jasa backlink ac.id Edukasi Android Belajar Trading Buzzer Cekresi Coworking cyber duniagames forex inspirasi investasi kerja komputer kredit kursus marketing motivasi pajak redaksi reksadana saham server service software sosial media umkm update vlog Website yandex nusa penida 4 Manfaat Mengikuti Les PSAT Prep Jakarta

Preliminary Scholastic Aptitude Test atau PSAT tidak hanya berlaku untuk pelajar Amerika saja. Saat ini, PSAT telah diperuntukkan secara global, termasuk pelajar Indonesia. Oleh sebab itu, les PSAT prep Jakarta sudah mulai menjamur dan menjadi pilihan pelajar Indonesia.

Sudahkah kamu tahu mengenai PSAT? Sesuai dengan namanya yang menggunakan kata preliminary yang dalam bahasa Indonesia berarti pendahulu atau lebih dulu. Artinya, PSAT ini sebagai bahan latihan sebelum mengikuti tes SAT.

 

 

 

Perbedaan PSAT dan SAT

Baik PSAT ataupun SAT bertujuan menguji kemampuan seseorang apakah layak untuk masuk jenjang S1 atau tidak. Hasil tes SAT dan PSAT juga bisa menjadi poin plus jika ingin mendaftar beasiswa.

Perbedaan antara SAT dan PSAT adalah untuk kamu yang mengikuti tes SAT dan mendapat skor sesuai standar minimal, maka kamu sudah dapat dikatakan seleksi administrasi atau dokumen.

Berbeda dengan pelajar yang mengikuti tes PSAT dimana mereka menjadikan tes tersebut hanya sebagai media uji coba atau latihan. Jadi, hasil yang diperoleh hanya berfungsi sebagai bahan evaluasi agar lebih maksimal saat tes SAT.

Pengecualian untuk PSAT/NMSQT dimana peserta dengan skor tertinggi akan berkesempatan mendapatkan Beasiswa Merit Nasional jika didukung kualifikasi lainnya.

Pentingnya Les PSAT Prep

Tes SAT sendiri sudah diterima secara global oleh universitas-universitas yang terletak di negara berbahasa Inggris, seperti Amerika. Dengan begitu, setiap calon pendaftar harus sudah mempersiapkan hasil tes SAT mereka untuk menjadi dokumen pendukung saat pendaftaran.

SAT berbeda dengan TOEFL dan IELTS yang hanya menguji kemampuan bahasa Inggris berupa reading, writing, speaking, dan listening. Dalam tes SAT, kemampuan yang diuji adalah reading, writing and language, dan math. 

Hal yang sama juga diterapkan dalam PSAT, sebagai miniatur dari SAT. Bentuk soal dan format telah disesuaikan sedemikian rupa semirip mungkin dengan SAT agar para pelajar tidak kaget saat menghadapi tes SAT yang sebenarnya.

Dengan demikian, berarti bahwa kamu tidak bisa main-main dengan PSAT hanya karena PSAT merupakan bahan latihan. Kamu perlu menyiapkan diri agar bisa menguasai soal-soal PSAT. Jika kamu mengambil PSAT/NMSQT juga bisa berkesempatan mendapat beasiswa kan?

Untuk itu, PSAT prep atau persiapan tes harus kamu lakukan. Persiapan bisa kamu lakukan secara mandiri atau dengan mengikuti les PSAT prep Jakarta bersama Avana Education. Tapi, mengapa PSAT prep begitu penting hingga membutuhkan les?

Standar PSAT tidak setara dengan Ujian Nasional atau UN yang ada di Indonesia, melainkan setara dengan ujian tingkat nasional yang ada di Amerika atau Kanada. Dari segi bahasa saja sudah berbeda dan kamu sebagai pelajar Indonesia harus bisa menguasai bahasa Inggris terlebih dahulu.

Hal inilah yang membuat PSAT harus dipersiapkan lebih matang karena bentuk soal juga pastinya berbeda dengan soal-soal yang sering kamu jumpai di Indonesia. Saingan kamu juga bukan hanya pelajar Indonesia, tetapi seluruh pelajar yang ada di berbagai penjuru dunia. 

Manfaat Mengikuti Les PSAT Prep 

Sebagai pelajar Indonesia yang ingin meraih skor tinggi saat PSAT, sangat direkomendasikan untuk mengikuti les PSAT prep Jakarta. Berikut beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan jika mengikuti les PSAT prep Jakarta.

1. Persiapan Mental

Mengingat jumlah saingan yang begitu tinggi, mental merupakan modal kuat yang harus dipersiapkan. Mental adalah sumber terbentuknya kepercayaan diri untuk bisa menyelesaikan soal dengan baik.

Tanpa kepercayaan diri, kamu akan meragukan setiap jawaban yang kamu pilih dan tuliskan dalam lembar jawab. Di sinilah peran les PSAT prep dibutuhkan. Untuk memupuk mental dan kepercayaan diri kamu sebagai peserta ujian.

Tenaga pengajar yang dimiliki Avana Education akan selalu membimbingmu untuk percaya pada kemampuan diri. Para konselor juga akan selalu mendukungmu apabila kamu kehilangan motivasi dan semangat untuk belajar.

Secara perlahan mental akan terpupuk dan kepercayaan diri akan terbentuk dengan mengikuti les PSAT prep Jakarta bersama Avana Education.

2. Membantu Meningkatkan Skill Bahasa Inggris

Seperti yang sudah disinggung pada bagian sebelumnya bahwa standar PSAT adalah ujian tingkat nasional yang ada di Amerika Serikat dan Kanada. Dalam hal ini, soal-soal akan disajikan dalam bahasa Inggris.

Oleh sebab itu, bahasa Inggris sudah harus kamu kuasai agar bisa menjawab soal-soal yang disajikan. Terdapat 3 materi utama yang harus kamu hadapi, yaitu reading, writing and language, dan matematika.

Ketiganya akan menyajikan soal dan teks bacaan dalam bahasa Inggris, begitupun dengan soal-soal matematika. Dengan bergabung bersama Avana Education, bahasa Inggris akan menjadi modal selanjutnya yang akan kamu miliki setelah mentalmu siap.

Metode belajar yang unik tidak akan membuatmu jenuh untuk memperdalam skill berbahasa Inggris kamu. Belajar menyenangkan, pemahaman terpuaskan.

3. Banyak Latihan Soal

Selain memberikan materi pembelajaran, sebagai les PSAT prep Jakarta, Avana Education juga memfasilitasi setiap pesertanya latihan-latihan soal agar peserta dapat membiasakan diri menghadapi bentuk dan format soal yang tidak familiar.

Dengan memperbanyak latihan soal, peserta akan dapat mengenal pola-pola soal yang  ada dalam PSAT. Alhasil, peserta akan terbiasa memecahkan soal yang dihadapinya. 

Cara ini dinilai efektif sebagai metode persiapan ujian. Terbukti banyak diterapkan untuk tes atau ujian lainnya, seperti TOEFL, IELTS, SAT, dan lain sebagainya. Dengan latihan soal, kelebihan dan kekurangan peserta juga mampu diketahui untuk memperbaiki hasil kedepannya.

4. Tips Menyelesaikan Soal Sulit

Tidak hanya memberikan latihan soal dan menghadapkan peserta pada soal-soal rumit saja. Avana Education juga memberikan tips-tips untuk menyelesaikan soal sulit.

Manfaat yang satu ini tidak akan kamu dapatkan jika kamu belajar mandiri. Inilah keunggulan dari mengikuti les PSAT prep Jakarta dimana setiap peserta diberi keleluasaan untuk menanyakan materi yang sulit dipahami atau soal-soal yang sulit terpecahkan.

Tenaga pengajar yang profesional akan memberikan kiat-kiat manjur dalam menyelesaikan soal-soal yang dianggap rumit. Sistem pembelajaran dua arah semacam ini memungkinkan peserta untuk turut aktif dalam berdiskusi.

Hal ini bermanfaat untuk meningkatkan mental mereka agar lebih yakin dengan potensi yang mereka miliki, sehingga tidak ada lagi keraguan yang menghambat perolehan skor tinggi dalam tes PSAT.

Meskipun hanya sebagai latihan sebelum mengikuti SAT, banyak pelajar yang tetap ingin mendapatkan skor maksimal saat PSAT. Bahkan bagi mereka yang mengambil PSAT/NMSQT, skor tertinggi tetaplah menjadi impian mereka agar bisa mendapatkan beasiswa.

Sebab itulah les PSAT prep Jakarta hadir untuk mendukung persiapan pelajar-pelajar cerdas yang ada di Indonesia agar mampu bersaing dengan jutaan lawan di luar sana. Dengan manfaat yang akan didapatkan, masih ragukah kamu untuk bergabung dengan Avana Education?

Tanpa berlama-lama lagi, segera daftarkan dirimu melalui website kami di www.avanaeducation.com atau dengan mengisi form yang tersedia di bawah ini.

 

 

 

×

Choose One Of Our Team Members

Avana Would Like To Understand How We Could Help You As Best We Could

×