk memahami tenses atau aturan pola kalimat yang ada dalam bahasa Inggris.

Untuk contoh soal TOEFL written expression, berikut ini beberapa soal yang bisa kamu jadikan referensi untuk belajar.

  1. A large (A) number of shopping (B) bag are now (C) made of fabric (D) instead of plastic.
  2. Lake is (A) a large dam, often use (B) either to supply clean water or to (C) delivering water (D) to cities and farms
  3. (A) Wood from the ash tree becomes extremely (B) rigidly whether (C) it is (D) exposed to steam or not.

Jika dalam soal structure kamu harus memilih kata yang sesuai untuk melengkapi kalimat. Dalam soal written expression, kamu diminta untuk mencari kata yang tidak sesuai dengan struktur grammar. Atau gampangnya kamu mencari satu kesalahan.

Soal semacam ini sering menjadi momok bagi kita warga Indonesia karena tidak ada grammar atau tenses dalam kaidah bahasa Indonesia yang kita miliki.

Satu-satunya tips untuk dapat menguasai grammar adalah dengan menghafal atau sering mengerjakan contoh soal TOEFL.

3. Contoh Soal Reading Comprehension

Perintah yang diberikan dalam sesi reading ini terbilang cukup mudah. Akan disajikan sebuah teks pada lembar soal dan pertanyaan dalam bentuk pilihan ganda. Jadi, kamu perlu memilih jawaban yang tepat dari beberapa pilihan yang diberikan.

Berikut ini contoh soal TOEFL untuk reading comprehension yang bisa kamu jadikan acuan untuk mencari soal berbentuk serupa.

5 Seconds of Summer or 5SOS are an Australian pop rock band from Sydney, formed in 2011. The group were originally YouTube celebrities who often covered songs from various artists during 2011 and early 2012. They started to gain international fame while touring with One Direction on their Take Me Home Tour. They have since released four albums and headlined three world tours. The band released She Looks So Perfect as their debut single in early 2014.

The word “gain” can easily be replaced by …

  1. Get
  2. Obtain
  3. Receive
  4. Achieve

Soal-soal mengenai sinonim, antonim, rujukan (refers to), atau ide pokok sering muncul dalam reading comprehension. Untuk itu, penting bagi kamu untuk memperluas perbendaharaan kata atau vocabulary dalam bahasa Inggris.

Nah, itulah beberapa contoh soal TOEFL yang akan keluar saat kamu mengikuti tes TOEFL. Tingkat kesulitan tidak bisa ditentukan karena setiap individu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Kamu bisa belajar mandiri untuk memperdalam pengetahuan bahasa Inggris kamu. Tapi, jika menurutmu dengan belajar otodidak tidak efektif dalam mendukung kemampuan berbahasa Inggris, bergabunglah dengan kursus bahasa Inggris bersama Avana Education. 

Bersama pengajar profesional di Avana Education, kamu akan belajar dengan metode yang unik dan tips-tips untuk menguasai materi dengan mudah.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, buruan daftar kursus bahasa Inggris dengan Avana Education. Kunjungi website kami di www.avanaeducation.com atau dengan mengisi form di bawah ini untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

 

×

Choose One Of Our Team Members

Avana Would Like To Understand How We Could Help You As Best We Could

×