jasa backlink ac.id Edukasi Android Belajar Trading Buzzer Cekresi Coworking cyber duniagames forex inspirasi investasi kerja komputer kredit kursus marketing motivasi pajak redaksi reksadana saham server service software sosial media umkm update vlog Website yandex nusa penida Ikuti SSAT Test Prep dan Dapatkan Skor SSAT Tertinggi

SSAT test prep memberikan kesempatan bagi pelajar untuk bisa mempersiapkan diri sebelum mengambil SSAT yang sesungguhnya. SSAT sendiri merupakan singkatan dari Secondary School Admissions Test, suatu tes yang menjadi standar penerimaan siswa/i di sekolah.

SSAT dikelola oleh Secondary School Admission Test Board dan berlaku untuk siswa di kelas 3 sampai 11, baik sekolah dasar, menengah, maupun atas.

SSAT banyak diterapkan oleh sekolah independen atau swasta untuk menyeleksi para pendaftar berdasarkan kemampuan mereka terlepas dari apapun latar belakang mereka. Kemampuan yang diuji dalam SSAT adalah keterampilan kuantitatif (matematika), keterampilan verbal, dan membaca. 

 

 

Kemampuan yang Diujikan dalam SSAT

Pada dasarnya, terdapat 3 kemampuan yang diuji dalam SSAT, yaitu keterampilan kuantitatif atau matematika, keterampilan verbal, dan kemampuan membaca. Akan tetapi, terdapat 2 kemampuan lain yang diujikan tanpa skor dalam SSAT.

Sehingga terdapat total 5 kemampuan yang diujikan dalam SSAT. Berikut ini kami uraikan satu persatu kemampuan tersebut.

1. Quantitative/Math

Pada bagian ini, siswa akan diuji untuk mengerjakan soal-soal matematika dasar, fraksi dasar, angka lebih besar atau kurang dari, aljabar, geometri, dan analisis data.

Perbedaan kemampuan yang disajikan dalam soal, disesuaikan dengan tingkatan kelas yang diambil oleh siswa. Jadi, tidak semua siswa mendapatkan soal-soal yang disebutkan di atas.

2. Verbal

Bagian verbal terdiri atas pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan unsur kebahasaan, antara lain sinonim dan analogi dengan tingkat yang telah disesuaikan usia siswa.

Pertanyaan sinonim digunakan untuk menguji kosakata yang dimiliki oleh siswa. Sementara itu, pertanyaan analogi dalam SSAT ini berfungsi untuk mengukur kemampuan siswa dalam memadukan ide-ide secara logis.

3. Reading Comprehension

Reading comprehension atau pemahaman membaca akan menguji siswa dalam memahami sebuah teks bacaan. Siswa akan diminta untuk menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan ide pokok teks, gagasan utama teks, serta pertanyaan seputar pesan, makna, sudut pandang yang terkandung di dalam teks.

4. Writing Sample

Jika pada tiga bagian lain hasil jawaban akan mendapatkan skor, pada bagian tes menulis ini tidak ada skor yang akan didapatkan oleh siswa karena writing sample ini hanya berguna untuk mengetahui keterampilan menulis siswa.

Meski begitu, writing sample bisa dijadikan alat untuk meningkatkan peluang diterima jika tulisanmu bagus. Jenis tulisan yang diminta kepada siswa ini berbeda, tergantung tingkatan yang diambil. 

5. Experimental

Bagian experimental terdiri atas pertanyaan-pertanyaan campuran dari 3 bagian sebelumnya, yaitu kuantitatif, verbal, dan membaca. Hasil jawaban dalam bagian ini juga tidak diperhitungkan dalam skor.

 

3 Tingkatan dalam SSAT dan Hal yang Membedakannya

Secara umum, semua tingkatan yang ada dalam SSAT berbasis keterampilan yang berfungsi sebagai bahan acuan dalam sistem penerimaan untuk menilai potensi keberhasilan akademik calon siswa.

Meskipun basis yang digunakan sama, SSAT memiliki 3 tingkatan untuk membedakan kemampuan yang akan diuji kepada para siswa. Kemampuan tersebut diuji berdasarkan kelas yang akan dimasuki oleh siswa. 3 tingkatan SSAT yang dimaksud antara lain:

 

1. Tingkat Dasar

Tingkat dasar diperuntukkan bagi siswa yang duduk di kelas 3 dan 4 yang akan masuk ke kelas 4 dan 5. Tingkat dasar merupakan tingkatan yang paling singkat karena hanya membutuhkan 1 jam 50 menit.

SSAT tingkat dasar juga menjadi yang paling mudah dibandingkan dengan tingkatan SSAT lainnya karena kemampuan siswa yang duduk di kelas 3 dan 4 juga lebih terbatas. Tingkat dasar terdiri atas tiga bagian tes, yakni keterampilan kuantitatif, verbal, dan membaca, serta tes menulis. 

Pada bagian kuantitatif, soal yang disajikan berupa matematika dasar dan angka lebih besar atau kurang dari. Sementara itu, untuk bagian menulis, siswa akan diminta untuk menuliskan cerita pendek.

Selain menjadi yang paling singkat dan mudah, SSAT tingkat dasar juga merupakan yang paling murah karena biaya yang perlu dikeluarkan jauh lebih minim dibandingkan tingkatan lainnya, yaitu sebesar $80 atau setara dengan 1,2 juta rupiah.

 

2. Tingkat Menengah

Tingkat menengah terbuka untuk siswa yang duduk di kelas 5 hingga 7 yang akan mengambil kelas 6 – 8. Terdapat satu hal yang membedakan SSAT tingkat menengah dengan tingkat dasar, yaitu adanya tes eksperimental.

Bagian kuantitatif akan lebih berat dari tingkat dasar karena terdapat soal mengenai aljabar, geometri, dan analisis data. Di sisi lain, untuk tes menulis akan lebih mengasah otak karena siswa diminta untuk menuliskan sebuah esai.

 

3. Tingkat Atas

Tingkat atas ditujukan untuk siswa yang duduk di kelas 8 sampai 11 yang akan mendaftar ke kelas 9 hingga post graduate atau sebelum masuk kuliah.

Kemampuan yang diujikan dalam tingkat atas tidak jauh berbeda dengan tingkat menengah. Materi yang diujikan juga sama begitupun dengan durasi yang diberikan, yakni selama 3 jam 5 menit. 

Biaya yang harus dikeluarkan untuk mengikuti SSAT tingkat atas dan menengah juga sama, yaitu sebesar $120 atau setara dengan 1,8 juta rupiah. Perbedaan antara tingkat atas dan menengah hanya terletak pada tingkat kesulitan soalnya.

 

Apakah SSAT Test Prep Dibutuhkan?

Seperti halnya tes standarisasi lain, misal TOEFL, IELTS, LSAT, PSAT, dan sebagainya bahwa semakin familiar dengan format dan bentuk soal, maka hasil yang didapatkan akan lebih baik.

Jika siswa terbiasa mengerjakan soal-soal latihan, maka hasil atau skor yang didapatkan akan cenderung meningkat. Hal yang sama juga berlaku untuk SSAT. Mengingat bahwa SSAT ini tidak gratis, maka SSAT test prep diperlukan agar mendapatkan skor maksimal, bukan?

Avana Education sebagai lembaga penyedia les SSAT test prep Jakarta terbaik, menawarkan kelas yang menarik dan interaktif. Metode pembelajaran dilaksanakan secara dua arah dimana siswa bisa turut aktif untuk meningkatkan kepercayaan diri.

Bersama dengan para pengajar yang profesional, materi akan disampaikan dengan cara yang unik sehingga kamu akan terlepas dari rasa jenuh, bosan, dan ngantuk. Modul pembelajaran yang akan diberikan kepada setiap peserta telah disusun untuk mendukung proses belajar siswa yang efektif dan tepat sasaran.

Avana Education juga memberikan fasilitas berupa sesi konsultasi dengan para konselor yang berpengalaman menangani permasalahan peserta. Bersama konselor, kamu bisa menyelesaikan problematika yang kamu hadapi selama belajar.

Konselor juga akan memberi semacam tes singkat untuk membantu mengenali kekuatan dan kelemahanmu. Hal ini dapat membantu kamu dalam menyusun strategi dan memasang target untuk memaksimalkan hasil belajar. 

SSAT test prep bersama Avana Education akan memberimu banyak kesempatan untuk berlatih. Soal-soal latihan atau gudang soal diberikan dalam bentuk digital, sehingga memudahkan kamu untuk mengaksesnya kapan dan dimana saja.

Segera amankan skor SSAT mu dengan bergabung bersama Avana Education. Banyak tips dan trik dalam mengerjakan SSAT yang hanya akan kamu dapatkan jika bergabung dengan SSAT test prep Avana Education.

Kunjungi website kami di www.avanaeducation.com atau dengan mengisi form yang tersedia pada laman ini untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai program SSAT test prep yang kami tawarkan.

 

 

×

Choose One Of Our Team Members

Avana Would Like To Understand How We Could Help You As Best We Could

×