jasa backlink ac.id Edukasi Android Belajar Trading Buzzer Cekresi Coworking cyber duniagames forex inspirasi investasi kerja komputer kredit kursus marketing motivasi pajak redaksi reksadana saham server service software sosial media umkm update vlog Website yandex nusa penida Kursus ACT Jakarta? AvanaEducation Pilihan Terbaiknya

Kursus ACT Jakarta? AvanaEducation Pilihan Terbaiknya – Tingginya minat generasi muda untuk melanjutkan studi pendidikan tingginya di luar negeri membuat banyak lembaga kursus membuka program intensif untuk mempersiapkan tes standarisasi.

Kini dengan mudah kamu temui kursus ACT, SAT, TOEFL, GMAT, IELTS, dan masih banyak lagi.

Masing-masing jenis tes tersebut memiliki fungsinya tersendiri. Beberapa diantaranya berfungsi untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris. Sebagian yang lain bertujuan untuk menguji pengetahuan umum calon mahasiswa. Lalu, apa itu tes ACT dan apa fungsinya?

Pengertian dan Fungsi American College Testing 

pengertian

American College Testing atau ACT merupakan tes yang berguna untuk mengukur kemampuan calon mahasiswa yang ingin masuk jenjang pendidikan sarjana di Amerika Serikat. 

Tes ini terbuka secara umum, untuk warga negara Amerika maupun mancanegara dengan syarat telah menyelesaikan pendidikan SMA/sederajat dan memiliki kemampuan berbahasa Inggris dalam level intermediate.

Meskipun kamu telah lulus beberapa tahun silam atau gap year selama beberapa tahun, kamu tetap bisa mengikuti ACT.

Yang terpenting, kamu telah menguasai bahasa Inggris sesuai dengan tingkatan yang dipersyaratkan.

Sertifikat ACT yang kamu dapatkan setelah mengikuti tes inilah yang akan digunakan untuk mendaftarkan diri ke universitas. Kamu bisa mendaftar ke ratusan universitas yang ada di Benua Amerika dan beberapa universitas lain di luar Amerika.

Apa yang Harus Dipersiapkan?

Kemampuan yang diujikan dalam ACT adalah bahasa Inggris (writing & reading), matematika, dan sains.

Tiga materi ini wajib kamu kuasai sebelum mengikuti tes ACT. Tentunya, persiapan yang matang harus dilakukan agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Tidak hanya itu, kamu juga membutuhkan strategi agar bisa menyelesaikan setiap soal dengan baik. Namun, menyusun strategi bukanlah hal yang mudah, kan? Apalagi jika ini menjadi kali pertama kamu mengikuti tes semacam ini.

Lalu, apa yang harus kamu lakukan? Untuk membuat proses persiapan kamu lebih mudah dan terarah, bergabung dengan kursus ACT merupakan langkah yang paling tepat.

Akan tetapi, kamu harus waspada di tengah banyaknya lembaga kursus yang membuka kelas persiapan ACT. Pilihlah lembaga kursus yang berkualitas, dengan kredibilitas yang sudah teruji.

Bagaimana Menilai Lembaga Kursus yang Baik?

Bagaimana Menilai

Berikut ini merupakan syarat lembaga kursus ACT dapat dikatakan baik. Jadikan 3 poin ini sebagai bahan rujukan kamu dalam memilih tempat kursus ACT. 

  • Memberikan Latihan Soal

Salah satu strategi yang bisa kamu lakukan dalam mempersiapkan tes ACT adalah mengerjakan soal sebanyak mungkin.

Lembaga kursus yang baik adalah yang membagikan banyak latihan soal kepada peserta didiknya. Mengapa demikian?

Semakin banyak kamu mengerjakan latihan soal, maka semakin terbiasa kamu dalam menghadapi soal-soal yang nantinya akan keluar dalam tes. Format soal umumnya tidak berubah dari tahun ke tahun. Perubahan hanya terletak pada topik atau angka.

Hal ini akan memudahkan kamu dalam menyusun strategi tentang bagaimana cara memecahkan soal matematika, tips dan trik memahami teks pada soal reading, serta cara tepat untuk menyelesaikan soal-soal sains.

Akan lebih baik jika kamu mengerjakan latihan soal setiap menyelesaikan satu bab. Hal tersebut dapat berguna untuk menguji pemahaman kamu mengenai bab yang telah kamu pelajari. 

Ingatlah pepatah yang mengatakan bahwa “practice makes perfect”. Tidak ada yang lebih baik dari mengerjakan latihan soal dalam mengejar skor tinggi saat tes standarisasi, apapun jenisnya.

Buat seluruh tubuhmu serta otakmu mengenal bentuk-bentuk soal dan tahapan menyelesaikan soal-soal tersebut. Alhasil, kamu tidak akan kesulitan atau bingung saat menghadapi tes ACT.

Pilihlah lembaga kursus yang tidak pernah kehabisan latihan soal saat kamu membutuhkan.

Tidak hanya itu, tutor yang dimiliki suatu lembaga kursus juga harus terbuka untuk diajak berdiskusi ketika peserta didiknya kesulitan dalam menyelesaikan sebuah soal.

  • Kelas yang Menarik dan Fleksibel

Ribuan latihan soal yang kamu kerjakan selama berbulan-bulan akan terbuang sia-sia jika tidak diikuti dengan proses pembelajaran yang menarik. Peran tutor sangat penting dalam membangun kelas yang interaktif dan menarik untuk semua peserta.

Jika diberi pilihan untuk mengikuti kelas dengan tutor yang asik dan tutor yang pasif, manakah yang akan kamu pilih? Tentunya kelas bersama tutor yang asik, bukan? 

Karena dengan begitu, kamu tidak akan bosan mendengarkan materi yang disampaikan oleh tutor.

Terlebih lagi, kursus ACT tidaklah gratis. Ada biaya yang harus dikeluarkan demi mendapatkan ilmu dari tempat kursus. Sudah pasti kamu ingin mendapat pemahaman yang maksimal, betul tidak?

Selain kelas yang menarik, salah satu aspek yang perlu diperhatikan dalam memilih tempat kursus ACT adalah fleksibilitas waktu. Pelajar yang mengikuti kursus persiapan ini bukanlah orang yang punya banyak waktu luang.

Mereka harus mendatangi tempat kursus di tengah kesibukannya bersekolah. Begitu pun dengan mereka yang gap year, juga tidak semata-mata menganggur di rumah tanpa aktivitas lain.

Jadi, pastikan tempat kursus yang kamu datangi memberi kebebasan untuk menyusun jadwal secara mandiri. Kursus ACT yang baik akan mempertimbangkan kesibukanmu dan tidak memaksakan kamu untuk hadir di hari yang sudah mereka tetapkan.

  • Mengetahui Kelebihan dan Kelemahan Peserta

Suatu lembaga akan mendapatkan poin plus ketika mereka menawarkan sesi konsultasi untuk mendukung proses belajar peserta agar jauh lebih nyaman dan sesuai dengan tujuan mereka.

Biasanya, pada saat registrasi atau proses pendaftaran, peserta akan diminta untuk mengisi suatu formulir berisikan biodata, tes minat bakat, hingga tes psikologis untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan peserta.

Perihal minat bakat serta kelebihan dan kelemahan siswa ini dapat didiskusikan oleh kedua belah pihak, yakni konselor dan peserta. Hasilnya, tutor bisa menyesuaikan bagaimana langkah yang tepat dalam mendidik peserta.

Mengetahui kelebihan dan kelemahan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan potensi dan pemahaman mengenai suatu materi. Dengan begitu, peserta juga dapat mengerti apa yang harus diperbaiki dan ditingkatkan.

Seseorang yang hanya fokus belajar tanpa mengetahui titik lemah dan kelebihannya akan kalah dengan mereka yang meningkatkan kelebihan dan memperbaiki kekurangannya.

Jika kelebihan dan kelemahan ini dapat diketahui sejak awal, maka peserta bersama dengan konselor atau tutor dapat menyusun strategi untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Jika kamu tertarik untuk mengikuti kursus ACT, bergabunglah dengan Avana Education. Tiga poin di atas akan kamu dapatkan di Avana Education.

Bahkan lebih dari itu. Avana Education menawarkan harga yang bersaing dengan kualitas terbaik dibandingkan dengan tempat kursus manapun di Indonesia.

Ditambah dengan fasilitas dan layanan konsultasi yang tidak akan pernah mengecewakanmu. Bersama para konselor, kamu bisa mendapat solusi dari setiap permasalahan yang kamu hadapi selama mempersiapkan ACT.

Jangan terlalu lama menunda! Raihlah mimpimu untuk kuliah di Amerika bersama Avana Education. Segera lakukan pendaftaran dengan mengisi form yang tersedia pada laman ini atau dengan mengunjungi website kami di Avanaeducation.com untuk informasi selengkapnya.

×

Choose One Of Our Team Members

Avana Would Like To Understand How We Could Help You As Best We Could

×