jasa backlink ac.id Edukasi Android Belajar Trading Buzzer Cekresi Coworking cyber duniagames forex inspirasi investasi kerja komputer kredit kursus marketing motivasi pajak redaksi reksadana saham server service software sosial media umkm update vlog Website yandex nusa penida Apa itu TOEFL PBT ? Pengertian TOEFL PBT adalah

Apa itu TOEFL PBT ? Pengertian TOEFL PBT adalah tes uji kemampuan Bahasa Inggris. Test ini masih berbasis kertas karena merupakan test dengan versi terdahulu. Saat ini test TOEFL PBT hanya tersedia di beberapa negara saja. 

Jika dibandingkan dengan jenis TOEFL lainnya seperti TOEFL IBT dan, ITP, TOEFL PBT memiliki perbedaan dari segi durasi yang lebih pendek, tidak ada uji kemampuan speaking, dan penilaiannya pun memiliki skala berbeda. 

PBT TOEFL ini berfungsi untuk kamu yang ingin studi jenjang perguruan tinggi, berkarir, hingga berbisnis di luar negeri. 

Tak hanya itu, PBT TOEFL ini berlaku juga di dalam negeri. Beberapa fungsinya yakni untuk melanjutkan studi tingkat S2, mendaftar Pegawai Negeri Sipil (PNS), hingga mendapat karier dan jabatan yang bagus di perusahaan dalam negeri. 

Jika ingin mengikuti test, pastinya kamu harus mengerti hal apa saja yang berkaitan dengan test topik tersebut. Hal ini harus kamu riset terlebih dahulu supaya memiliki persiapan yang matang. 

Perbedaan TOEFL PBT, IBT, dan TOEFL ITP

Format Test TOEFL PBT

Ikuti SSAT Test Prep dan Dapatkan Skor SSAT Tertinggi

Format pada test TOEFL PBT terdiri dari tiga sesi, yaitu listening, written and structure, dan reading. Total durasi pelaksanaan tes selama 2,5 jam. 

Listening

Sesi listening merupakan sesi pertama pada test ini. Kamu akan ditugaskan untuk mendengarkan rekaman audio yang berisi percakapan terlebih dahulu serta akan diputar selama 30 hingga 40 menit. 

Setelah mendengarkan audio, kamu harus menjawab pertanyaan di lembar jawaban kertas yang telah disediakan. Pertanyaan yang diberikan akan seputar isi audio yang kamu dengarkan. 

Perlu kamu ketahui, bahwa sesi ini dibagi menjadi dua. Pertama, kamu akan mendengarkan audio berdurasi pendek. Kedua, akan diputar rekaman audio dengan durasi yang lebih lama. 

Written and Structure

Sesi kedua adalah materi written and structure yang mengukur kemampuan kamu dalam memahami tata bahasa atau yang lebih sering disebut dengan grammar.

Pada soal ini berisi tentang struktur kalimat yang salah dan kamu diharuskan menjawab untuk membenarkan struktur kalimat tersebut.

Reading 

Sesi ketiga yang menjadi sesi terakhir yaitu sesi reading. Pada sesi ini kamu akan diuji pemahaman tentang membaca suatu teks. 

Sesi ini terdiri dari beberapa bagian. Terdapat paragraf yang pendek hingga panjang. Kamu diharuskan memahami setiap paragraf untuk bisa menjawab pertanyaan yang ada. 

Kalkulasi Penilaian TOEFL PBT

Jika ingin mengikuti test TOEFL PBT, kamu juga harus mengetahui kalkulasi penilaiannya. Hal ini perlu kamu lakukan karena untuk memberikan target keberhasilan atas testmu nanti. 

Pada TOEFL PBT ini umumnya menggunakan sistem konversi nilai tertentu. Skor yang harus kamu raih dalam test ini berkisar 220 poin untuk yang terendah hingga yang paling tinggi yaitu 677 poin. 

Sistem skor ini digunakan sebagai syarat utama apabila kamu ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri khususnya negara dengan pengunaan Bahasa Inggris. Skor yang dibutuhkan sebesar 550 poin. 

Lain halnya dengan poin yang akan digunakan untuk melanjutkan jenjang kuliah S2 di Indonesia. Kamu hanya memerlukan skor 500 untuk bisa lolos. Pastinya ini lebih kecil namun juga harus belajar secara giat. 

Apa Saja Sih Tips untuk Pemula agar Lancar Test?

TOEFL PBT adalah

Membuat Jadwal Belajar

Hal paling utama adalah membuat jadwal belajar supaya menjadi lebih disiplin. Luangkan waktu kamu selama 2 jam perhari. Waktu untuk belajar pun bebas menyesuaikan waktu kosongmu. 

Selain itu, setiap harinya kamu harus membagi jadwal untuk mempelajari materi yang berbeda. Misalnya hari ini fokus belajar listening, esok hari belajar grammar, dan begitu seterusnya. Dengan begitu kamu akan lebih mengetahui kemajuanmu. 

Mengerjakan Latihan Soal

Kamu bisa mengerjakan soal yang bersumber di internet atau pun membeli buku khusus TOEFL. Dengan kamu mengerjakan latihan soal, maka akan mempersiapkan diri secara matang untuk mengikuti test sesungguhnya. 

Mencatat Vocabulary

Vocabulary merupakan hal dasar yang penting diketahui dalam Bahasa Inggris. Setiap kamu membaca buku, mendengarkan musik, maupun menonton film, akan dengan cepat menambah kumpulan vocabulary. 

Agar tidak cepat lupa ada baiknya kalau kamu mencatat di satu buku khusus atau bisa juga kamu catat di smartphone. Kamu pun harus memahami setiap vocabulary yang kamu catat, ya. 

Memahami Grammar dan Tenses

Grammar adalah tata bahasa atau struktur kalimat pada Bahasa Inggris. Sementara, tenses adalah kategori dari struktur kalimat yang berfokus pada bentuk kata kerja sebagai pembeda waktu kegiatan. 

Pada dasarnya memang tenses adalah bagian dari grammar itu sendiri. Apabila struktur kalimat yang kamu susun itu tepat, hasilnya adalah kalimat menjadi sempurna sesuai aturan. 

Kamu perlu mengetahui bahwa tenses berjumlah 16 dan umunya yang digunakan sebanyak 7 jenis tenses. Dengan belajar dan latihan secara rutin akan membuat kamu semakin memahami tenses dan grammar. 

Membaca Buku 

Tips termudah yakni membaca buku. Kamu dapat membaca buku secara digital atau cetak karena yang terpenting buku tersebut berbahasa Inggris. 

Kamu dapat menargetkan untuk membaca buku misalnya sebanyak 20 halaman perhari. Setiap kata atau kalimat yang tidak kamu mengerti, dapat kamu riset di internet dan segera mencatat agar tidak lupa. 

Menonton Film

Setiap orang pasti sering menonton film, bukan? Apalagi film yang berbahasa Inggris. Sudah pasti banyak beredar dan kamu dengan mudah mengaksesnya. 

Saat menonton film berbahasa Inggris cobalah untuk menggunakan terjemahan Bahasa inggris pula. Tujuannya adalah supaya kamu dapat lebih mengerti baik secara pengucapan maupun tata bahasanya. 

Setidaknya kamu dapat menonton satu film dalam sehari. Kamu harus menyimak dengan baik serta mempraktekkannya. 

Mengikuti Kursus 

Cara belajar dalam menghadapi test PBT TOEFL adalah mengikuti kursus di Avana Education. Dengan mengikuti kursus persiapan TOEFL, kamu akan merasa lebih semangat dan terarah karena dibimbing oleh pengajar berkualitas terbaik. 

Selain itu, di Avana Education menerapkan proses belajar yang interaktif antara pengajar dan murid. Metodenya pun sangat menyenangkan dengan adanya games, menonton video, hingga latihan soal secara rutin. 

Ditambah lagi dengan bertemu teman baru, kamu tidak akan merasa sendirian. Kamu pun dapat berkonsultasi tanpa biaya tambahan dan bebas menyampaikan apapun yang kamu ingin tanyakan. 

Avana Education membuka kelas online maupun offline sehingga kamu dapat memilih mana yang paling pas untuk dirimu. Avana Education tersebar di beberapa kota di Indonesia, antara lain Jakarta dan Surabaya. 

Di akhir sesi kelas, kamu akan mendapatkan sertifikat sebagai tanda kelulusan bahwa telah menyelesaikan program kursus TOEFL. Pastinya, sertifikat ini akan menambah nilai plus untuk kamu. 

Avana Education selalu memberikan yang terbaik bagi murid serta calon murid. Untuk itu, yuk, segera bergabung bersama Avana Education. 

Kamu hanya perlu mengisi form yang ada di bawah ini. Dengan cepat, tim kami akan menghubungi kamu dan memberikan kebutuhan terlengkap serta terpercaya. 

×

Choose One Of Our Team Members

Avana Would Like To Understand How We Could Help You As Best We Could

×