Bahasa merupakan sarana komunikasi yang menghubungkan antara manusia dengan manusia lainnya. Setiap Negara memiliki bahasa yang berbeda, sehingga jumlah bahasa di dunia sangat banyak dan beragam.

Seiring berkembangnya zaman, kita dituntut untuk memiliki kemampuan berbahasa asing yang bertujuan untuk menunjang berbagai aktivitas dan mempermudah kita dalam berkomunikasi dengan orang lain yang berasal dari Negara asing (Negara yang berbeda dengan kita).

Di Indonesia sendiri, mempelajari bahasa asing menjadi salah satu pelajaran wajib dalam dunia pendidikan. Mulai dari jenjang Sekolah Menengah Atas hingga jenjang perguruan tinggi, salah satunya adalah bahasa Jerman.

Mengapa Harus Kursus Bahasa Jerman ?

Melanjutkan pendidikan di luar negeri sudah menjadi impian bagi banyak orang. Jerman merupakan salah satu Negara favorit yang sering menjadi pilihan untuk melanjutkan pendidikan.

Selain kualitas pendidikannya yang bagus, peluang untuk mendapatkan pekerjaan pun juga mudah jika kita bisa memahami dan fasih dalam berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Jerman.

Mengapa Perlu Melanjutkan Studi Ke Jerman ?

Jerman sendiri merupakan salah satu Negara maju di Benua Eropa yang masyarakatnya memiliki kesejahteraan hidup yang tinggi, hal tersebut karena kebijakan Pemerintah Jerman yang sangat memperhatikan kesejahteraan rakyatnya. Oleh karena itu, kita memerlukan tenaga pengajar profesional dalam bidang ini untuk membantu kita agar memiliki kemampuan berbahasa Jerman. Salah satu caranya ialah dengan mengikuti program pembelajaran seperti kursus atau les.

Pendidikan di Jerman Gratis

Mempelajari bahasa Jerman tidak akan membuat kalian rugi loh, karena bahasa Jerman merupakan salah satu bahasa yang penting dalam komunikasi Internasional selain bahasa Inggris.

Jerman Salah Satu Negara Maju

Di Eropa, bahasa Jerman menjadi bahasa ibu yang paling luas digunakan. Bahasa Jerman menjadi bahasa ibu bagi 100 juta orang di Eropa. Memiliki kemampuan berbahasa Jerman juga dapat membuka peluang kalian untuk bisa melanjutkan pendidikan di Jerman, hal ini sangat menguntungkan kalian saat ingin menuntut ilmu di Negara tersebut.

Bahasa Jerman Mudah di Pelajari

Karena bahasa Jerman menempati kedudukan kuat dalam ilmu pengetahuan dan sastra atau dalam dunia pendidikan. Bahasa Jerman juga sebagai bahasa kebudayaan yang membuka wawasan intelektual dalam berbagai bentuk, mulai dari sastra dan musik, teater dan film, arsitektur, lukisan, seni, serta filosofi.

Peluang Karir Lulusan Jerman

Di Indonesia sendiri, banyak sekali perusahaan Jerman yang tentunya mencari pekerja yang memiliki kemampuan atau ahli berbahasa Jerman. Oleh karena itu bahasa Jerman bisa dibilang sebagai bahasa yang penting untuk perdagangan, dimana Jerman adalah Negara pengekspor utama di dunia. Jerman memiliki ekonomi yang kuat dan partner industry perdagangan paling penting bagi Indonesia di Uni Eropa.

Maka dari itulah, kalian harus memiliki kemampuan berbahasa Jerman untuk membantu kalian dalam membuka pasar baru dan sukses di dunia bisnis baik global maupun di pasar tenaga kerja Internasional, sehingga jika ahli dalam berbahasa Jerman akan meningkatkan kesempatan kalian dalam mendapatkan pekerjaan.

Mengingat bahwa Indonesia menjadi salah satu Negara tujuan wisata populer, banyak turis dari Jerman, Swiss dan Austria yang datang ke Indonesia untuk berwisata maka bahasa Jerman sangat penting untuk bidang pariwisata dan merupakan investasi yang bagus bagi industri pariwisata Indonesia.

Namun tidak perlu khawatir, saat ini tempat kursus bahasa Jerman di Indonesia sudah sangat banyak. Akan tetapi, untuk memilih tempat kursus yang nyaman dan berkualitas bukanlah hal yang mudah karena ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan.

Tips Memilih Tempat Kursus Bahasa Jerman

Beberapa hal yang harus kalian pertimbangkan dalam memilih tempat kursus antara lain, yaitu :

Cari Informasi

Sebelum memilih tempat kursus, kalian harus mencari informasi terlebih dahulu sebanyak – bayaknya mengenai tempat – tempat kursus yang lokasinya berada dekat dengan tempat tinggal kalian.

Mencari informasi bisa dilakukan dengan cara browsing melalui internet atau bisa juga mendatangi langsung tempat kursus yang ingin kalian cari tau. Kalian bisa menanyakan beberapa hal seperti fasilitas apa saja yang ditawarkan tempat kursus tersebut, karena itu adalah hal penting yang harus kalian ketahui agarkalian dapat belajar dengan nyaman.

Memilih Lokasi

Memilih lokasi juga merupakan salah satu hal paling penting yang harus kalian ketahui sebelum menetapkan tempat kursus. Letak dan akses tempat kursus harus strategis, dekat dengan rumah, sekolah, atau kampus kalian agar tidak menyulitkan kalian saat harus bolak – balik ke tempat kursus tersebut dan tidak menghambat kegiatan belajar kalian.

Biaya Kursus Bahasa Jerman

Faktor terpenting lainnya yang harus kalian pertimbangkan sebelum memilih tempat kursus adalah biaya. Pilihlah tempat kursus yang sesuai dengan keuangan kalian dan jangan memaksakan diri untuk memilih tempat kursus bahasa asing yang tidak sesuai dengan budget kalian, karena hal tersebut akan memberatkan kalian dalam hal pembayaran.

Biasanya terdapat lembaga kursus bahasa asing yang menyediakan paket program belajar yang beragam secara terpisah, harganya pun lebih murah dibandingkan dengan full course, agar dapat lebih menghemat biaya. Kalian bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan kalian juga.

Legalitas Tempat Kursus Bahasa Jerman

Saat ini, banyak sekali instansi tempat kursus bahasa asing yang berdiri tanpa adanya izin dari dinas pendidikan. Hal tersebut dapat mempengaruhi kualitas yang diberikan oleh tempat kursus itu, karena seharusnya instansi pendidikan apapun harus memiliki izin operasional.

Dalam hal ini, kalian dapat bertanya langsung kepada staff di tempat kursus yang kalian tuju dan menanyakan apakah instansi mereka sudah terdaftar secara resmi dan memiliki izin operasional dari dinas pendidikan serta tanyakan sejak kapan berdirinya instansi tersebut.

Pengajar Bahasa Jerman

Tujuan utama kalian kursus bahasa asing tentu saja ingin memiliki kemampuan berkomunikasi dan menguasai bahasa tersebut. Oleh karena itu, kalian harus mencari informasi mengenai kredibilitas tenaga pengajar yang ada di lembaga kursus yang akan kalian pilih. Biasanya yang menjadi pengajar di tempat kursus bahasa asing adalah penutur asli bahasa tersebut atau orang yang fasih berbahasa asing tersebut.

Hal ini sangat penting untuk membuat kalian mengerti dan memahami bagaimana pelafalan atau aksen, cara bicara, hingga gaya bahasanya. Sebaiknya, pastikan tenaga pengajar di tempat kursus tersebut memiliki sikap yang ramah, kompeten, dan profesional.

Pengalaman

Sudah berapa lama berdirinya suatu lembaga kursus pasti berpengaruh juga terhadap pengalaman yang mereka punya, karena semakin lama berdirinya lembaga kursus tersebut maka semakin banyak juga pengalaman yang sudah mereka miliki.

Mulai dari menghadapi banyak siswa yang berbeda dengan kelebihan dan kelemahan yang bermacam – macam, itu berarti kalian bisa leluasa untuk lebih terbuka dengan kelemahan belajar kalian dan bagaimana agar kalian dapat belajar lebih maksimal. Tetapi, bukan berarti lembaga kursus yang baru berdiri tidak lebih baik ya.

Di sisi lain, lembaga yang baru berdiri bisa saja lebih unggul karena mereka lebih berinovasi lagi dari lembaga – lembaga kursus yang sudah lama berdiri.

Native Speaker dan Speaking Focus

Hal ini merupakan salah satu kriteria penting dalam memilih lembaga kursus bahasa asing yang baik yaitu dengan mengutamakan kemampuan berbicara atau speaking focus. Biasakan untuk tidak terlalu kaku dan selalu berpatokan pada tata bahasa. Karena jika kalian terlalu berpatokan pada tata bahasa, biasanya akan membuat kalian menjadi takut untuk berbicara, entah takut salah grammarnya atau takut tidak percaya diri.

Grammar memang penting, namun akan sia – sia saja jika kalian sudah membayar mahal untuk mengikuti kursus bahasa asing tetapi tidak ada hasilnya atau tidak berani berbicara dengan bahasa tersebut. Oleh karena itu, speaking focus serta native speaker menjadi hal yang utama, sedangkan grammar dapat menyusul.

Program Unggulan Kuliah di Jerman Full Beasiswa

Program belajar juga menjadi hal yang sangat penting. Jangan sampai kalian masuk di program yang salah. Jika kalian salah memilih program, maka kalian tidak akan mendapatkan hasil apapun karena kalian berada di kelas yang programnya sama sekali bukan program yang kalian butuhkan.

Misalnya kalian ingin masuk kelas yang melatih berbicara atau percakapan, namun ternyata lembaga kursus yang kalian pilih tidak menyediakan program tersebut. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya kalian tanyakan juga mengenai daftar materi yang akan diajarkan dan bagaimana target akhir dari kelas tersebut. Jangan lupa sesuaikan juga waktu yang dibutuhkan untuk bisa menyelesaikan kelas dengan jadwal kalian.

Jadwal Belajar Ekstensif

Jika sehari – hari kalian memiliki kesibukan lain, maka kalian harus menyesuaikan jadwal kursus bahasa asing ini dengan baik. Terdapat beberapa lembaga kursus yang menyediakan kelas malam untuk para karyawan atau untuk kalian yang memiliki kesibukan lain dan hanya memiliki waktu luang di malam hari saja untuk belajar bahasa asing. Atau kalian juga bisa memilih kelas sore yang bisa diikuti setelah pulang sekolah.

Pemilihan jadwal kursus ini sangat penting untuk kalian jadikan bahan pertimbangan. Jadi, sebaiknya kalian tanyakan terlebih dahulu pilihan waktu kelas sebelum melakukan pendaftaran dan tanyakan juga apakah jam kelasnya dapat dirubah atau tidak, jika memang tidak sesuai dengan jadwal kalian.

Suasana Kelas dan Fasilitas

Untuk kalian yang memilih untuk mengikuti kelas offline atau tatap muka secara langsung, maka suasana kelas dan fasilitas dapat menjadi salah satu bahan pertimbangan kalian untuk memilih tempat kursus. Karena suasana kelas akan sangat berpengaruh terhadap kondisi para muridnya.

Alangkah baiknya jika kalian melakukan survey terlebih dahulu ke kelas – kelas di tempat kursus yang akan kalian pilih. Tipsnya yaitu periksa luas ruangan kelasnya, periksa kursinya, dan sirkulasi udaranya. Fasilitas yang lengkap dan memadai yang disediakan oleh pihak lembaga kursus tersebut dapat menjadi point plus.

Pemilihan tempat kursus bahasa Jerman yang tepat sangat berdampak pada peningkatan kemampuan kalian dalam berbahasa Jerman. Oleh karena itu, jangan sampai kalian salah memilih tempat kursus bahasa Jerman ya. Dan hal terpenting lainnya yang perlu kalian ingat bukanlah mahal atau murahnya biaya suatu tempat kursus, tetapi semangat dan tekad kalian untuk belajar itulah yang paling utama untuk mencapai kesuksesan.

Lembaga Kursus Bahasa Jerman di Jakarta – Bagi kalian yang berdomisili di Jakarta dan bingung untuk mencari tempat krsus bahasa Jerman, nah artikel ini akan memberitahu kalian salah satu lembaga kursus bahasa Jerman di Jakarta yang dikenal sebagai lembaga bantuan belajar dan tentunya sudah memiliki pengalaman banyak dalam membantu peserta didiknya untuk bisa melanjutkan pendidikan di Jerman dan juga Perancis.

Lembaga kursus tersebut bernama Avana Education atau yang biasa dikenal dengan sebutan Avana Edu. Lembaga kursus yang satu ini sudah sangat terpercaya karena telah mengetahui bagaimana seluk beluk pendidikan di Jerman.

Avana Education tidak hanya menyediakan layanan belajar bahasa Jerman saja, tetapi juga bisa menjadi penyalur ausbildung, aupair, dan Freiwlliges Soziales Jahr (FSJ) yang banyak ditempuh oleh mahasiswa lulusan sastra Jerman, sehingga kalian tidak hanya diberikan layanan belajar bahasa Jerman saja, tetapi juga konsultasi serta seminar kecil mengenai bagaimana kalian dapat hidup dengan baik ketika di Jerman dan yang paling penting adalah layanan konsultasi tersebut tidak dipungut biaya (gratis) untuk para peserta didik.

Karena pada dasarnya program yang terdapat di lembaga kursus Avana Education tersebut adalah pekerjaan, maka kalian juga bisa mencobanya jika kalian ingin memperdalam kemampuan bahasa Jerman secara langsung di Negara tersebut serta menerima gaji. Metode belajar yang diterapkan di lembaga kursus Avana Education sangatlah unik dan menyenangkan sehingga berbeda dari tempat kursus lainnya, karena mereka menerakpak prinsip untuk memelihara pemahaman yang dapat digunakan secara nyata. Metode pembelajaran tidak terlalu memfokuskan pada metode menghafal keras, tetapi mengutamakan partisipasi aktif serta pertanyaan praktis dan realistis dari para peserta didik.

Selain metode pembelajaran yang unik dan menyenangkan tersebut, bahan ajar yang diterapkan di Avana Education merupakan sesuatu yang resmo dan sudah disesuaikan dengan pemikiran masa kini di Jerman, sehingga para peserta didik akan diajarkan oleh pengajar yang memahami budaya serta tradisi dan menguasai cara pandang masyarakat modern di Jerman.

Lembaga kursus bahasa Jerman ini juga sudah menangani sangat banyak bimbingan pelajar yang siap untuk menghadapi tes ujian masuk ke Universitas di Eropa, khususnya Jerman dan Perancis, sehingga metode pembelajaran yang diterapkan akan sangat berguna bagi kalian dalam menghadapi berbagai macam tes ujian untuk masuk Universitas – Universitas yang ada di Jerman.

Untuk kalian yang level bahasa Jermannya masih rendah, tidak perlu takut ataupun khawatir karena di lembaga kursus Avana Education ini, kalian akan diajarkan dari level Nol dan kalian juga akan bisa sampai ke level yang paling tinggi yaitu B2 atau sesuai dengan level yang kalian butuhkan. Selama kalian belajar di Avana Education, kalian juga diajarkan bagaimana cara mengatur pengeluaran kalian selama di Jerman serta pemahaman mengenai bagaimana kehidupan di Jerman. Jadi, kalian sudah bisa beradaptasi dengan baik dan tidak kaget lagi dengan kehidupan di sana ketika kalian sudah memulai kuliah di Jerman.

Lembaga kursus bahasa Jerman Avana Education memiliki beberapa cabang di Jakarta, antara lain sebagai berikut :

Mega Kuningan : Bellagio Mall Lt. 1 Suite 223-224 Mega Kuningan Barat Kav. E4, Jakarta Selatan.
Customer Service : 0812 8980 0026/ (021) 300 19 979

Tanjung Duren : Jl. Tanjung Duren Raya No. 10, Jakarta Barat.
Customer Service : (021) 300 19 979

Kelapa Gading : Finland Intercultural School, Boulevard Timur Blok Nc1, No. 32, Kelapa Gading.
Customer Service : (021) 300 19 979

Pondok Indah : Metropolitan Tower FI 13, Jl. Tb Simatupang, Kav 14, Cilandak, Jakarta Selatan.
Customer Services : (021) 300 19 979

× How can I help you?