Keuntungan studi ke luar negeri

Tidak sedikit masyarakat yang ingin melanjutkan studinya ke luar negeri. Berbagai macam lembaga pendidikan pun banyak sekali yang menawarkan fasilitas untuk membantu masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikannya ke luar negeri.

Memahami budaya negara tujuan

Keuntungan yang didapatkan pun tidak sedikit. Semisal, murid akan terbiasa untuk memahami budaya luar. Sikap toleransi pun menjadi lebih terlatih dikarenakan adanya heterogenitas.

Menambah relasi

Yang kedua, murid akan mendapatkan relasi dari berbagai macam negara. Tentu saja, di luar negeri kita akan mendapatkan relasi yang lebih beragam. Hal tersebut akan sangat menguntungkan untuk prospek kerja kedepan.

Mengasah kemampuan bahasa asing

Bukan hanya sampai disitu saja, bahasa yang berbeda memberikan tantangan untuk setiap murid yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri. Dengan begitu kamu memiliki nilai tambah sebagai seorang murid karena dapat menguasai bahasa asing.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa menguasai bahasa asing sangat penting. Terutama bahasa Inggris.

Bahasa Inggris saat ini sudah menjadi bahasa yang paling sering digunakan dalam dunia internasional. Maka dari itu kewajiban murid untuk menguasai bahasa asing sangat diperlukan sebagai alat komunikasi.

Mempersiapkan studi ke luar negeri

Tentunya untuk melanjutkan studi ke luar negeri perlu beberapa hal yang dipersiapkan. Dari mulai fisik sampai dengan mental.

Manfaat yang tidak sedikit menjadikan kuliah di luar negeri sebagai incaran, dengan kata lain terdapat beberapa tahapan seleksi yang perlu dipersiapkan. Lalu berbicara mengenai negara luar, tentu saja memiliki kebudayaan yang berbeda dengan negara asal.

Hal tersebut terkadang yang akan mempengaruhi mental seorang murid. Seorang murid dituntut untuk dapat beradaptasi dengan kebudayaan dan kebiasaan baru. Terlebih jauh dari keluarga dan kerabat.

Hal itu tentu saja tidak mudah. Jika tidak pandai dalam mencari kawan, kamu akan sulit untuk bertahan hidup. Maka dari itu persiapkan 10 hal ini sebelum kamu memutuskan untuk studi ke luar negeri.

Pilih kampus dan jurusan yang dituju

Melanjutkan pendidikan di luar negeri tidaklah mudah. Bahkan ada beberapa yang harus mengeluarkan ongkos pribadi yang tidak sedikit. Maka dari itu jangan sampai setelah kamu memasuki kampus dan jurusannya, kamu merasa salah jurusan dan tidak nyaman dengan lingkungan kampusnya. Pentingnya mencari informasi sebanyak-banyaknya dalam hal ini. Kamu dapat mencari informasi melalui website kampus tersebut atau bahkan media sosial.

Dapatkan beasiswa

Biaya yang dibutuhkan untuk melanjutkan studi ke luar negeri tidak sedikit. Maka dari itu akan lebih baik jika kamu dapat meringankan biaya yang dikeluarkan. Dengan berusaha mendapatkan beasiswa, tentunya biaya akan lebih murah. Saat ini sudah banyak lembaga yang menyediakan fasilitas beasiswa untuk melanjutkan studi ke luar negeri. Hal ini sangat memudahkan para murid yang ingin melanjutkan studinya ke luar negeri.

Kuasai bahasa negara yang akan dituju

Seperti yang sudah dibahas pada pembahasan sebelumnya bahwa bahasa menjadi faktor penting bahkan dapat menjadi sebuah keuntungan untuk murid yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri. Adanya perbedaan bahasa menjadi tantangan bagi kamu yang ingin studi ke luar negeri. Tentunya kamu akan berkomunikasi dengan lingkungan sekitar. Jika kamu tidak menguasai secara benar bahasa di negara yang kamu tuju maka komunikasi akan terhambat. Jika komunikasi terhambat, kamu akan kesulitan untuk menjalani kegiatan belajar mengajar di kelas atau bahkan bergaul untuk mendapatkan teman-teman baru.

Pelajari gaya hidupnya

Mempelajari gaya hidup masyarakat negara yang ingin kamu tuju terlihat sederhana, namun sebenarnya sangat penting untuk dipersiapkan. Jika kamu tidak terbiasa dengan kultur budaya negara tersebut, tentu saja kemungkinan besar akan terkejut. Atau bahkan kesulitan dalam beradaptasi di negara orang. Maka dari itu, sebelum mengunjungi negara tersebut, pentingnya mencari informasi bagaimana gaya hidup masyarakat di negara tersebut. Dengan begitu, kamu tidak akan kaget atau bahkan merasa tidak nyaman, dikarenakan kamu sudah mempersiapkan dari jauh hari.

Persiapkan dokumen

Jika kamu ingin melanjutkan studi ke luar negeri, hal yang perlu dipersiapkan selanjutnya adalah masalah dokumen. Untuk studi ke luar negeri kamu membutuhkan visa pelajar, persyaratan pendaftaran dan berkas lainnya. Jangan lupa siapkan alat pembayaran yang dipakai di negara tersebut. Cek kembali mengenai kartu pembayaran yang kamu pakai sudah berskala internasional atau belum. Jangan sampai saat sampai pada tempat destinasi negara tersebut, kamu mengalami kesulitan akses dalam pembayaran.

Membuat rencana keuangan yang tepat

Tinggal di negara orang tidaklah mudah. Terkadang, kamu harus sedikit belajar untuk mengirit agar uang jajan tidak habis di tengah bulan. Salah satu solusi yang dapat digunakan adalah dengan membuat perencanaan keuangan. Hal ini akan dirasa mudah bagi murid yang terbiasa menabung, tapi sulit bagi kamu yang masih konsumtif. Terkadang untuk menabung masih harus diingatkan oleh orang tua. Maka dari itu, mulailah membuat perencanaan keuangan. Coba untuk mencari informasi berapa rata-rata harga makanan atau biaya pokok yang harus dikeluarkan setiap bulannya. Lalu bandingkan dengan pemasukan. Kuliah di luar negeri memang bukan hanya mendapat keuntungan berupa penambahan pengetahuan, namun juga pembangunan kepribadian menjadi pribadi yang lebih tangguh dan berkarakter.

Konsultasi dengan lembaga penyalur

Seperti halnya penyedia beasiswa ke luar negeri. Untuk saat ini sudah banyak lembaga yang memfasilitasi murid untuk disalurkan studi ke luar negeri. Salah satunya studi ke Jerman. Tentu saja, negara Jerman menjadi salah satu negara incaran para murid yang ingin melanjutkan pendidikannya. Dari segi budaya, Jerman merupakan negara yang kaya akan sejarah. Hal ini tentu akan sangat memperkaya wawasan budaya, kamu. Dari segi bahasa tentu saja tidak mudah, hanya orang yang serius yang dapat berhasil memahami bahasa Jerman. Maka dari itu murid yang dapat pergi ke Jerman adalah murid-murid pilihan. Saat ini, sudah banyak lembaga konsultasi untuk membantu murid-murid mencapai cita-citanya. Semisal Virtu Education. Kamu akan mendapatkan mentor yang membantu untuk mencari informasi sebanyak mungkin.

Persiapkan mental

Tinggal di negara orang dan jauh dari keluarga bukan suatu hal yang mudah. Kamu akan dituntut untuk hidup lebih mandiri. Mengatasi setiap masalah sendiri. Tidak sedikit mahasiswa yang mengalami home sick. Tidak sedikit mahasiswa yang rindu dengan rumah, keluarga dan kerabatnya di negara asal. Hal tersebut merupakan suatu hal yang wajar. Namun, kamu harus dapat mengontrol emosi yang terdapat di dalam diri. Karena jika dibiarkan berlarut tentu akan menganggu mental dan konsentrasi belajar. Perlunya persiapan mental yang tangguh untuk merantau di negeri orang. Niat yang tangguh, persiapan yang matang dan keinginan yang kuat akan membantu dalam terbangunnya mental yang gigih.

Belajar di luar negeri itu luar biasa!

Banyaknya hal yang perlu dipersiapkan tentunya akan menjadikan kamu pribadi yang tidak biasa. Sulitnya bersaing dengan murid lainnya menjadikan dirimu adalah orang yang terpilih. Belajar jauh dari keluarga, harus mandiri dan menjadi karakter yang tangguh, akan mempersiapkan dirimu nanti ketika masuk ke dunia kerja. Seperti yang telah kita ketahui bahwa dunia pekerjaan sangat luas. Bukan hanya menuntut pintar dalam segi akademik namun juga kecerdasan karakter. Bagaimana menyelesaikan suatu masalah, cara berkomunikasi, menjalin  hubungan relasi dengan kolega.

Hal tersebut tentu saja tidak didapatkan secara resmi di kelas. Kamu sebagai murid harus inisiatif dalam mencarinya secara mandiri. Inisiatif dalam menambah nilai diri. Harus aktif untuk terus belajar hal-hal baru. Bukan hanya dalam segi akademik saja. Tentunya dengan pilihan melanjutkan studi ke luar negeri, akan membantu untuk menjadikan pribadi yang lebih unggul lagi. Dengan begitu ketika kamu memasuki dunia pekerjaan kamu sudah siap dan sudah menjadi pribadi yang lebih matang.

× How can I help you?