jasa backlink ac.id Edukasi Android Belajar Trading Buzzer Cekresi Coworking cyber duniagames forex inspirasi investasi kerja komputer kredit kursus marketing motivasi pajak redaksi reksadana saham server service software sosial media umkm update vlog Website yandex nusa penida Contoh Tes GMAT Indonesia dan Biayanya ? Cek di AvanaEdu

Contoh Tes GMAT Indonesia dan Berapa Biayanya ? – Kamu tentunya sudah tidak asing mendengar test IELTS dan TOEFL kan? Nah, selain dua test tadi terdapat satu test lagi yang perlu kamu ketahui yakni test GMAT. 

Graduate Management Admission Test atau biasa disebut test GMAT adalah test komputer adaptif yang menguji kemampuan akademis berbahasa Inggris. Pada test GMAT diuji beberapa kemampuan yaitu analisis, matematika, serta bahasa. 

Tujuan tes GMAT adalah untuk melatih kemampuan peserta test dalam hal critical thinking dan kemampuan problem solving. 

Test GMAT berguna bagi kamu yang ingin melanjutkan jenjang perkuliahan di luar negeri seperti Amerika dan Eropa. Test GMAT bersifat lebih rinci dan khusus bagi yang ingin melanjutkan studi tingkat magister atau doktoral di jurusan manajemen dan bisnis. 

Meskipun test GMAT memiliki fungsi yang sama dengan test lainnya yakni sebagai syarat studi di luar negeri. Nampaknya test GMAT memiliki ciri yang berbeda pada sistemasi soal. 

Soal pada tes GMAT sudah tersistem di komputer dan menyesuaikan pola jawaban berdasarkan yang diberikan pada pertanyaan sebelumnya. Contohnya saat kamu salah menjawab di soal sebelumnya, maka soal yang muncul berikutnya akan lebih mudah. 

Pahami Ragam Test GMAT

ragam

Test GMAT terbagi menjadi empat bagian, diantaranya yaitu:

Analytical Writing Assessment Test

Sesuai dengan namanya, bahwa test ini akan menguji keahlian kamu dalam menulis, menjabarkan gagasan, hingga menyampaikan pendapat maupun saran. 

Pada bagian ini, kamu akan ditugaskan menulis essay. Pada essay tersebut harus berisi analisis, memberi kritik, dan pendapat pribadi tentang suatu isu. 

Integrated Reasoning Test

Pada test ini kamu akan diuji terkait menganalisa data melalui dalam grafik maupun tabel. Test ini akan menilai bagaimana cara kamu membaca, memahami, hingga menganalisis. Jika kamu dapat melakukannya akan berdampak baik pada nilaimu di sesi ini. 

Quantitative Test

Soal test yang ketiga yakni kuantitatif akan berhubungan dengan matematika. Materinya mencakup matematika dasar yakni aljabar, aritmatika, hingga geometri. 

Pada test akan memiliki dua cabang pertanyaan seperti data sufficiency dan problem solving. 

Pertanyaan terkait data sufficiency terdapat bermacam data dan informasi yang saling terhubung. Di sini kamu akan ditugaskan menentukan informasi yang relevan dan mana yang tidak relevan. 

Pertanyaan kedua yaitu problem solving akan mengharuskan kamu menentukan jawaban dalam bentuk pilihan ganda. Pastinya tetap berhubungan dengan matematika. 

Verbal Test

Pada model soal yang keempat yakni akan menguji kamu dalam berbahasa Inggris. Pada test ini terbagi menjadi tiga ragam pertanyaan, antara lain:

Critical reasoning akan menguji kamu untuk bisa berargumentasi dalam bentuk tulisan. Sebelum melakukan test ini, ada baiknya jika kamu memahami struktur kalimat serta sebab akibat keterkaitan antar kalimat. 

Senence correction akan menguji wawasan kamu terhadap kosakata untuk menggunakan kata ganti yang tepat sesuai konteks yang ada. 

Reading comprehension pada tahap ini kamu akan diuji kemampuan dalam menentukan topik utama dalam tulisan ilmiah. 

Spesifikasi Penilaian Tes GMAT

Test GMAT memiliki empat ragam test. Masing-masing jenis test memiliki penilaian yang berbeda.

Pada analytical writing test kamu harus mampu menyelesaikan satu tulisan essay selama 30 menit. Perkiraan skor yang akan diperoleh sekitar 0 hingga 6 poin dilihat dari kualitas essaymu.

Integrated reasoning test terdiri dari 12 pertanyaan yang harus selesai dijawab dalam waktu 30 menit. Setelah selesai, kamu akan mendapat nilai antara 1 hingga 8 poin. 

Untuk bagian quantitative reasoning test, kamu perlu menjawab 31 pertanyaan dengan batas waktu 62 menit. Untuk poin yang didapat nanti berkisar 6 hingga 51 poin. 

Terakhir, verbal reasoning test yang terdiri dari 36 pertanyaan dengan waktu mengerjakan selama 65 menit. Kisaran poin yang didapat sama seperti quantitative test yakni 6 hingga 51 poin. 

Skor GMAT memiliki skala penilaian keseluruhan mulai dari 200 hingga 800 poin. Peningkatan 10 poin akan ditentukan oleh kombinasi skor yang didapat pada sesi verbal dan kuantitatif. 

Skor GMAT dinilai dari tingkat kesulitan soal dan jumlah jawaban yang dijawab secara benar. Mengerjakan tes GMAT membutuhkan waktu hingga tiga jam lebih. 

Simak Tips Ini Agar Lancar Mengerjakan Tes GMAT

Tes GMAT

Harus Yakin dalam Menjawab Soal

Hal terpenting dalam mengerjakan tes GMAT adalah keyakinan dalam menjawab soal. Dengan cara ini kamu akan percaya diri untuk mendapat hasil skor yang maksimal. Selain itu, jika kamu yakin itu akan membuat kamu efisien waktu dalam mengerjakan soal. 

Gunakan Sistem Kerjakan Mundur pada Soal Matematika

Caranya dalam mengerjakan mundur adalah apabila dalam soal diarahkan untuk mencari angka dalam sebuah persamaan, kamu bisa mencoba jawaban yang ada dan memasukan ke dalam persamaan agar mengetahui jawaban yang benar. 

Manfaatkan Scratch Pad yang Disediakan

Scratch pad merupakan kertas berlapis plastik yang berguna untuk menghitung atau mencatat hal penting. Manfaatkan scratchpad ini untuk mencatat poin penting pada sesi membaca. Alasannya karena bacaan yang terbilang banyak, dengan adanya scratch pad ini akan membantumu dalam mengingat dan jadi lebih efisien waktu. 

Dalam Menulis Essay Pastikan Kamu Membuat Kerangka Dahulu

Kerangka tulisan merupakan hal wajib sebelum menulis essay. Dengan kerangka ini akan membantumu lebih terstruktur saat menulis. Kerangka tulisan terdiri dari beberapa gagasan utama pada essay. 

Yuk Daftar Tes GMAT di Jakarta

Lembaga yang menyediakan tes GMAT di Jakarta dengan kualitas terbaik hanya ada di Avana Education. Kamu dapat berkonsultasi dengan tenaga ahli di Avana Education secara gratis.

Mengikuti test GMAT bersama Avana Education tentu akan membantumu melanjutkan studi di luar negeri dengan mudah karena kamu sudah mempersiapkan diri. 

Tenaga pengajar yang profesional, materi pembelajaran yang mudah dipahami, serta fasilitas lain yang menunjang proses pembelajaran menjadikan Avana Education sebagai tempat kursus yang pas untuk kamu dan tidak perlu diragukan lagi. 

Kamu dapat segera mengisi formulir registrasi yang tertera di bawah ini supaya kamu semakin yakin dan paham untuk bergabung bersama Avana Education. Setelah itu, tim kami akan menghubungi dan menjawab kebutuhanmu. 

Good luck!

×

Choose One Of Our Team Members

Avana Would Like To Understand How We Could Help You As Best We Could

×