jasa backlink ac.id Edukasi Android Belajar Trading Buzzer Cekresi Coworking cyber duniagames forex inspirasi investasi kerja komputer kredit kursus marketing motivasi pajak redaksi reksadana saham server service software sosial media umkm update vlog Website yandex nusa penida Tips Memilih Guru Privat Baca Tulis!

Tumbuh kembang anak merupakan suatu hal yang istimewa dan tidak akan terulang. Tidak heran, banyak orang tua yang ingin selalu mendampingi anaknya selama masa pertumbuhan.

Ada masa yang dinamakan golden age atau masa keemasan, yaitu di saat anak berada di bawah usia enam tahun. Saat berada pada fase ini, daya serap anak sangat tinggi. Ia akan sensitif terhadap segala hal yang dilihatnya.

Maka, penting bagi orang tua untuk selalu menjaga tindakan dan ucapannya di depan anak-anak. Hal ini disebabkan karena dalam perkembangannya, anak akan banyak mempelajari hal baru.

Pelajaran yang didapatkan sedari dini akan membentuk kepribadian anak nantinya. Oleh sebab itu, perhatikan dengan betul pendidikan anak. Jangan biarkan anak Anda mempelajari hal yang nantinya merugikan anak maupun orang tua.

Tahap belajar anak dapat dimulai dengan membaca dan menulis. Dua kemampuan itu merupakan hal dasar yang dapat dipelajari anak karena akan berguna hingga kapanpun. Membaca dan menulis menjadi dua hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia.

Sebelum masuk ke pendidikan formal akan lebih baik bila anak sudah diajarkan membaca dan menulis. Dengan begitu, anak akan lebih siap, baik secara pemahaman maupun mental sebelum nantinya menghadapi kegiatan akademik di sekolah.

 

Mengapa anak harus belajar membaca dan menulis sedari dini?

Banyak manfaat yang akan diperoleh anak jika mereka sudah mampu membaca dan menulis sejak dini. Berikut akan kami uraikan beberapa manfaatnya.

 

1. Mengembangkan otak dan motorik halus anak

Mengembangkan otak dan motorik halus anak

 

Ketika membaca, sel otak akan bergerak dan menghubungkan antara satu koneksi dan lainnya. Koneksi dalam sel otak tersebut membentuk suatu pengetahuan baru.

Semakin sering belajar membaca, maka otak anak akan semakin berkembang dengan meningkatnya fungsi memori dalam otak.

Selain melalui kegiatan menggenggam atau aktivitas bermain lain yang memerlukan tangan, seperti menyusun balok dan lain sebagainya, menulis juga dapat melatih motorik halus anak.

Berbeda dengan motorik kasar yang memerlukan seluruh anggota tubuh. Motorik halus merupakan keterampilan yang melibatkan gerakan otot kecil. Pada umumnya melatih koordinasi mata dengan tangan. 

Dengan belajar menulis, otot anak tidak lagi kaku dan terbiasa untuk melakukan aktivitas lain yang memerlukan gerakan tangan.

Untuk itu, penting mengajarkan anak menulis tangan terlebih di era digital seperti saat ini. Kemungkinan anak untuk menulis akan lebih kecil karena anak akan terbiasa untuk mengetik.

 

2. Memperluas pengetahuan 

Memperluas pengetahuan

 

Ada pepatah yang mengatakan bahwa dengan membaca akan membuka jendela dunia. Apa maksudnya? Bahwa dengan membaca akan menambah wawasan anak.

Anak akan mengetahui hal-hal yang di luar jangkauannya. Bahkan dapat mengetahui informasi mengenai negara-negara di dunia dengan membaca. Oleh karena itu, dikatakan bahwa dengan membaca akan membuka jendela dunia.

Sama halnya dengan membaca, menulis dapat memperluas pengetahuan anak karena dengan menulis anak dapat mengenali huruf dengan lebih cepat. Sehingga akan mendukung anak untuk belajar membaca.

Terbukti dengan menulis juga akan memperdalam pemahaman anak karena manusia merekam memori lebih baik saat menulis.

Demikian pula dengan anak, semua hal yang ditulis akan tersimpan dengan baik dalam memori otaknya, dibandingkan dengan mengetik.

 

3. Meningkatkan komunikasi 

Meningkatkan komunikasi

 

Membaca akan meningkatkan kemampuan anak dalam berkomunikasi secara verbal atau lisan. Membaca dapat memperkaya kosakata anak sehingga akan memudahkan anak dalam berbicara.

Di sisi lain, menulis akan meningkatkan komunikasi anak secara nonverbal. Semakin sering belajar menulis, anak akan terlatih dalam menyusun suatu kalimat secara terstruktur.

Keduanya merupakan hal yang sama pentingnya. Komunikasi verbal mendukung anak untuk dapat menyampaikan pendapatnya secara lisan. Sementara komunikasi nonverbal dapat melatih siswa untuk menyusun suatu pesan dengan baik.

Tanpa adanya komunikasi, kehidupan manusia tidak dapat berjalan dengan baik. Untuk itu, penting untuk mengajarkan anak membaca dan menulis sejak dini agar anak terlatih untuk berkomunikasi dengan baik.

Mengingat usia anak yang masih dini sebisa mungkin kegiatan belajar dilakukan dengan metode yang menyenangkan dan tidak membebani anak.

Namun, tidak semua orang tua mampu mengajarkan anaknya dengan baik. Selain itu, muncul tantangan lain bagi kedua orang tua mengenai bagaimana cara mengajarkan anak membaca dan menulis di tengah kesibukannya?

Jawaban ada pada guru privat baca tulis yang kini telah tersebar di seluruh Indonesia. Banyak bimbel yang telah menyediakan jasa guru baca tulis dengan harga yang bersaing.

Setiap orang tua pasti ingin yang terbaik untuk anaknya, khususnya dalam hal pendidikan. Tidak ada orang tua yang mengharapkan anaknya tidak terdidik dan terbelakang. 

Sebelum memutuskan memilih guru privat untuk anak-anak. Pastikan guru tersebut telah memenuhi hal-hal berikut ini.

3 hal yang harus diperhatikan sebelum memilih tenaga pengajar

 

1. Kredibilitas guru

Kredibilitas guru

 

Sebelum menentukan guru privat baca tulis untuk anak Anda, langkah pertama yang wajib dilakukan adalah memastikan kredibilitas guru tersebut.

Bila guru privat berada di bawah naungan bimbel atau agen tertentu, periksa dahulu reputasi pihak tersebut. 

Hal yang sama juga tetap dilakukan apabila guru privat independen tanpa terikat dengan pihak tertentu.

Cara memastikan kredibilitas adalah melalui CV atau pengalaman kerja guru yang diincar. Adakah riwayat buruk yang telah dilakukannya? Kemungkinan terburuk adalah catatan kriminal atau kekerasan terhadap anak.

Tentunya Anda sebagai orang tua tidak ingin hal buruk terjadi kepada anak Anda selama proses belajar. Oleh sebab itu, pastikan riwayat pekerjaan guru privat yang akan dipilih untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

 

2. Kepribadian guru

Kepribadian guru

 

Hal penting lainnya sebelum memutuskan untuk memilih seorang guru privat adalah menelaah kepribadiannya. Lakukan wawancara dengan guru untuk memastikan sikap dan sifatnya. 

Guru privat merupakan pengganti orang tua untuk mendidik anak. Untuk itu, penting untuk memastikan anak Anda akan merasa aman dan nyaman selama belajar bersama guru privat.

Hindari memilih guru yang membuat anak takut, tertekan, hingga stres. Guru yang penyayang dan sabar merupakan pilihan yang tepat karena sifat anak yang cenderung sulit mendengar arahan.

Maka, guru yang sabar sangat dibutuhkan untuk dapat menghadapi sikap anak yang kerap berubah. Alangkah jauh lebih baik bila guru privat memiliki kreativitas yang tinggi.

Dalam membimbing anak belajar membaca dan menulis membutuhkan metode yang menyenangkan agar anak tidak bosan atau kesal.

Oleh karena itu, diperlukan guru privat baca tulis yang kreatif untuk menciptakan suasana belajar yang asyik dan menyenangkan bagi anak.

3. Lokasi 

 

Lokasi

 

Tidak kalah pentingnya dengan dua poin di atas. Lokasi dapat menjadi poin penentu dalam memilih guru privat. Pilihlah guru privat baca tulis terdekat dengan rumah untuk meminimalisir kendala yang mungkin terjadi.

Sifat anak yang sering berubah menjadi faktor utama alasan perlunya guru yang berlokasi dekat dengan rumah. Jika lokasi guru jauh dan terlambat untuk sampai di rumah, kemungkinan anak akan lelah menunggu atau merajuk akan tinggi.

Belum lagi guru yang juga kelelahan di jalan karena harus menempuh jarak yang jauh serta emosi jika ada kendala selama perjalanan. Untuk menghindari hal-hal tersebut, pilihlah guru privat yang berlokasi dekat dengan rumah. Keputusan yang bijak adalah dengan memilih Avana Education untuk mendapatkan guru privat baca tulis terdekat.

Dengan Avana Education, Anda tidak perlu khawatir lagi dalam memilih guru privat baca tulis untuk anak Anda. Ketiga poin yang disebutkan telah dipenuhi oleh Avana.

Kredibilitas Avana Education? Tidak perlu diragukan lagi. Banyak testimoni yang telah belajar dengan kami. Anda dapat memeriksa satu persatu testimoni yang telah mereka berikan.

Kepribadian guru? Tentu saja telah terpenuhi. Setiap kandidat guru yang kami miliki telah melalui tahapan seleksi yang ketat sesuai dengan syarat dan kriteria yang diminta oleh klien. 

Avana Education juga melakukan verifikasi rekam jejak setiap guru untuk menjaga kepercayaan yang telah diberikan orang tua murid kepada kami.

Percayakan anak Anda pada guru privat baca tulis Avana Education untuk mendukung tumbuh kembang anak dengan baik. Untuk informasi lebih lanjut dapat mengakses website resmi kami di www.avanaeducation.com atau dengan mengisi form di bawah ini.

×

Choose One Of Our Team Members

Avana Would Like To Understand How We Could Help You As Best We Could

×