jasa backlink ac.id Edukasi Android Belajar Trading Buzzer Cekresi Coworking cyber duniagames forex inspirasi investasi kerja komputer kredit kursus marketing motivasi pajak redaksi reksadana saham server service software sosial media umkm update vlog Website yandex nusa penida TOEFL CBT adalah ? Pengertian dan Test di Jakarta

TOEFL CBT adalah ? Pengertian dan Test di Jakarta – Kamu pasti sudah tidak asing lagi mengenai TOEFL kan? Ternyata, TOEFL telah ada sejak tahun 1963.

Dimana terdapat beberapa jenis TOEFL mulai dari TOEFL PBT, ITPIBT hingga TOEFL CBT.

TOEFL umumnya diselenggarakan oleh lembaga bernama Educational Testing Service (ETS) yang berasal dari Amerika. Test ini khusus untuk menguji kemampuan Bahasa Inggris.

Awalnya test ini hanya diperuntukkan bagi warga lokal saja di sekitar wilayah New Jersey sebagai syarat menempuh pendidikan jenjang selanjutnya.

Namun, seiring berjalannya waktu, test TOEFL ini berkembang dan menjadi test berstandar internasional. 

Bahkan di beberapa perusahaan Indonesia  pun telah menjadikan TOEFL sebagai syarat utama merekrut pegawai. 

Melalui perkembangan yang telah dilewati ada satu jenis TOEFL bernama CBT atau Computer Based Test. TOEFL jenis CBT ini mulai berlaku pada 1998. 

Untuk dapat lulus pada TOEFL CBT, kamu harus meraih skor antara 0 hingga 300. 

TOEFL CBT dikerjakan menggunakan komputer. Durasi test ini selama 4  jam.  

Apa Saja Tes yang Diuji?

kursus TOEFL

Adaptive Listening

Uji kemampuan yang pertama adalah adaptive listening yang berdurasi 60 menit. 

Sesi ini terbagi menjadi 2 bagian yaitu bagian pertama berisi percakapan secara singkat. Pada bagian kedua akan lebih lama dengan topik diskusi terhadap suatu topik. 

Kamu diminta untuk menyimak dan memahami supaya bisa menjawab pertanyaan yang ada. 

Adaptive Structure

Pada sesi selanjutnya berlangsung selama 15 hingga 20 menit. Berisi total 25 pertanyaan. 

Kamu akan ditugaskan dalam 2 hal yakni melengkapi kalimat agar menjadi terstruktur dengan jumlah 10 pertanyaan. Kedua, kamu harus menemukan kesalahan dalam kalimat dengan jumlah 15 pertanyaan. 

Reading Comprehension 

Pada sesi reading comprehension merupakan sesi paling lama dari rangkaian tes TOEFL CBT yakni selama 70 hingga 90 menit. 

Jumlah soalnya pun cukup banyak sekitar 60 pertanyaan. Pertanyaan ini akan dibagi lagi menjadi 6 kategori topik bacaan.

Pastinya, kamu harus membaca secara teliti dan memahami arti dari setiap topik. 

Writing Section 

Sesi terakhir yaitu writing yang di mana kamu harus menulis 1 topik essay dalam waktu 30 menit. 

Pada sesi ini, kemampuan menulismu dengan menggunakan tata bahasa dan struktur kalimat yang tepat akan dilihat. 

Penilaian pada TOEFL CBT

Setelah melakukan test, kamu perlu tahu mengenai sistem penilaian TOEFL CBT. 

TOEFL CBT adalah tes yang memiliki skor mulai dari 0 hingga 300 sebagai skor tertinggi. 

Untuk dapat mengetahui hasil dari TOEFL CBT yang telah kamu kerjakan, terdapat cara menghitung tersendiri. 

Kamu dapat menjumlahkan semua skor dari masing-masing sesi. Setelah terlihat jumlahnya, kamu dapat membagi 3. Barulah setelah itu kamu kalikan hasil pembagian tadi dengan angka 10. Kamu akan mengetahui jumlah skor TOEFL CBT-mu. 

Perlu kamu ketahui bahwa tiap sesi yang ada akan dinilai sekitar 0 hingga 30 skor. Semua nilai tersebut berlaku untuk reading, listening, structure, dan writing section. 

Hal Menarik Apa Saja Sehingga Perlu Test TOEFL CBT?

TOEFL CBT memiliki beragam kegunaan sesuai dengan kebutuhan kamu. Setelah lulus test, semua peserta akan mendapat sertifikat dan sertifikat itu yang akan berguna. 

Dengan mengikuti test TOEFL CBT kamu dapat mendaftar pendidikan baik untuk tingkat S1 atau S2 di luar negeri. Bahkan, kamu mempunyai peluang untuk mendapat beasiswa. 

Selain itu, kamu dapat melamar pekerjaan di perusahaan internasional sehingga membuat karirmu semakin cemerlang. 

TOEFL CBT juga berlaku untuk pendidikan dan karier di dalam negeri. Contohnya saat kamu mendaftar sebagai CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) yang membutuhkan TOEFL sebagai syarat utama. 

Bagi kamu pelajar atau mahasiswa yang ingin melakukan program pertukaran pelajar, TOEFL ini akan sangat membantu. 

Alasan yang tak kalah menarik adalah apabila kamu mahasiswa dalam negeri, dapat mengikuti program double degree yang diadakan oleh kampus kamu yang telah bekerja sama dengan universitas di luar negeri. 

Program Double degree ini sangat menarik dan meningkatkan peluang kesuksesan hidupmu. Alasannya karena kamu akan mendapat 2 gelar sekaligus dalam satu periode masa perkuliahan. 

Kamu akan mendapat gelar nasional sekaligus internasional. Hal ini tentu menjadi nilai plus saat kamu melamar kerja. 

Tips Sukses Mengerjakan Tesnya

TOEFL CBT adalah

Sebelum melakukan test, ada baiknya untuk kamu belajar terlebih dahulu. Berikut tips untuk kamu lancar mengerjakan tes TOEFL CBT. 

Rajin Mencatat Hal Penting

Kamu harus membiasakan diri mencatat dengan baik berbagai hal penting. Karena saat test nanti terutama pada listening section audio yang diputar tidak bisa diulang. 

Dengan mencatat berarti melatih kamu untuk dapat real time. Kumpulkan catatanmu pada satu buku yang sama supaya kamu mudah untuk belajar. 

Rajin Membaca

Baca artikel atau buku berbahasa Inggris secara rutin karena akan memperkaya pengetahuan kosakata. 

Dengan membaca kamu juga akan semakin paham tentang grammar dan tenses. Apabila terdapat kalimat yang tidak kamu mengerti, silakan untuk mencarinya di internet dan jangan lupa untuk dicatat. 

Mendengarkan Obrolan Bahasa Inggris

Cara ini terbukti efektif lantaran melatih kemampuan listening kamu. Tak hanya itu, kamu juga dapat mempelajari cara bicara dengan aksen Amerika. 

Kamu dapat melakukannya secara mudah seperti mendengarkan podcast baik di Spotify atau Youtube. Supaya lebih paham, coba kamu praktek berbicara Bahasa Inggris bersama teman atau keluargamu. 

Lakukan Latihan Soal Secara Rutin

Tips yang harus kamu coba adalah latihan mengerjakan soal TOEFL agar kamu dapat mengukur sejauh mana kemampuan serta kesiapan dalam melakukan test sungguhan. 

Kamu dapat memperoleh soal melalui berbagai sumber seperti internet atau membeli buku di toko buku terdekat. 

Saat berlatih mengerjakan soal, coba untuk mengerjakannya sesuai dengan durasi test sungguhan. 

Latihan Membuat Essay

Pada test TOEFL CBT akan ada sesi writing di mana kamu ditugaskan membuat essay. Untuk itu kamu juga perlu berlatih mengerjakan essay. 

Pilih topik apapun yang kamu suka dan kerjakan sebanyak 1 halaman saja. Kerjakan esai sesuai tata bahasa dan struktur kalimat yang sesuai. 

Sesudah kamu berlatih, kamu bisa cek hasil essaimu apakah masih ada yang diperbaiki atau tidak. 

Kursus TOEFL Terbaik 

Bagi kamu yang merasa belum cukup baik jika belajar secara mandiri dan perlu bimbingan pengajar ahli. Kursus TOEFL di Avana Education adalah solusi terbaik untuk kamu. 

Bergabung bersama Avana Education akan membuat kemajuan pesat dalam perkembangan belajar Bahasa Inggris guna persiapan test TOEFL CBT. 

Didukung oleh berbagai fasilitas yang menunjang prose belajar, seperti ruang kelas yang nyaman, metode pembelajaran yang interaktif dan asyik serta tidak membosankan. 

Materi yang dipelajari merupakan materi yang selalu diperbarui mengikuti perkembangan zaman. 

Kamu pastinya akan dibimbing pengajar profesional yang ahli dan berkualitas. Hal ini sangat diperhatikan oleh Avana Education untuk membantumu mewujudkan mimpi. 

Beragam keunggulan yang ditawarkan serta reputasi positif dari Avana Education tidak perlu membuat kamu ragu. 

Langsung saja bergabung dengan mengisi form di bawah ini atau menghubungi nomor whatsapp salah satu admin yang tertera di layar gadget-mu. 

×

Choose One Of Our Team Members

Avana Would Like To Understand How We Could Help You As Best We Could

×