jasa backlink ac.id Edukasi Android Belajar Trading Buzzer Cekresi Coworking cyber duniagames forex inspirasi investasi kerja komputer kredit kursus marketing motivasi pajak redaksi reksadana saham server service software sosial media umkm update vlog Website yandex nusa penida 7 Rekomendasi Jurusan Kuliah di Luar Negeri

Jurusan merupakan salah satu istilah yang ada pada tingkat institusi pendidikan tinggi. Setiap perguruan tinggi memiliki fakultas yang di dalamnya terdapat jurusan.

Dengan kata lain, jurusan ialah fokus bidang yang diambil oleh mahasiswa untuk ditekuni selama menempuh pendidikan tinggi.

Tidak ada patokan khusus bagi setiap institusi untuk membuka berapa jurusan. Namun, secara umum perguruan tinggi negeri memiliki lebih banyak jurusan dibandingkan dengan pihak swasta.

Pemilihan jurusan merupakan hak bagi setiap mahasiswa. Tidak ada paksaan dari pihak kampus untuk menentukan jurusan mahasiswanya.

Selama masa pendaftaran, calon mahasiswa akan diminta untuk memasukkan jurusan yang dipilihnya dalam formulir pendaftaran yang diajukan ke pihak perguruan tinggi. Kemudian, tahap seleksi berikutnya akan dilaksanakan.

Memang dari pihak kampus tidak akan pernah memaksa mahasiswa untuk memilih jurusan tertentu. Tapi, justru tekanan atau paksaan datang dari pihak lain, seperti orang tua maupun lingkungan sekitar.

Namun, tidak jarang motivasi seseorang untuk menentukan jurusan berasal dari orang-orang tersebut. Satu hal terpenting yang perlu diingat untuk memilih jurusan adalah mengerti bidang yang akan diambil dan mengukur apakah dirimu mampu menekuni bidang tersebut.

Karena kuliah tidak hanya berjalan selama beberapa bulan saja, tetapi akan berlangsung selama beberapa tahun. Rata-rata untuk mengejar gelar sarjana akan membutuhkan empat tahun. Waktu yang terhitung lama, bukan?

Maka dari itu pastikan dirimu siap untuk mempelajari mata kuliah yang dimiliki oleh jurusan tersebut. Jangan asal pilih jurusan yang nantinya akan membuatmu menyerah di tengah jalan.

Nah, untuk kamu yang ingin kuliah di luar negeri. Pahami dengan betul jurusan yang akan kamu ambil di negara pilihanmu. Informasi mengenai jurusan dapat kamu temukan di website kampus. Kamu juga dapat memahami mata kuliah yang diajarkan di jurusan tersebut.

Jika kamu masih bingung untuk menentukan jurusan. Berikut ini telah Avana merangkum beberapa jurusan yang paling diminati di negara-negara populer pilihan mahasiswa internasional.

 

 

Jurusan paling diminati

1. Seni dan sastra Prancis

Seni dan sastra Prancis

 

Karya sastra Prancis yang mendunia telah membuktikan bahwa banyak sastrawan lahir dari negara ini. Oleh sebab itu, pendidikan sastra di negara ini tidak perlu lagi dipertanyakan kualitasnya.

Keberadaan pihak akademi bahasa yang dibentuk oleh pemerintah Prancis untuk melindungi bahasa Prancis, yaitu Académie Française menunjukkan bahwa negara ini sangat menjunjung tinggi nilai sebuah karya sastra.

Bidang sastra selalu sejalan dengan seni. Demikian pula jurusan yang paling tersohor di Prancis. Jika bahasa dilindungi oleh Académie Française, karya seni di Prancis dilindungi oleh Académie des Beaux-Arts. 

Maka tidak heran jika sastra dan seni menjadi jurusan paling diminati oleh mahasiswa asing yang memilih kuliah di Prancis.

Jika kamu penggemar berat karya-karya Victor Hugo, Albert Camus, atau Claude Monet dan ingin secara langsung mempelajari mahakarya tersebut secara langsung, jangan ragu untuk memilih jurusan seni dan sastra di negara Prancis.

 

2. Teknik dan Kedokteran di Jerman

Teknik dan Kedokteran di Jerman

 

Siapa tidak kenal sosok B.J. Habibie, mantan presiden Indonesia yang telah mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional berkat kecerdasannya dalam membuat pesawat terbang.

Benar, Habibie merupakan alumni di Rheinisch-Westfälische Technische Hochschule Aachen atau RWTH Aachen pada jurusan teknik dirgantara. 

Berkat kisahnya yang diangkat dalam film, banyak pelajar Indonesia yang termotivasi dan akhirnya memilih untuk melanjutkan studinya di Jerman dengan mengambil jurusan teknik.

Ternyata kualitas pendidikan Jerman dalam bidang teknik tidak hanya terkenal di Indonesia saja. Pelajar dari berbagai negara juga berlomba-lomba untuk mengambil jurusan teknik di Jerman.

Kecanggihan teknologi Jerman juga telah meluas ke bidang medis. Seperti yang kita ketahui bahwa kemajuan teknologi medis di Benua Eropa telah melesat jauh lebih unggul dibandingkan negara-negara di Benua Asia.

Oleh sebab itu, jurusan kedokteran di Jerman menjadi rujukan para pelajar asing untuk menimba ilmu.

Selain karena didukung dengan peralatan yang canggih, ilmu yang diterima oleh mahasiswa juga akan jauh lebih baik terlihat dari kualitas hidup masyarakat Jerman yang telah terjamin berkat pelayanan ahli medis yang berkualitas tinggi.

3. Manajemen Bisnis di Amerika 

Manajemen Bisnis di Amerika

 

Untuk kamu yang memiliki minat tinggi dalam mengelola suatu usaha, manajemen bisnis merupakan jurusan yang tepat untukmu.

Perguruan tinggi dengan jurusan manajemen bisnis terbaik didominasi oleh universitas yang terletak di Benua Amerika.

Dari top 10 universitas di dunia, 5 diantaranya berasal dari Amerika, yakni Harvard Business School, Wharton School, MIT Sloan School of Management, Columbia Business School, Stanford Graduate School of Business, dan Haas School of Business.

Tentu sudah tidak mengejutkan bahwa Amerika dengan segala kemajuannya didukung oleh perusahaan-perusahaan yang berdiri selama puluhan tahun.

Bisnis yang berkembang pesat di Amerika berhasil mempengaruhi pelajar dari seluruh dunia untuk menimba ilmu di negeri Paman Sam.

4. Arsitektur di Turki dan Norwegia

Arsitektur di Turki dan Norwegia

 

Turki dengan keindahan alam dan bangunan-bangunan megahnya selalu menarik perhatian para wisatawan, termasuk para pelajar yang sedang berkunjung ke negeri itu.

Itulah sebabnya, arsitektur menjadi jurusan favorit ketiga di Turki yang banyak dipilih oleh mahasiswa lokal maupun internasional.

Disuguhkan dengan bangunan indah yang berdiri tegak selama ratusan tahun menjadi alasan para pelajar ingin menuntut ilmu secara langsung di negara Turki.

Lebih unggul dari Turki, jurusan arsitektur di Norwegia menempati urutan pertama sebagai jurusan terfavorit yang menjadi pilihan para pelajar asing.

Bangunan yang tersusun rapi dengan warna yang sedap di pandangan mata merupakan alasan utama jurusan arsitektur di Norwegia menjadi begitu populer di kalangan remaja.

Dengan beasiswa yang ditawarkan semakin menggiurkan bagi para pelajar yang bermimpi untuk kuliah di luar negeri.

 

5. Ilmu Sosial & Politik di Swiss

Ilmu Sosial & Politik di Swiss

 

Cukup dengan bidang sains & teknologi, serta ilmu bisnis dan humaniora. Kini kita beralih sedikit lebih sosialis.

Bagi kamu yang berminat dalam isu-isu sosial dan politik, Swiss merupakan negara yang tepat untukmu menimba ilmu.

Mengapa Swiss? Sebab Swiss adalah negara netral yang menjadi markas dari berbagai organisasi dunia. Swiss sebagai salah satu negara yang berada di Benua Eropa juga justru tidak bergabung dengan organisasi Uni Eropa.

Begitu kuatnya pertahanan Swiss untuk tetap menjadi negara netral dengan tidak bergabung bersama organisasi kelompok sosial tertentu. Hal yang menarik untuk dipelajari, bukan?

Namun, Swiss telah banyak berjasa dalam membantu perdamaian konflik negara-negara di dunia. Swiss juga aktif menyalurkan bantuan ke negara yang terkena musibah. Cocok sekali bagi kamu yang tertarik dalam urusan sosial dan politik!

Demikian rangkuman dari beberapa jurusan favorit beserta negaranya yang banyak dituju oleh pelajar di seluruh penjuru dunia. 

Untuk dapat menentukan jurusan yang sesuai dengan minat dan bakatmu, lakukan konsultasi dengan lembaga yang secara khusus menyediakan layanan tersebut.

Bergabung bersama Avana Education, kamu dapat melakukan konsultasi dengan puas. Sebagai konsultan pendidikan terbaik, Avana siap memberikan saran untukmu agar dapat memilih jurusan kuliah di luar negeri yang terbaik.

Kami tunggu kehadiranmu!Informasi selengkapnya dapat mengakses website kami di www.avanaeducation.com atau dengan mengisi form di bawah ini.

 

 

 

×

Choose One Of Our Team Members

Avana Would Like To Understand How We Could Help You As Best We Could

×