jasa backlink ac.id Edukasi Android Belajar Trading Buzzer Cekresi Coworking cyber duniagames forex inspirasi investasi kerja komputer kredit kursus marketing motivasi pajak redaksi reksadana saham server service software sosial media umkm update vlog Website yandex nusa penida Apa Itu FSJ Jerman? Bagaimana Cara Daftarnya?

Saat ini, ada banyak cara untuk bisa pergi ke luar negeri selain kuliah. Apalagi untuk kamu yang tertarik dengan negara Jerman.

Ada beberapa program yang ditawarkan untuk warga asing, yakni Ausbildung, Aupair, dan FSJ Jerman.

Di antara 3 program yang telah disebutkan, manakah yang menurutmu paling asing dan belum pernah kamu dengar? Mungkin ausbildung dan aupair sudah lebih populer di Indonesia karena banyak yang mendaftar dan mengikuti program ini.

Bagaimana dengan FSJ Jerman? Pernahkah kamu mendengarnya? Artikel ini akan mengupas informasi seputar program FSJ Jerman, mulai dari definisinya, keuntungan mengikuti FSJ, hingga cara mendaftarnya.

Pengertian Freiwilliges Soziales Jahr?

pengertian

FSJ atau Freiwilliges Soziales Jahr merupakan sebuah program kerja sosial semacam volunteer atau sukarelawan yang terbuka untuk masyarakat di seluruh dunia. Kegiatan sukarelawan ini akan dilaksanakan sepenuhnya di negara Jerman.

Peserta FSJ dibatasi untuk generasi muda saja yang masih berada dalam usia produktif, yakni 18 hingga 27 tahun. Penerapan batasan usia ini bertujuan untuk menanamkan pendidikan karakter termasuk jiwa sosial kepada para generasi muda yang masih dalam proses perkembangan.

Dalam pelaksanaannya, FSJ bisa dilakukan di berbagai layanan sosial milik pemerintah Jerman, antara lain panti jompo, rumah sakit, panti asuhan, klub budaya, dan lain sebagainya tergantung bidang yang ingin kamu ikuti.

Kamu bisa memilih akan bekerja sebagai relawan untuk membantu para lansia, orang sakit, anak-anak dan remaja, penyandang disabilitas. Selain bidang tersebut, kamu juga bisa memilih untuk bekerja di sektor olahraga atau kebudayaan.

Apa yang Akan Didapatkan?

Setelah memahami apa itu FSJ, pasti banyak diantara kalian yang masih bertanya-tanya tentang apa yang akan didapatkan dengan mengikuti FSJ Jerman? Berikut ini beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan selama menjadi peserta FSJ Jerman.

  • Meningkatkan Soft Skill

Selama mengikuti FSJ, kamu akan melakukan pekerjaan sosial yang dapat meningkatkan solidaritas, simpati & empati, serta jiwa sosial yang akan terus bertumbuh seiring dengan berjalannya waktu.

Kamu juga pastinya akan banyak berinteraksi dengan warga lokal dan bekerja sama dengan tim dalam satu penempatan. Dengan begitu, kamu bisa mengasah kemampuan berkomunikasi dan kerjasama dengan baik.

Kemampuan-kemampuan itulah yang disebut soft skill. Tidak mudah bagi seseorang untuk meningkatkan soft skill mereka karena keterbatasan pengalaman. Nah, mengikuti FSJ ini merupakan cara terbaik untuk terus meningkatkan soft skill.

Soft skill ini penting dalam kehidupan manusia karena akan terus berguna sampai kapanpun selama kamu bersosialisasi dengan lingkungan. Baik saat kamu kuliah maupun bekerja, soft skill akan selalu kamu butuhkan.

  • Berkesempatan Memperluas Koneksi

FSJ Jerman terbuka untuk seluruh masyarakat di dunia yang telah memenuhi persyaratan. Artinya, kamu akan bertemu dengan berbagai individu dan karakter yang tidak pernah kamu temui sebelumnya. 

Ingatlah bahwa FSJ Jerman merupakan program sukarelawan yang berarti bahwa kamu tidak akan bekerja sendirian. Jadi, kamu akan ditempatkan di lokasi sesuai bidang pilihanmu bersama dengan mereka yang memilih bidang serupa.

Jadi, selama beberapa bulan kamu akan bekerja sama, berkomunikasi, dan bahkan tinggal dengan mereka yang berasal dari berbagai negara. Momen ini bisa kamu manfaatkan untuk memperluas koneksi, bukan?

Tidak ada yang salah dengan memperluas jaringan pertemanan karena siapa tahu kita akan membutuhkannya suatu saat. Kita tidak dapat memprediksi masa depan, mungkin saja seseorang yang kamu temui saat FSJ akan membantumu dalam menemukan pekerjaan.

  • Media Pertukaran Budaya dan Wawasan

Selain menjadi sarana yang tepat untuk memperluas koneksi, FSJ Jerman juga merupakan media terbaik untuk bisa mengenal budaya antarnegara.

Setiap negara memiliki budaya yang berbeda. Sebagai warga Indonesia yang mengikuti FSJ, kamu merupakan representatif atau perwakilan dari Indonesia. Teman satu tim kamu yang berasal dari negara lain akan mengenal budaya Indonesia melalui kamu.

Sama halnya dengan kamu yang melihat teman asal Jepang bernama Hina misalnya. Kamu akan memahami bagaimana budaya Jepang melalui aktivitas sehari-hari Hina. Itulah bagaimana pertukaran budaya terjadi secara implisit.

Pertukaran budaya juga bisa terjadi secara eksplisit ketika kamu dan temanmu membicarakan budaya yang ada di negeri masing-masing. Pertemuan dengan individu dari berbagai negara akan memperluas wawasanmu mengenai budaya negara lain.

  • Mendapatkan Uang Saku dan Tempat Tinggal

Tiga hal di atas akan kamu dapatkan tanpa sadar karena kamu secara tidak langsung menerimanya. Berbeda dengan hal yang berikut ini. Uang saku dan tempat tinggal akan kamu rasakan dengan jelas manfaatnya.

Meskipun kegiatan FSJ bersifat sukarela, kamu akan tetap mendapatkan uang saku setiap bulannya sebesar 700 hingga 800 EUR. Uang tersebut benar-benar secara utuh kamu dapatkan tanpa potongan biaya makan, asuransi, dan tempat tinggal.

Mengapa demikian? Karena biaya ketiganya sudah ditanggung oleh FSJ. Kamu tidak perlu memikirkan makan apa dan harus tidur dimana karena sudah disediakan oleh lembaga atau instansi tempat kamu bekerja secara sukarela.

Kamu juga tidak perlu khawatir jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan, misalnya sakit. Terdapat asuransi yang akan menanggung biaya rumah sakit dan pengobatan. 

Bagaimanakah Cara Mendaftarnya?

Cara Mendaftarnya

Sebelum melakukan pendaftaran, pastikan kamu sudah memenuhi semua persyaratan yang diminta. Bacalah dengan cermat persyaratan dokumen yang wajib dilampirkan, berikut ini:

  • Sertifikat kemampuan bahasa Jerman minimal level B1
  • Ijazah dan transkrip nilai yang sudah diterjemahkan
  • Curriculum Vitae
  • Motivation Letter
  • Surat Lamaran

Semua dokumen yang disebutkan di atas harus ditulis dalam bahasa Jerman. Hal ini berarti bahwa kamu harus menguasai bahasa Jerman untuk bisa mendaftar FSJ Jerman. Tingkat yang harus kamu kuasai setidaknya berada pada level B1. Itu bukanlah level yang mudah, bukan?

Jadi, hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum mendaftar adalah mengikuti kelas kursus bahasa Jerman.

Kamu bisa bergabung dengan Avana Education jika memang belum pernah mempelajari bahasa Jerman. 

Bersama Avana Education, kamu akan belajar dari 0 hingga fasih berbahasa Jerman bersama tutor yang profesional dan konselor berpengalaman yang akan mendampingimu dalam persiapan pendaftaran.

Tidak hanya belajar bahasa Jerman, konselor di Avana Education juga akan membantumu dalam menyiapkan dokumen, memeriksa ejaan dan tata bahasa dalam motivation letter, CV, dan surat lamaran yang kamu buat.

Selain dokumen, terdapat persyaratan lain yang harus kamu penuhi agar bisa mendaftar program FSJ Jerman, yaitu berstatus lajang/tidak menikah dan memiliki pengalaman minimal 3 bulan mengikuti kegiatan sosial.

Jika semua persyaratan sudah terpenuhi, langkah selanjutnya adalah memasukkan lamaran atau aplikasi ke trager di Jerman. Trager merupakan pihak penyalur yang akan membantumu menemukan tempat untuk bekerja.

Tidak perlu khawatir karena trager sudah terikat dengan berbagai layanan sosial yang membutuhkan tenaga FSJ. Kamu juga akan melakukan sesi wawancara dengan pihak trager untuk bisa lolos seleksi FSJ Jerman.

Jika kamu masih bingung dan takut untuk mendaftar mandiri, bergabunglah dengan Avana Education karena kami akan membantumu dari proses persiapan hingga pendaftaran, bahkan menjelang keberangkatan ke Jerman.

Daftarkan dirimu melalui website Avanaeducation.com atau dengan mengisi form yang tersedia di atas ini.

×

Choose One Of Our Team Members

Avana Would Like To Understand How We Could Help You As Best We Could

×