jasa backlink ac.id Edukasi Android Belajar Trading Buzzer Cekresi Coworking cyber duniagames forex inspirasi investasi kerja komputer kredit kursus marketing motivasi pajak redaksi reksadana saham server service software sosial media umkm update vlog Website yandex nusa penida CPNS Lulusan SMA, Berikut Formasi Hingga Tata Cara Daftarnya

Kamu tau gak sih? Pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) tahun ini akan resmi dibuka sebentar lagi, lho. Hayo, kalian sudah mempersiapkan diri belum? sudah siap CPNS Lulusan SMA?

Berdasarkan informasi yang dipaparkan dalam laman Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) menyampaikan bahwa pemerintah membuka pendaftaran CPNS untuk lulusan SMA dan SMK sederajat mulai dari usia 18 tahun hingga maksimal berusia 35 tahun. Namun bagi calon peserta yang melamar sebagai Dokter Gigi Spesialis atau Dokter Spesialis maksimal umurnya berusia 40 tahun.

Nah, buat teman-teman yang baru lulus SMA/SMK dan sederajat atau sekurang-kurangnya berusia 18 tahun saat mendaftar sudah bisa mendaftarkan diri sebagai peserta dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). 

Bagi kamu yang berminat mengikuti seleksi CPNS tahun ini dapat melakukan pendaftaran melalui laman resmi SSCASN di sscasn.bkn.go.id. Sejumlah instansi membuka banyak formasi bagi lulusan SMA dan SMK sederajat sehingga besar peluang kesempatan bagi kamu.

Namun agar kamu dapat memenuhi seluruh persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan, cobalah untuk mempersiapkan diri dengan baik dari jauh-jauh hari. Jangan sampai kamu gagal karena hanya coba-coba ikut tes tanpa persiapan yang matang, ya.

Sebab banyak peserta yang gagal lolos seleksi dikarenakan beberapa faktor salah satunya yaitu tidak memenuhi persyaratan administrasi yang telah ditetapkan. Maka dari itu, ada baiknya kamu mengetahui lebih dahulu tata cara, syarat dan ketentuan yang berlaku sebelum mendaftar CPNS nantinya. 

Berikut formasi, persyaratan, hingga tata cara pendaftaran CPNS bagi lulusan SMA dan SMK sederajat.

 

Instansi yang Membuka Formasi Bagi Lulusan SMA dan SMK Sederajat

 

Instansi yang Membuka Formasi Bagi Lulusan SMA dan SMK Sederajat

 

Sebelum mendaftarkan diri sebagai CPNS lulusan SMA dan SMK sederajat, ada baiknya mencari tahu dahulu instansi atau lembaga pemerintah yang membuka formasi untuk para CPNS lulusan SMA dan SMK.

Ada setidaknya 9 instansi pemerintah yang membuka lowongan bagi para lulusan SMA dan SMK sederajat, salah satu diantaranya adalah Badan Intelijen Negara (BIN). BIN menyediakan 13 formasi pada Pramu Laboratorium serta 15 formasi pada Pengadministrasi Rekam Medis dan Informasi.

Kemudian ada Kejaksaan Agung (Kejagung) yang juga membuka sebanyak 990 formasi untuk lulusan SMA dan SMK sederajat. Beberapa formasi yang tersedia di Kejaksaan Agung ada 2 posisi diantaranya yaitu, 496 formasi sebagai Pengadministrasi Penanganan Perkara dan 494 formasi sebagai Pengawal Tahanan.

Sementara itu, Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) juga membuka 3.876 formasi sebagai Penjaga Tahanan dan 95 formasi sebagai Pemeriksa Keimigrasian. Selain itu, juga masih ada banyak lagi beberapa lembaga atau instansi yang membuka formasi untuk para CPNS lulusan SMA dan SMK sederajat.

 

Tata Cara Pendaftaran Seleksi CPNS Lulusan SMA/SMK Sederajat

 

Tata Cara Pendaftaran Seleksi CPNS Lulusan SMA/SMK Sederajat

 

  1. Daftar Akun
  • Sebelum mendaftar CPNS, kalian harus mendaftar akun terlebih dahulu di https://sscasn.bkn.go.id. 
  • Kemudian login dan melengkapi biodata serta mengunggah swafoto atau foto selfie.

2. Daftar Formasi CPNS

  • Setelah mendaftar akun SSCASN kemudian pilih jenis seleksi CPNS
  • Selanjutnya, pilih formasi SMA atau SMK yang dibuka. 
  • Unggah berkas atau dokumen yang dibutuhkan termasuk ijazah SMA dan foto yang sesuai syarat ukuran dan format dokumen yang sudah ditentukan oleh instansi atau lembaga tersebut. 
  • Sebelum mengakhiri pendaftaran, cek resume kembali. 
  • Terakhir, cetak kartu informasi akun dan kartu pendaftaran akun.

 

Syarat yang harus dipenuhi calon pelamar CPNS Lulusan SMA/SMK Sederajat 

 

Syarat yang harus dipenuhi calon pelamar CPNS Lulusan SMA/SMK Sederajat

 

Berikut persyaratan yang harus dipenuhi calon pelamar CPNS lulusan SMA dan sederajat. 

Warga Negara Indonesia (WNI).

  • Berusia minimal 18 tahun dan maksimal berusia 35 tahun ketika melamar, kecuali khusus untuk pendaftar yang melamar jabatan Dokter Spesialis dan Dokter Gigi Spesialis, yaitu maksimal 40 tahun.
  • Tidak pernah di pidana (pidana penjara) karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih berdasarkan putusan pengadilan yang berkekuatan hukum yang absolut.
  • Tidak pernah mengundurkan diri atas permintaan sendiri dengan tidak hormat maupun dikeluarkan secara tidak hormat sebagai PNS, anggota kepolisian (Polri), prajurit TNI, atau dipecat secara tidak hormat sebagai karyawan atau pegawai swasta.
  • Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), PNS, Prajurit TNI, atau anggota kepolisian (Polri).
  • Memiliki nilai dalam ijazah atau NEM, SKHUN atau yang lainnya setara dengan ijazah atau Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) dengan rata-rata minimal 7.00 (tujuh koma nol-nol).
  • Tidak merupakan anggota atau pengurus dari partai politik atau berpartisipasi dalam politik praktis
  • Memenuhi kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan jabatan yang disyaratkan.
  • Dinyatakan sehat jasmani dan rohani sesuai dengan syarat jabatan yang dilamar.
  • Bersedia diposisikan di seluruh daerah di Indonesia atau wilayah yang ditentukan oleh Instansi Pemerintah.

 

Syarat administrasi yang harus dipenuhi calon pelamar CPNS Lulusan SMA

 

Syarat administrasi yang harus dipenuhi calon pelamar CPNS Lulusan SMA

 

Adapun berkas atau dokumen yang harus dipersiapkan untuk memenuhi persyaratan dokumen administrasi pendaftaran CPNS Lulusan SMA dan SMK sederajat, yaitu sebagai berikut:

  • Ijazah dan transkrip nilai
  • Salinan sertifikat atau ijazah komputer
  • Salinan Akta Lahir
  • Salinan identitas, bisa KTP atau surat keterangan (suket)
  • Curriculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup
  • Pas Foto ukuran 3×4
  • Surat Lamaran
  • Surat pernyataan penempatan dimanapun
  • Beberapa dokumen pendukung lainnya yang diwajibkan oleh lembaga atau instansi sesuai dengan bidang dan keahlian yang diperlukan, seperti sertifikat TOEFL/IELTS/EAP, SKCK, surat keterangan penyetaraan ijazah, dsb.

Namun setiap formasi dan instansi mungkin membutuhkan persyaratan khusus sesuai dengan bidang dan keahlian masing-masing instansi. Jadi, pastikan kalian memenuhi seluruh syarat-syarat yang telah ditetapkan oleh setiap lembaga atau instansi yang dituju. 

Itulah informasi lengkap yang dapat teman-teman persiapkan untuk mengikuti pendaftaran CPNS lulusan SMA dan SMK sederajat. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi teman-teman yang ingin atau sedang berjuang agar lolos tes seleksi CPNS.

Namun buat kamu yang sudah pernah gagal dalam lolos tes seleksi CPNS tahun lalu jangan patah semangat. Kamu bisa mencobanya lagi tes seleksi CPNS tahun ini, tapi pastikan untuk mempersiapkan diri serta persyaratan yang telah ditentukan dengan matang, ya! 

Nah, kamu bisa mempersiapkan diri dengan mengikuti kursus CPNS di Avana Education, lho. Sebab dengan Avana Education, teman-teman akan dibimbing oleh para pengajar yang ahli dan telah berpengalaman dibidangnya.

Sehingga dapat membantu kamu dalam memaksimalkan peluang lolos dalam tes Seleksi Penerimaan CPNS. Selain itu, juga sudah terbukti ada banyak murid Avana Education yang berhasil lolos tes CPNS di tahun-tahun sebelumnya, lho.

Jangan sampai ketinggalan dengan mereka yang telah belajar dan lolos dalam tes seleksi CPNS bersama di Avana Education, ya! Jadi tunggu apalagi?

Ayo, segera bergabung bersama kami hanya di Avana Education untuk kesempatan kamu lolos CPNS tahun ini semakin besar, informasi lebih lanjut bisa isi form dibawah ini atau hubungi nomor kami.

×

Choose One Of Our Team Members

Avana Would Like To Understand How We Could Help You As Best We Could

×