jasa backlink ac.id Edukasi Android Belajar Trading Buzzer Cekresi Coworking cyber duniagames forex inspirasi investasi kerja komputer kredit kursus marketing motivasi pajak redaksi reksadana saham server service software sosial media umkm update vlog Website yandex nusa penida Intip 7 Jurusan yang Bisa Kerja di Luar Negeri

Institusi pendidikan tinggi di Indonesia maupun luar negeri terus berlomba-lomba untuk membuka jurusan dengan prospek kerja tinggi. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan ranking institusi dalam mengirimkan alumni yang siap kerja. Lalu adakah jurusan yang bisa kerja di luar negeri?

Tentu saja ada karena jurusan-jurusan tersebut disesuaikan dengan profesi yang dibutuhkan di seluruh dunia. Globalisasi yang didukung dengan perkembangan teknologi dan informasi mendorong terbukanya berbagai jenis profesi baru yang sebelumnya tidak ada.

Oleh sebab itu, peluang kerja yang ada saat ini begitu tinggi. Masalah mengenai jumlah pengangguran sebenarnya ada pada karakter dan keinginan setiap individu, mau atau tidak untuk mengejar peluang itu.

Terlebih untuk kamu yang bercita-cita bekerja di luar negeri. Pilih jurusan yang mempunyai peluang tinggi untuk bisa membawamu terbang ke luar negeri dan bekerja di sana. Berikut ini beberapa jurusan yang bisa menjadi bahan pertimbangan kamu.

 

7 Program Studi yang Dapat Mengantarkanmu Bekerja di Luar Negeri

 

1. Hubungan Internasional

Hubungan Internasional

 

Jurusan ini sudah tidak asing lagi bukan bagi kamu yang sudah mengincar untuk berkelana ke luar negeri? Betul, Hubungan Internasional (HI) bisa membawamu terbang ke negara impianmu.

Jurusan HI setiap tahunnya. berhasil menempati posisi teratas di universitas-universitas ternama di Indonesia selama masa pendaftaran dan ujian masuk perguruan tinggi.

Posisi yang tidak tergoyahkan didapatkan karena tingginya minat pelajar untuk bekerja di luar negeri. Hal ini berdasarkan testimoni alumni yang menyatakan bahwa peluang untuk kerja di luar negeri akan semakin lebar bagi lulusan HI.

Mengapa demikian? Mahasiswa hubungan internasional akan mendapat ilmu mengenai hubungan diplomasi antar negara, hal-hal berkaitan dengan ketatanegaraan serta bidang-bidang yang mendukung berdirinya sebuah negara.

Prospek kerja yang ditawarkan oleh jurusan hubungan internasional juga begitu menarik. Banyak lulusan HI yang bekerja menjadi diplomat atau staf di berbagai kedutaan besar Indonesia yang tersebar di seluruh dunia.

Selain bekerja di kedutaan, perusahaan yang bergerak secara multinasional juga banyak diincar. Lulusan HI dapat bekerja sebagai Government Relation Officer atau sebagai konsultan internasional.

 

2. Teknik Informatika

Teknik Informatika

 

Di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat, jurusan teknik informatika kini banyak diincar karena menawarkan peluang kerja yang tinggi.

Apa sih memang yang akan dipelajari oleh mahasiswa teknik informatika? Pelajaran utama adalah pemrograman hingga pembuatan aplikasi. Kemampuan itulah yang banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan besar.

Hampir semua jenis pekerjaan dan perusahaan memiliki aplikasi untuk memudahkan konsumennya. Oleh sebab itu, sumber daya manusia yang memiliki skill di bidang pemrograman sangat dibutuhkan.

Sudah jelas bukan mengapa jurusan ini sangat menjanjikan? Bukan hanya perusahaan Indonesia yang membutuhkanmu, perusahaan besar di luar negeri juga selalu menantikan lulusan teknik informatika untuk mereka rekrut.

 

3. Sastra Asing

Sastra Asing

 

Jurusan sastra asing banyak dituju oleh pelajar yang memiliki minat tinggi di bidang kesusastraan. Tapi, cukup banyak juga loh pelajar yang memilih jurusan ini setelah ditolak oleh jurusan HI. 

Faktor utamanya adalah mahasiswa sastra asing tidak hanya menguasai bahasa asing, melainkan juga budaya, karya sastra, isu, serta fenomena yang berkembang di negara tersebut. 

Oleh sebab itu, lulusan bahasa asing dapat bekerja di berbagai bidang yang tersedia, seperti bidang komunikasi, media, penerbitan, bahkan menjadi diplomat dan wakil negara selayaknya lulusan HI. 

Kok bisa? Karena mereka telah mempunyai modal berharga, yaitu penguasaan bahasa. Komunikasi menjadi hal yang sangat penting di tengah globalisasi dimana bahasa Inggris menempati posisi sebagai bahasa internasional. 

Tidak hanya bahasa Inggris. Bahasa asing lain seperti Prancis, Jerman, dan Cina juga akan mendukungmu untuk dapat kerja di luar negeri karena bahasa-bahasa tersebut telah menjadi bahasa resmi PBB

Sekarang sudah lebih paham kan mengapa lulusan sastra asing memiliki kesempatan dan peluang yang begitu lebar? Jika kamu tertarik, jangan ragu untuk memilih sastra asing ya.

 

4. Jurnalisme

Jurnalisme

 

Sebagian dari kalian mungkin masih bingung mengapa jurusan jurnalisme bisa mengantarkan untuk kerja di luar negeri? Bukannya prospek kerja jurnalisme hanya menjadi reporter yang meliput berita?

Betul memang lulusan jurnalisme akan bekerja sebagai reporter atau yang berhubungan dengan media/pemberitaan. Eits, tapi kan berita bukan hanya ada di dalam negeri.

Kamu pasti sering lihat juga kan di siaran berita bahwa ada liputan dari reporter yang berada di luar negeri ketika ada fenomena tertentu?

Nah, reporter itu sedang menjadi koresponden untuk luar negeri. Artinya, kamu bisa jadi jurnalis atau reporter koresponden untuk dikirim ke luar negeri dan meliput berita terbaru yang ada di sana.

Selama menjalankan tugas dinas di luar negeri, kamu akan difasilitasi tempat tinggal dan gaji bulanan juga akan kamu dapatkan. Kesempatan yang sangat menguntungkan bukan? 

 

5. Pariwisata

Pariwisata

 

Jurusan pariwisata setiap tahunnya juga tidak pernah sepi peminat. Bahkan, tahun demi tahun semakin banyak institusi pendidikan tinggi yang membuka jurusan pariwisata, baik di tingkat diploma atau sarjana.

Pariwisata begitu digemari karena dilihat dari namanya saja sudah menawarkan kebahagiaan bagi kaum yang suka liburan. Begitupun dengan ilmu yang akan didapatkan selama belajar.

Mahasiswa akan mendapatkan ilmu seputar sumber daya pariwisata, pengelolaan kawasan wisata, dan pemasaran pariwisata. Lulusan jurusan ini juga akan di bidang yang tidak jauh dari pariwisata.

Prospek kerja yang ditawarkan antara lain tour guide, agen travel, staf di Kementerian Pariwisata, bahkan menjadi konsultan pariwisata di suatu negara.

Satu hal yang pasti bahwa lulusan jurusan pariwisata akan memiliki kesempatan tinggi untuk ke luar negeri, terlebih untuk bekerja. Pilihan yang tepat bagi kamu yang bermimpi kerja sambil liburan di luar negeri.

 

6. Desain Grafis

Desain Grafis

 

Apa yang spesial dari jurusan desain grafis hingga bisa membawa seseorang untuk kerja di luar negeri? Sebelum menilai suatu jurusan, ada baiknya dulu kita pahami seluk beluk jurusan tersebut.

Desain grafis banyak dinilai sama halnya seperti seni rupa tapi beda medium untuk menggambar. Eits, tunggu dulu, mahasiswa desain grafis tidak hanya ditugaskan untuk menggambar, melainkan juga mempromosikan.

Artinya, ilmu marketing juga akan mereka dapatkan. Nantinya, mereka akan mendesain iklan dan produk untuk memikat hati konsumen.

Lulusan desain grafis seringkali bekerja berdampingan dengan lulusan teknik informatika. Di saat IT bertugas membuat aplikasi dan program di dalamnya. Anak desain grafis akan mendesain tampilan aplikasi tersebut agar semakin menarik.

Jadi, desain grafis dan IT akan saling melengkapi untuk menjadi sumber daya terkuat di sebuah perusahaan. Terlebih bagi startup atau perusahaan rintisan di luar sana yang membutuhkan tenaga mereka. Lulusan desain grafis akan berpeluang untuk kerja di luar negeri.

 

7. Ekonomi

Ekonomi

 

Manajer, marketing, dan accounting banyak diburu oleh perusahaan karena setiap perusahaan akan membutuhkan posisi tersebut untuk diisi oleh individu yang berpotensi.

Oleh sebab itu, jurusan yang ada di Fakultas Ekonomi tidak pernah kehilangan peminat. Selalu bersaing dengan jurusan-jurusan bergengsi lainnya di perguruan tinggi.

Bekerja di luar negeri bagi lulusan manajemen, marketing, dan accounting bukanlah hal yang mustahil. Asalkan mau, mereka pasti bisa mendapatkan pekerjaan tersebut.

Bagaimana? Apakah sudah menentukan pilihan? Segera persiapkan dirimu untuk menghadapi ratusan bahkan ribuan lawan di luar sana.

Jangan sampai lengah! Gabung dengan Avana Education agar bisa masuk di jurusan yang kamu inginkan, sehingga peluang kerja di luar negeri semakin terbuka lebar.

Informasi lebih lengkap dapat mengunjungi website kami di www.avanaeducation.com atau dengan mengisi form di bawah ini.

×

Choose One Of Our Team Members

Avana Would Like To Understand How We Could Help You As Best We Could

×