Whatsapp / Hotline : ‎0811 9690 4000

GRE ( Graduate Records Examination )GRE merupakan salah satu tes yang harus kamu persiapkan saat hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang pascasarjana ke luar negeri. Sebagai salah satu syarat wajib dari pihak universitas luar negeri untuk mengukur kecakapan calon mahasiswa yang ingin masuk ke universitas impiannya.

Untuk Informasi lebih lengkapnya bisa isi Biodata Kamu Di sini

Jika kamu tertarik untuk sekolah ke luar negeri, maka mau tidak mau harus mengikuti tes yang satu ini. Terutama ketika sedang menginginkan gelar, PhD, MBA maupun Master, karena tes ini akan menambah poin ekstra untuk aplikasi yang kamu ajukan.

Pengertian dan Penjelasan GRE

Masih ada banyak lagi manfaat dan kegunaan tes ini dalam rangka persiapan belajar di negeri orang. Karena hasilnya yang sudah terakui secara global di hampir semua negara. Sehingga akan membantu evaluasi mengenai kemampuan yang kamu miliki agar mendapatkan pengakuan dengan lebih mudah.

Tes ini tidak hanya kamu perlukan saat kamu ingin melanjutkan kuliah ke Amerika Serikat ataupun ke Kanada. Karena standarisasinya telah terakui di berbagai negara lainnya seperti Jerman dan Inggris. Maka memiliki sertifikat GRE dengan skor yang baik akan membuat kehidupan di negeri orang menjadi lebih lancar.

kursus GRE Jakarta

Graduate Records Examination atau GRE ini merupakan syarat wajib yang dari Carnegie Foundation for the Advancement of Teaching (CFAT). Khusus hadir sebagai tes yang sudah terstandarisasi untuk masuk ke program pasca sarjana dan bisnis pada tahun 1936.

Tes ini sudah berlangsung selama puluhan tahun dan tetap berjalan sampai sekarang. Namun sekarang lembaga yang membawahinya bukan lagi CFAT melainkan di bawah pengawasan administrasi Educational Testing Service atau ETS.

Tujuan Utama

GRE bertujuan untuk menguji kualifikasi dari para calon mahasiswa dengan penalaran verbal, penalaran kuantitatif dan penulisan analitis yang memiliki masa berlaku 5 tahun.  Tes ini sangat menarik karena menawarkan fleksibilitas bagi siswa internasional.

Para calon mahasiswa yang mengikuti ujian ini, dapat memilih nilai yang mana saja yang akan dikirimkan ke universitas yang dituju. Sehingga bagi nilai yang kurang boleh mengulang untuk mengikuti ujian lagi sampai mendapatkan skor paling tinggi.

Tes ini juga tidak pilih kasih karena membuka peluang bagi calon peserta dari seluruh dunia. Tanpa memandang latar belakang pendidikan, jenis kelamin, kebangsaan dan budaya. Sehingga sangat disukai kaum muda yang menghargai keragaman.

Selain memberikan perlakuan yang sama rata kepada semua orang tes ini juga memberikan perlakuan khusus untuk para penyandang disabilitas dan orang dengan gangguan kesehatan. Hampir 1200 lebih sekolah bisnis di seluruh dunia yang menerima tes ini, sehingga kamu bebas menentukan pilihan terbaik.

Tes Mata Pelajaran GRE

Tes ini sendiri merupakan sebuah tes prestasi yang bertujuan untuk mengukur kemampuan pesertanya di dalam bidang studi tertentu. Karena memang tes ini lebih menekankan pada beberapa bidang studi yang ada di dalam tes ini.

Setiap peserta yang mengikuti tes ini akan mendapatkan sebuah kesempatan untuk menunjukkan kemampuannya yang lebih baik dan lebih kompeten dari para pelamar. Baik saat akan mendaftarkan diri ke sebuah universitas bergengsi untuk mengikuti program pascasarjana, maupun di dunia pekerjaan.

Tak hanya itu saja, cara ini merupakan cara yang sangat pas untuk dapat mengukur kualifikasi yang kamu miliki dan menentukan strategi yang tepat untuk mencapai target yang ingin kamu capai.

GRE Tes Jakarta

Kamu juga bisa ikut berpartisipasi di dalam tes subjek apabila kamu merupakan calon mahasiswa sekolah yang ingin mengikuti program pascasarjana. Kamu hanya harus mempunyai gelar sarjana dengan latar belakang yang luas pada beberapa bidang studi yang masuk di dalam tes.

Berikut ini adalah mata pelajaran yang termasuk di dalam tes, adalah:

  1. Literatur Inggris
  2. Matematika
  3. Fisika
  4. Kimia
  5. Biologi
  6. Psikologi

Salah satu hal yang wajib kamu ketahui adalah bahwa tes mata pelajaran yang ada pada tes ini akan dapat memudahkan kamu untuk lolos di ribuan institusi yang ada di seluruh dunia. Selain itu tes ini juga bisa membantu kamu dalam melengkapi surat rekomendasi maupun catatan sarjana pada saat akan melamar sekolah dengan mengambil program pascasarjana termasuk MBA.

Prosedur Mengikuti Tesnya

Tes GRE sendiri tidak hanya familiar di antara calon mahasiswa yang hendak melanjutkan studi ke Amerika Serikat saja. Namun juga diminati oleh ribuan peserta dari 160 lebih negara yang ada di seluruh dunia. Dilihat dari statistik Volume Tes Umum menurut Negara dalam sepuluh tahun terakhir.

Meskipun tes ini dapat diulang sesering mungkin sampai mendapatkan skor yang diinginkan. Namun khusus untuk negara Korea, China, Taiwan dan Hongkong hanya diadakan tiga kali tiap bulannya. Kamu dapat mencari informasi lokasi paling dekat dengan tempat tinggalmu terlebih dahulu.

Yang tak boleh dilupakan adalah harus membuat akun dahulu melalui Educational Testing Service online untuk mendaftar. Kemudian dilanjutkan dengan menentukan pilihan Tes Mata Pelajaran GRE yang ingin diikuti. Di internet tersedia lebih dari 1000 pusat tes online yang dapat digunakan dengan mudah.

Melakukan tes secara online ini cukup baik untuk peserta yang posisinya cukup jauh dari tempat tinggalnya. Namun sayangnya untuk peserta dari Cina daratan dan Iran tidak mendapatkan fasilitas ini.

Beberapa Komponen yang Ada Dalam Ujian GRE

Pada umumnya tes ini menggunakan komputer, namun ketika tidak dapat dilakukan secara online bisa juga dengan menggunakan kertas. Pertanyaan yang diujikan di dalam ujian ini menggambarkan kemampuan apa yang harus dimiliki agar dapat diterima di universitas impian.

Dengan durasi tes 3 jam 45 menit kamu dapat memilih pertanyaan mana yang hendak dijawab terlebih dahulu. Beberapa komponen yang biasanya diujikan di dalam tes ini antara lain adalah:

  •     Dengan Penulisan yang Analitis

Bagian ini menguji kemampuan peserta untuk memberikan terhadap ide dengan argumentasi yang baik. Mempertimbangkan klaim dan mempertahankan argumen yang sudah terbentuk. Kemudian mengungkapkan ide dan konsep dengan kompleks dan mudah dimengerti.

Pada kesempatan yang baik ini tunjukkan kemampuan terbaikmu dalam menulis kalimat berbahasa Inggris. Agar jawaban yang diberikan bisa lebih fokus kepada tugas yang sudah diberikan. Yakni menganalisis tugas masalah dan juga menganalisis tugas argument.

GRE tes Indonesia

Tugas ini juga mengukur kecakapan peserta dalam berfikir secara kritis saat menghadapi masalah tertentu. Berikan jawaban yang mewakili pemikiran pribadimu mengenai topik yang tengah diangkat. Analisalah dari berbagai sudut sesuai dengan instruksi agar tidak melakukan kesalahan yang tidak penting.

Biasanya peserta akan diberi karya tulis mengenai klaim tertentu dengan argumen dari penulis. Kemudian peserta harus mampu memeriksa secara kritis mengenai koherensi klaim dari penulis. Kamu harus menyelesaikan dua tugas dalam waktu 60 menit saja.

  •     Dengan Penalaran yang Verbal

Bagian ini akan meliputi dua sub-bagian dengan 20 pertanyaan bagi tiap bagian. Fungsinya adalah untuk menilai kecakapan peserta dalam memilih poin  yang paling penting dari teks yang ada pada soal. Peserta harus dapat memahami arti kata, kalimat, dan teks serta meringkasnya sembari membedakan hubungannya.

Pada umumnya penalaran verbal ini memiliki tiga pertanyaan yang diberikan. Pertanyaan ini meliputi pemahaman bacaan, penyelesaian teks, dan kesetaraan kalimat

  •     Penalaran Kuantitatif

Penalaran kuantitatif ini berguna untuk mengukur kecakapan peserta dalam menafsirkan dan menganalisa informasi kuantitatif yang kamu terima. Juga menguji dalam bidang geometri, aljabar, analisis dara dan memecahkan berbagai masalah dengan bantuan matematika.

Biasanya peserta boleh menggunakan kalkulator yang tersedia di layar pada saat ujian. Memiliki empat sub bagian, yakni pertanyaan dengan pilihan ganda, pertanyaan dengan perbandingan kuantitatif, pertanyaan dengan entri numeric dan kumpulan interpretasi data yang tersaji dalam bentuk tabel dan grafik.

3 Cara Terbaik Untuk Meraih Skor GRE yang Tinggi

Setiap sekolah mempunyai standarisasi yang berbeda untuk skor GRE yang sebagai persyaratannya. Namun biasanya berada di kisaran 130 sampai 170 pada setiap bagiannya. Meskipun setiap nilai akan mendapatkan ulasan dengan detail dengan cara yang berbeda. Namun skor tersebut sangatlah tinggi karena soal yang tersedia cukup sulit.

Pada umumnya peserta memiliki cara dan trik tersendiri untuk mengejar skor tinggi yang mereka inginkannya. Beberapa trik yang dapat kamu coba pakai adalah sebagai berikut:

  • Dengan Memulai Mempraktekan Terlebih Dahulu

Trik yang pertama adalah mencoba berbagai uji coba GRE test yang ada di wilayah paling dekat dengan tempat tinggal. Agar lebih mudah kamu bisa mengikuti kursus persiapan dan mendapatkan informasi dari tempat kursus tersebut.

Setelah mencoba beberapa kali, kamu bisa mempelajari dengan baik. Kira-kira berapa skor yang kamu perlukan di tiap bagian. Sehingga dapat membuat target skor yang ingin kamu dapatkan sesuai persyaratan  untuk diterima di universitas impian.

  •     Menyiapkan Jadwal Belajar Dengan Baik

Cara yang kedua adalah mengatur waktu belajar seefektif mungkin. Selagi ada kesempatan untuk belajar, memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin. Bisa setiap minggu, setiap hari ataupun setiap jam, agar dapat mencapai target yang sudah kamu tentukan.

Biasanya tempat kursus juga menyediakan waktu pelatihan sesuai dengan keinginan peserta. Bisa kursus selama beberapa hari seminggu atau bahkan setiap hari agar lebih maksimal. Belajar teori kemudian mempraktekkannya secara rutin akan membuatmu menjadi semakin piawai.

  •     Menguasai Soal Hitung-hitungan

Menguasai soal hitungan adalah salah satu trik yang paling jitu, seperti menghafalkan rumus aljabar, aritmatika, analisis data dan geometri. Pelajaran yang biasa hadir dalam pelajaran matematika SMA, karena banyak soal menggunakan data analisis dari diagram.

Tempat kursus GRE terbaik di Jakarta

3 trik jitu tadi dapat kamu manfaatkan sebagai acuan saat mengikuti tes ini agar mendapatkan skor yang tinggi. Berlatih dengan sungguh-sungguh akan membuatmu meraih nilai yang cukup memuaskan dan mengurangi waktu yang terbuang untuk mengulang.

Berapakah Skor GRE yang bagus?

Jika kita lihat secara umum maka skor yang terbilang sebagai skor bagus atau skor rata rata adalah:

  • Pada tes penalaran kuantitatif maka skor rata rata adalah sebesar 153,39.
  • Sedangkan pada tes penalaran verbal skor rata ratanya adalah 150,37.
  • Lalu yang terakhir pada tes penulisan analisis skor rata ratanya adalah 3,58.

Berdasarkan perhitungan yang ada di atas maka skor rata rata atau skor yang bagus adalah 318 keatas, skor ini sudah sangat bagus bagi peserta yang mendapatkannya. Namun jika kamu hanya mendapatkan skor 292 atau kurang dari itu. Maka kamu harus lebih berusaha lagi pada tes berikutnya. Karena skor tersebut merupakan nilai terendah.

Informasi terkini mengenai tes GRE ini dapat kamu ketahui dengan berbagai macam cara. Bisa melalui webinar, akun resmi di media sosial dan lain sebagainya. Ikuti semua akun resminya untuk mendapatkan informasi terkini.

Rekomendasi Kursus GRE di Jakarta

Tempat kursus GRE terbaik di Jakarta salah satunya ialah di AVANA EDUCATION. Dengan materi pembahasan yang lengkap dan guru yang profesional akan membantu kamu dalam memahami setiap soal tes GRE yang akan kamu hadapi.

Ditunjang dengan fasilitas dan kelas yang nyaman tentunya hal ini akan sangat membantu proses belajar menjadi lebih semangat. Biaya kursus GRE di Jakarta cukup terjangkau dan sangat worthed untuk kamu dengan segala fasilitas dan pelayanannya.

kursus GRE terbaik di Jakarta ini sangat fleksible, karena bisa menyesuaikan kapan kamu ingin memulai belajar. Bisa dengan cara zoom ataupun hadir di tempat les.

Semua bisa disesuaikan selama kamu mengambil paket privat. Untuk informasi lebih lanjut dapat mengisi form yang disediakan, dengan begitu tim kami akan menghubungi kamu segera mungkin.

Simak juga kursus IELTS dan TOEFL untuk kamu yang ingin mendapatkan skor terbaik dan untuk informasi selengkapnya bisa isi data di atas ini.

× Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday