jasa backlink ac.id Edukasi Android Belajar Trading Buzzer Cekresi Coworking cyber duniagames forex inspirasi investasi kerja komputer kredit kursus marketing motivasi pajak redaksi reksadana saham server service software sosial media umkm update vlog Website yandex nusa penida TOEFL ITP Jakarta | AvanaEdu Kursus, Bimbel Terbaiknya

TOEFL ITP Jakarta | AvanaEducation Kursus, Bimbel, Les Terbaiknya – Sebelum membahas lebih dalam tentang TOEFL ITP, kamu harus tahu dulu apa itu TOEFL ITP dan kegunaannya. 

Nah, TOEFL ITP adalah singkatan dari Test of English as a Foreign Language – Institutional Testing Program. Test ini merupakan sebuah cara untuk menguji kemampuan berbahasa Inggris dimulai dari usia 16 tahun. Tes ini dikerjakan dalam format kertas atau digital. 

Test TOEFL ITP merupakan test yang ada di bawah naungan ETS (Educational Testing Service) yang berpusat di Amerika Serikat. Lembaga ETS pun menaungi beberapa jenis tes TOEFL lainnya seperti TOEFL IBT.

Mengapa Harus Mengikuti Tes TOEFL?

TOEFL ITP biasanya digunakan untuk pendidikan maupun pekerjaan. Tak hanya untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri, TOEFL ITP juga diperlukan jika kamu ingin melanjutkan studi tingkat S2 dan S3 di Indonesia. Skor minimal yang harus diperoleh adalah 470 supaya lolos. 

Jika kamu ingin mempunyai karier gemilang di luar negeri seperti bekerja di perusahaan Amerika atau Eropa, kamu memerlukan test TOEFL ITP. Test ini diperlukan karena perusahaan besar juga memiliki relasi dengan perusahaan asing. Pastinya akan berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris. 

Selain itu, TOEFL ITP berguna bagi kamu yang mengambil program beasiswa di luar negeri. Ini merupakan salah satu syarat wajib karena akan membuktikan bahwa memang siap berkuliah. 

Untuk melanjutkan studi di luar negeri, TOEFL ITP biasanya digunakan pada beasiswa Fulbright dengan skor minimal 550 dan dikelola AMINEF. 

Mengenal TOEFL ITP Lebih Dalam

TOEFL ITP Jakarta

Biaya Test TOEFL ITP

Apabila kamu ingin melakukan test TOEFL ITP, kamu harus menyiapkan dana sekitar Rp. 350.000 hingga Rp. 700.000. Namun ada juga biaya test hingga satu juta rupiah di beberapa lembaga. 

Kamu harus pintar memilih lembaga mana yang menawarkan harga yang terjangkau dengan budget kamu. Pastinya dengan kualitas yang bagus juga ya. Harga ini tidak termasuk harga kursus persiapan TOEFL, melainkan hanya harga test saja. 

Jenis Test TOEFL ITP

Jenis tes TOEFL ITP terbagi menjadi empat yakni listening, writing, dan speaking. 

Pertama, kemampuanmu akan diuji dengan listening comprehension yakni mendengarkan sebuah percakapan dengan topik tertentu. 

Kedua, yakni structure and writing expression bertujuan untuk mengukur kemampuanmu dalam membuat tulisan berbahasa Inggris. Kamu akan ditugaskan untuk menyusun kalimat Bahasa Inggris dengan menggunakan struktur serta grammar yang benar sesuai ketentuan. 

Tahap terakhir yakni reading comprehension yaitu test yang menguji kemampuan dirimu dalam membaca serta memahami bacaan berbahasa Inggris. 

Durasi Mengerjakan Tes dan Alokasi Skor

Dalam mengerjakan tes TOEFL ITP, terdiri dari dua level. Setiap level memiliki durasi pengerjaan yang berbeda. 

Level Intermediate to Advanced (level 1)

Pada level satu total durasi yang ditentukan selama 115 menit dengan total 140 soal. Skala nilainya berkisar 310 hingga 677. 

Pada bagian listening akan diberikan 50 pertanyaan, dengan durasi mengerjakan selama 35 menit. Skala nilai yang akan kamu dapat berkisar 31 hingga 68 poin. 

Kemudian pada sesi structure and written expression, kamu akan diberi 40 pertanyaan dengan durasi 25 menit. Skala nilai yang diberikan pun sama pada sesi sebelumnya yakni berkisar 31 hingga 68 poin. 

Terakhir yaitu sesi reading, sesi ini adalah sesi yang paling lama dari dua sesi sebelumnya yakni selama 55 menit dengan 50 pertanyaan yang diberikan. Skor yang diberikan tidak jauh berbeda berkisar 31 hingga 67 poin. 

Level High Beginning to Intermediate (level 2)

Pada level dua ini, durasi total mengerjakan test lebih sebentar dibandingkan pada level satu. Total yang diberikan selama 70 menit dengan total pertanyaan sebanyak 95 soal. Skala nilai yang harus kamu raih sekitar 200 hingga 500 poin. 

Yuk, kita bahas satu persatu tiap sesinya. Pertama yakni listening comprehension yang terdiri dari 30 pertanyaan dengan waktu mengerjakan selama 22 menit. Skala nilai yang akan kamu dapatkan berkisar 20 hingga 50 poin. 

Sesi kedua yaitu structure and written expression memiliki 25 jumlah pertanyaan dengan durasi 17 menit. Skor yang kamu dapat antara 20 hingga 50 poin. 

Reading comprehension menjadi sesi terakhir dengan jumlah pertanyaan terbanyak yaitu 40 pertanyaan. Kamu harus menyelesaikan sesi ini dalam waktu maksimal 31 menit. Range skor yang akan kamu dapat sama seperti dua sesi sebelumnya yakin 20 hingga 50 poin.

Tips Belajar TOEFL untuk Pemula

Tips Belajar TOEFL untuk Pemula

Belajar Secara Konsisten

Untuk dapat menguasai TOEFL ITP, kamu harus belajar secara konsisten. Contohnya adalah belajar selama 1 jam namun dilakukan setiap hari. Pada satu hari itu kamu fokus belajar listening, besoknya kamu belajar reading, hingga writing, dan seperti itu selanjutnya. 

Kamu harus belajar latihan soal juga dengan cara membeli buku atau mencari di website secara gratis. Tak hanya latihan soal, kamu harus mempelajari kata dasar seperti verb, adverb, hingga noun. 

Cara belajar yang lain yaitu dengan membaca buku. Hal ini dapat memperkaya pengetahuan vocabulary kamu. Dengan membaca buku kamu juga dapat memahami struktur kalimat yang digunakan. 

Mengikuti Kursus Persiapan TOEFL ITP

Apabila dengan belajar mandiri membuatmu belum menguasai TOEFL, alternatifnya adalah mengikuti kursus persiapan TOEFL ITP bersama Avana Education. 

Dengan mengikuti kursus, kamu akan bertemu dengan murid lainnya dan pasti akan membuatmu lebih semangat belajar. Kamu jadi bisa sharing ilmu pengetahuan dengan sesama teman kelasmu. 

Intinya kamu memiliki niat yang kuat, tujuan yang jelas, dan harus konsisten atas apa yang kamu kerjakan.

Avana Education akan membantumu menguasai materi tes TOEFL ITP. Dengan fasilitas yang lengkap, materi yang mudah dipahami dan bervariatif. Pastinya akan meningkatkan skill reading, writing, dan listening kamu. 

Avana Education membuka konsultasi untuk para murid dengan pengajar profesional yang kualitasnya sudah tidak perlu kamu ragukan lagi. Serta, secara rutin akan ada simulasi tes yang bertujuan membuat kamu semakin siap menghadapi test. 

Kamu bisa mengisi form atau menghubungi kontak admin yang tertera. Avana Education akan menjawab dan membantu kebutuhanmu. 

Yuk, mulai belajar untuk tes TOEFL ITP bersama Avana Education sekarang!

×

Choose One Of Our Team Members

Avana Would Like To Understand How We Could Help You As Best We Could

×