Kalau Kamu Memiliki Mimpi atau Impian untuk Kuliah di Jerman , Ada Satu Program Yang Bisa Membantu Kamu Agar bisa studi dan Kuliah di Jerman yaitu program STUDIENKOLLEG, jadi apa itu STUDIENKOLLEG ? Penasaran Gak? So Program STUDIENKOLLEG adalah Persiapan Kuliah di jerman atau Pra Universiti Perguruan Tinggi di Jerman di Peruntukan Untuk Para Calon Mahasiswa yang Tertarik Kuliah di Jerman yang berasal dari negara-negara non EU atau negara Uni Eropa atau negara – negara yang menurut pemerintah jerman perlu persiapan khusus karena perbedaan sistem pendidikan di jerman

STUDIENKOLLEG ini Merupakan persamaan untuk orang asing yang ingin kuliah di Jerman. Sistem pendidikan di Negara Jerman berbeda dengan sistem Pendidikan di Negara Indonesia yang hanya 12 tahun, sedangkan Jerman yaitu 13 tahun. Jadi, lulusan SMA/Sederajat di Indonesia tidak bisa disamakan dengan lulusan SMA di Negara Jerman (Abitur). Studienkolleg ini dibagi menjadi 2 bagian dari universitas atau FH, tujuannya untuk memastikan bahwa mahasiswa asing, jika ingin kuliah di Jerman harus memiliki level edukasi yang cukup untuk melanjutkan studi di universitas atau FH di Negara Jerman. Di samping itu, memastikan kemampuan berbahasa Jerman untuk berkomunikasi selama menempuh kuliah di jerman agar tidak kesulitan nantinya.

Bagi kamu yang lulusan SMA/Sederajat di Indonesia jika ingin melanjutkan Studi S1 di Jerman, maka wajib untuk mengikuti program STUDIENKOLLEG ini. Namun, Kalau kamu sudah memiliki gelar S1 sebelumnya, kamu tidak perlu mengikuti Studienkolleg. Mempunya Syarat yang sama yaitu memenuhi keterampilan bahasa Jerman, dan rata-rata level yang diminta adalah DSH. Lulusan dari Studienkolleg juga mempunyai level yang sama dengan DSH.

Studienkolleg itu sama seperti sekolah yang ada di Indonesia,menyediakan 28 hingga 32 jam mengajar per minggu. Kelas-kelas termasuk studi akademis seperti matematika, fisika, kimia, ilmu sosial, bahasa hingga seni.dan tidak ada orang Jermannya. Kamu bisa bayangkan bukan? Yang pasti akan didominasi oleh orang asing yang berasal dari berbagai macam negara. Untuk buku-buku, biasanya bisa dipinjamkan dari Studienkolleg.

Jika Ingin lulus dari Studienkolleg, kamu diberi waktu 2 tahun sejak kedatanganmu di Jerman dengan visa studi kamu yang kamu punya. Jadi kamu memang harus benar-benar mempersiapkan dan memperhitungkan dengan baik untuk waktu dari mulai saat apply dan menjalani program STUDIENKOLLEG ini . Ujian akhir dari program ini disebut ‘Feststellungsprüfung’. Jika kamu bisa lulus, kamu akan mendapatkan ijazah yang disebut ‘Zeugnis’. Jika tidak lulus, kamu terpaksa harus mengulang 1 semester lagi. Jika saat mengulang kamu tidak lulus lagi, maka kamu tidak bisa kuliah di Jerman karena tidak memenuhi syarat di sana.

JENIS – JENIS STUDIENKOLLEG

Universitas di Jerman terdiri dari 2 Macam yaitu Fachhochschule (FH) dan Universität (Uni). para Pemegang ijazah/lulusan Studienkolleg FH hanya diperbolehkan untuk mendaftar ke FH saja, sedangkan pemegang ijazah/lulusan Studienkolleg Uni bisa dan diperbolehkan mendaftar baik ke FH maupun Uni. Pemegang Ijazah/lulusan Studienkolleg ini berlaku di universitas seluruh Jerman Dan Perbedaan antara FH dan Uni secara umum dilihat dengan Kurs sebagai berikut:
Universitas :

M-Kurs: fokus studi jurusan kedokteran, farmasi dan biologi
T-Kurs: fokus studi jurusan matematika, ilmu pengetahuan alam dan tekni.
W-Kurs: fokus studi jurusan ekonomi dan ilmu pengetahuan sosial
G-Kurs : fokus studi jurusan ilmu pengetahuan budaya dan Germanistik
S-Kurs: fokus studi jurusan ilmu bahasa

Universitas Ilmu Terapan ( Fachhochschule) :

TI-course: untuk gelar teknik
WW-course: untuk gelar ekonomi dan bisnis
GD-course: untuk gelar desain dan seni
Kursus SW: untuk gelar ilmu sosial
Ada Beberapa jurusan yang hanya ada di Universitas Ilmu Terapan atau FH (Fachhochschule), seperti seni, dan hanya beberapa jurusan yang hanya ada di Universitas atau uni, seperti kedokteran. Untuk Lulusan S1 dari FH bisa melanjutkan S2 di Uni dan sebaliknya. Namun, jika lulusan S2 dari FH tidak bisa langsung melanjutkan S3 di Uni, tergantung kebijakan dari profesornya masing-masing.

CARA APPLY STUDIENKOLLEG Dan Masuk STUDIENKOLLEG

tentu kamu tidak bisa dengan mudah juga dan bisa langsung mendaftar ke lembaga Studienkolleg seperti saat mendaftar di bimbingan belajar biasanya. Agar kamu bisa mendaftar sebagai peserta Studienkolleg, kamu harus mendaftar ke salah satu universitas di Negaara Jerman dengan bidang yang ingin kamu pelajari. Setelah itu, kamu akan mendapatkan undangan dari universitas yang kamu inginkan untuk mengikuti Studienkolleg.

Syarat – Syarat Untuk Mendafat STUDIENKOLLEG

1. FC Ijazah, Transkrip, Rapor
2. Curriculum vitae
3. Surat Motivasi
4. FC Sertifikat B1 atau B2
5. Formulir Pendaftaran

Langkah – Langkah untuk bisa melamar STUDIENKOLLEG :

1.KURSUS BAHASA JERMAN
2.Memilih Jurusan, Melengkapi Syarat dan Mendaftar
3.Menunggu Hasil dan Mencari Tempat Tinggal
4.Mencari Tempat Kursus Level B2
5.Membuat Rekening Sperrkonto
6.Membuat Visa

Saat Setelah kamu melamar ke universitas yang kamu inginkan di Negara Jerman dan kamu mendapatkan undangan untuk mengikuti Studienkolleg, maka dari pihak Studienkolleg akan memberikan kamu surat panggilan untuk melakukan ujian masuk yang biasa disebut dengan ‘Aufnahmeprüfung’, lewat Visa ini, kamu dapat membuat visa studi di Jerman. Setelah kamu melakukan ujian, kamu akan dirangkul terlebih dahulu agar lebih mengetahu informasi saat di jerman, jadi tidak bisa langsung mengikuti Studienkolleg. Kamu akan masuk ke waiting list. Ketika kamu dalam waktu itu sudah masuk dalam waiting list dan masih belum mendapatkan tempat, jangan khawatir apalagi panik, karena kamu akan mendapatkan tempat di semester berikutnya, jadi lebih baik perdalam bahasa jerman kamu lagi. Peraturan ini diberlakukan karena memang tempat atau kuota untuk Studienkolleg itu terbatas.

Mengapa Memilih Avana Education ?

Avana Education adalah Lembaga Pendidikan Yang Berfokus Terhadap Pendidikan Ke Eropa, Avana Education bisa Membantu Secara Mandiri kamu untuk mempersiapkan langkahmu untuk menggapai mimpi di eropa.

Avana Education Menyiapkan kamu dengan belajar bahasa Jerman, France, Norway, kamu akan di ajar kan oleh guru-guru yang handal agar kamu bisa menguasai bahasa negara yang ingin kamu tuju di eropa

Avana juga memberikan Tips and Trick untuk Siswa nya Seperti TIPS lolos STUDIENKOLLEG

Avana Education juga adalah Lembaga Pendidikan yang bisa mengirim Siswanya Untuk Studi dan Kerja di Eropa Tanpa Agen, So jadi buat kalian Cek website nya untuk lebih mengetahu informasinya

× How can I help you?