jasa backlink ac.id Edukasi Android Belajar Trading Buzzer Cekresi Coworking cyber duniagames forex inspirasi investasi kerja komputer kredit kursus marketing motivasi pajak redaksi reksadana saham server service software sosial media umkm update vlog Website yandex nusa penida Ikuti 4 Cara Kerja di Luar Negeri beserta Syaratnya!

Di tengah perkembangan teknologi dan informasi yang sangat pesat, masyarakat Indonesia kini semakin mudah memahami peristiwa dan fenomena yang terjadi di luar negeri. Termasuk fenomena kerja di negara-negara maju.

Google atau media sosial lain banyak menyajikan gambar-gambar yang memperlihatkan indahnya kehidupan di luar negeri. Suasana kehidupan yang nyaman seakan mengajak kita untuk meninggalkan semua masalah di negeri ini dan pindah ke negara lain. 

Oleh sebab itu, kini masyarakat khususnya generasi muda berusia produktif berlomba-lomba untuk dapat kerja di luar negeri. Apa alasan mereka menginginkan kerja di tempat asing yang jauh dari zona nyamannya? 

Alasan utama yang sering muncul ketika menanyakan kepada mereka yang bermimpi kerja di luar negeri adalah gaji yang lebih tinggi dan menjanjikan dibandingkan dengan bekerja di Indonesia.

Selain perihal pendapatan, kualitas hidup yang baik menjadi alasan kerja di luar negeri lebih menarik. Didukung dengan fasilitas yang memadai dan canggih sehingga memudahkan kita dalam melakukan aktivitas.

Faktor lain yang menyebabkan tingginya minat kerja di luar negeri bagi generasi muda adalah pengalaman berharga yang mereka dapatkan. Dengan keluar dari zona nyaman, mereka akan belajar banyak hal baru sehingga dapat meningkatkan kemandirian.

Bertemu dengan tenaga profesional yang ahli di bidangnya sehingga dapat memperdalam skill, menjadi satu dari berbagai faktor yang menyebabkan kerja di luar negeri begitu diminati. 

Generasi muda saat ini juga sangat berkompetisi untuk memenuhi CV dan menjadikannya bernilai tinggi, kerja di luar negeri akan melengkapi keinginan tersebut.

Tertarik kah kamu setelah melihat faktor yang menjadi alasan tingginya animo masyarakat Indonesia untuk kerja di luar negeri? Jika kamu memang tertarik untuk kerja di luar negeri, ketahui terlebih dahulu cara agar kamu bisa mewujudkan keinginanmu.

 

 

Cara Kerja di Luar Negeri

Banyak cara yang bisa ditempuh untuk kerja di luar negeri. Kamu bisa mencarinya secara mandiri maupun melalui agen. Jika kamu memilih agen, sediakan biaya lebih karena semua proses dari pendaftaran hingga keberangkatan akan diurus oleh agen.

Jelas kamu akan lebih hemat jika melakukan semuanya secara mandiri dan kamu bisa gunakan uang itu untuk keperluan lain yang lebih mendesak. Lagi pula, kini informasi mengenai kerja di luar negeri sudah bisa kamu akses dengan mudah.

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk dapat kerja di luar negeri sesuai dengan jangka waktu yang kamu inginkan.

 

1. Liburan sambil Kerja

Cara ini bisa dilakukan oleh kamu yang suka liburan ke luar negeri berkedok kerja. Dengan menggunakan visa working holiday, kamu bisa memanfaatkan waktumu saat liburan untuk bekerja.

Secara umum, usia 18-35 tahun yang telah memenuhi syarat dapat tinggal di luar negeri dan bekerja dalam jangka waktu tertentu.

Cara ini banyak disarankan karena dapat memperdalam skill dan menambah pengalaman meski dalam kurun waktu sementara. Selain itu, alih-alih liburan, kamu dapat bekerja untuk mendapatkan gaji.

2. Pertukaran Pelajar/Pekerja

Cara ini terbuka untuk mahasiswa/pelajar yang sudah memasuki usia legal 18 tahun ke atas dan telah terdaftar sebagai anggota pertukaran pelajar di suatu negara.

Sambil melaksanakan program pertukaran pelajar, kamu juga bisa mendaftar kerja part time untuk meningkatkan CV kamu loh. Siapa tahu kemampuanmu dilirik oleh pihak luar dan kamu direkrut untuk menjadi pekerja tetap? Sebuah keuntungan, kan?

Atau bagi kamu para karyawan di perusahaan yang membuka program pertukaran pekerja dengan perusahaan asing, kamu dapat mendaftarkan diri.

Nah, dengan mengikuti program ini kamu akan berkesempatan untuk tinggal di luar negeri dan merasakan suasana bekerja di luar negeri. 

Keuntungan selama mengikuti program pertukaran pelajar atau pekerja ini adalah biaya untuk tempat tinggal hingga biaya hidup sepenuhnya akan ditanggung loh.

3. Freelancer/Pekerja Lepas

Seperti yang kita tahu, selama pandemi teknologi sangat dimanfaatkan oleh manusia. Pandemi menjadikan kita lebih melek teknologi dan dapat bertahan hidup di kesulitan ekonomi.

Seluruh aktivitas berubah menjadi online dan kantor tidak bekerja seperti sedia kala. Karyawan bekerja dari rumah dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi.

Masa ini menjadi tahun-tahun kejayaan para freelancer atau pekerja lepas. Jenis pekerjaan ini sebenarnya sudah ada sejak dulu. Namun, namanya menjadi melejit sejak pandemi Covid-19.

Dengan menjadi freelancer, kamu dapat bekerja dari mana saja dan untuk mendapat pekerjaan dari luar negeri adalah hal yang mudah. Hal ini disebabkan karena banyak perusahaan luar mencari pekerja lepas yang dapat bekerja dengan fleksibel.

Waktu dan tempat kamu bekerja memang bebas dan gaji yang kamu dapatkah lebih bervariasi. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk mendapat hasil yang sesuai asalkan kamu pintar mengelola waktu dan meningkatkan keahlian.

Bidang pekerjaan yang umumnya bisa kamu lakukan adalah penulis (content writer, blogger), fotografer, desain grafis, dan pekerjaan lain yang tidak mengharuskan kamu datang ke kantor.

4. Volunteer

Jika mencari pekerjaan masih terasa sulit, kamu bisa mengikuti program volunteer yang akan membawamu ke luar negeri. Meskipun belum bekerja, setidaknya kamu dapat memiliki pengalaman untuk melaksanakan sebuah program di luar negeri.

Kamu juga memiliki kesempatan untuk mengobservasi terlebih dahulu lingkungan, suasana, dan budaya warga lokal dari negara yang kamu kunjungi.

Setelah memahami cara yang bisa ditempuh untuk berkesempatan kerja di luar negeri. Selanjutnya, akan muncul pertanyaan mengenai syarat apa yang harus dipenuhi untuk dapat bekerja?

 

Syarat Kerja di Luar Negeri

1. Paspor dan Visa

Dua hal yang menjadi syarat pokok dan wajib, bagi kamu yang bercita-cita untuk kerja di luar negeri. Buatlah paspor terlebih dahulu karena dimanapun kamu bekerja pasti akan memerlukan paspor untuk berangkat ke luar negeri.

Sementara itu, untuk visa dapat kamu buat setelah memutuskan akan menggunakan cara apa untuk kerja di luar negeri. Jika akan kerja sambil liburan, maka kamu membutuhkan working holiday visa. 

Tapi jika kamu mengikuti volunteer atau pertukaran pelajar/pekerja, kamu akan membutuhkan visa yang sesuai dengan program tersebut.

2. Persiapan dokumen dan finansial

Selain paspor dan visa, tentunya ada dokumen lain yang kamu butuhkan. Secara umum, setiap pekerjaan akan membutuhkan kartu identitas, ijazah & transkrip nilai dari pendidikan terakhir, serta CV.

Bawa selalu tiga dokumen tersebut. Akan lebih baik jika kamu sudah membuatnya dapat diakses secara online agar memudahkanmu.

Syarat utama yang harus diperhatikan ketika memutuskan untuk bekerja di luar negeri adalah biaya. Apapun cara yang kamu tempuh akan tetap membutuhkan biaya. Untuk itu, pastikan finansialmu sudah siap untuk mengikuti rangkaian proses hingga keberangkatan.

3. Memenuhi syarat usia minimal

Umumnya, syarat usia minimal untuk kerja di luar negeri adalah 18 tahun. Pastikan kamu telah mencapai usia legal untuk kerja.

Jangan pernah mencoba memanipulasi usia melalui dokumen yang kamu lampirkan agar kamu tidak dideportasi dari negara tersebut.

Untuk mengetahui lebih lanjut informasi seputar kerja di luar negeri dan persiapan yang harus kamu lakukan, bergabunglah dengan Avana Education. Kami memberikan konsultasi secara gratis bagi kamu yang sudah bergabung.

Kunjungi website kami di www.avanaeducation.com untuk informasi selengkapnya atau dengan mengisi form berikut.

 

 

×

Choose One Of Our Team Members

Avana Would Like To Understand How We Could Help You As Best We Could

×